Sebelum Mulai, Kenali Dulu Resiko Bisnis Online Berikut ini

Memulai bisnis online saat ini tengah menjadi pilihan banyak orang yang berharap bisa menghasilkan keuntungan. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, untuk membuka model bisnis seperti ini terhitung cukup mudah untuk dilakukan siapa saja. Apalagi dengan di imingi banyaknya pelaku yang berhasil, membuat berbondong-bondong orang tertarik mencoba bahkan hingga sampai ada yang rela meninggalkan profesi tetap sebelumnya.

Hal tersebut sangatlah wajar terjadi mengingat pertumbuhan pengguna internet yang terus bertambah berkali-kali lipat sekarang ini. Semakin banyaknya pengakses dunia maya secara otomatis menjadi calon konsumen potensial untuk bidang bisnis online ini. Ditambah dengan sisi keperaktisan yang ditawarkan kepada pembeli, tak ayal berbagai barang dan jasa yang dijajakan secara online selalu saja mendapatkan perhatian.

Meski begitu, menjalani bisnis online bukanlah tanpa resiko. Seperti dalam bisnis konvensional, tidak sedikit resiko yang harus dihadapi para pelakunya. Dan begitu pula tidak sedikit pelakunya yang mengalami kegagalan diawal ataupun setelah bisnisnya berjalan lancar. Beberapa resiko yang sering di temui pada bisnis online adalah sebagai berikut.

Resiko Bisnis Online

Ketatnya Persaingan Antar Pelaku Bisnis

Internet sebagai ladang baru untuk meraup keuntungan, diisi oleh banyak pedagang yang sama-sama mencari celah agar bisnisnya bisa berjalan. Tentu saja hal tersebut membuat persaingan antar pelakunya terjadi sangat ketat. Pasalnya setiap pebisnis akan terus berinovasi dan meningkatkan kinerjanya agar bisa menarik pelanggan. Bagi yang tidak siap, bukan tidak mungkin keberadaannya bisa terancam mengalami kegagalan. Sialnya lagi gempuran dari perusahaan berskala besar yang memiliki modal tidak terbatas juga mulai menggarap pasar online ini dengan serius. Pelaku usaha kelas menengah kebawah pastinya perlu usaha keras agar dapat terus bertahan.

Baca Juga :

Advertisement

Maraknya Pelaku Kejahatan

Tidak dipungkiri dunia maya saat ini lebih rentan dihinggapi pelaku kejahatan. Meskipun kita tidak langsung mengalami, namun tidak kriminal semacam penipuan yang terjadi di internet dampaknya dapat dirasakan oleh seluruh pelaku bisnis didalamnya. Paling utama adalah menurunya kepercayaan konsumen yang akan bertransaksi secara online.

Selain dapat menjerat para pembeli, penipuan pun tidak jarang yang mentargetkan para penjual online. Berbagai modus dilakukan, seperti dengan mengirim bukti transfer palsu dan lain sebagainya.

Baca Juga Langkah Mengantisipasi Penipuan, Untuk Penjual Online

Akses Internet Masih Belum Stabil dan Merata

Di Indonesia perkembangan dunia internet baru terjadi dalam beberapa tahun kebelakang, maka wajar jika layanan dari provider untuk mengakses internet masih belum dapat merata dinikmati diseluruh penjuru wilayah. Jangankan di dapat dinikmati diseluruh wilayah, dibeberapa lokasi yang sudah tercover saja akses internetnya masih belum stabil dapat digunakan setiap saat.

Hal inipun dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis online, bagaimana bisnisnya bisa lancar jika akses internetnya saja kurang memadai dengan maksimal. Padahal akses internet merupakan kebutuhan pokok yang harus selalu tersedia untuk para pelaku bisnis online

Perlu Biaya Ekstra Untuk Pengiriman Barang

Harga jual untuk satu produk yang dijual secara online mau tidak mau harus ditambahkan dengan sejumlah biaya lagi untuk jasa pengiriman. Meski pada umumnya biaya ini ditanggung oleh pembeli, namun tetap nilainya terakumulasi dengan harga jual sehingga menjadi beban tersendiri bagi pelanggan. Apalagi untuk beberapa barang yang memiliki dimensi ukuran besar dan berat timbangan tinggi tarif pengirimannya bisa sangat mahal.

Itulah beberapa beberapa resiko dalam bisnis online yang harus dihadapi jika ingin terjun mendalami bidang ini. Perlu diingat, bisnis dalam bidang apapun resiko pastilah akan ada, yang penting perlu dipersiapkan adalah mental yang kuat serta semangat untuk terus berkarya.

Semoga Bermanfaat…