Rumah Makan Padang, Tidak Pernah Padam

Sobat semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan usaha rumah makan padang, bahkan mungkin saja sebagian dari anda mengandalkan tempat makan ini sebagai langganan pada waktu menjalankan aktifitas sehari-hari. ya.. begitu juga dengan saya, disaat lapar mendera sedangkan kegiatan di luar rumah belum selesai, maka dengan segera tempat makan ini buru-buru di datangi.

Tidak perduli rumah makan padang yang mana, hampir di seluruh kota setiap melahap hidangan masakan di tempat ini akan terasa nikmat. Padahal rasa dari setiap rumah makan berbeda-beda, tetapi kepuasan yang di dapat hasilnya selalu maksimal.

Persaingan Sehat Antar Rumah Makan

Jika kita analisa dengan lebih lanjut, usaha masakan padang ini sangat menjamur di mana-mana, bahkan mungkin terdapat di setiap daerah baik itu di pedesaan apalagi di perkotaan. Dari sekian banyak usaha tersebut jika di perhatikan hampir tidak ada persaingan yang merugikan satu dengan yang lainnya, meski rumah makan ini berada di ruas jalan yang sama. Mereka tetap memiliki konsumennya masing-masing tanpa menjalankan persaingan usaha yang tidak sehat.

Padahal jika di pikir, menu yang mereka sajikan tidak begitu berbeda, rasa setiap sajian pun memiliki ciri khas yang sama yaitu “pedas”, harga yang di patok untuk setiap masakan pun rata-rata sama, kecuali rumah makan padang yang menyasar kalangan kelas menengah keatas berkonsep restoran seperti Sederhana, Simpang Raya dan lain-lain.

usaha rumah makan padang

Tetapi dari sekian banyak rumah makan padang ini, mereka dapat saja bertahan dalam menjalankan usahanya dan selalu mendapatkan keuntungan, meskipun banyak saingan dan selalu bermunculan rumah makan yang baru, bahkan tidak sedikit yang berhasil memiliki hingga banyak cabang di setiap daerahnya.

Tapi ternyata di situlah letak kekuatan dari bisnis rumah makan padang ini, dengan banyak terdapat di mana-mana hingga pelosok desa, semakin memperkuat citra rumah makan ini di mata masyarakat, hingga tertanam kuat di setiap konsumennya.

Advertisement

Baca juga artikel Menjalankan Usaha Dengan Persaingan Yang Sehat

RM Sederhana Sukses Hingga Ke Malaysia

Salah satu dari sekian banyak pebisnis rumah makan padang yang sukses adalah H.Bustaman, yang terkenal dengan rumah makan padangnya yang bernama Sederhana. Disetiap kota besar di Indonesia rumah makan ini tidak pernah sepi pembeli, bahkan kabarnya tempat makan beliau ada hingga Malaysia.

Diawali dengan membuka usaha rumah makan kecil di Jakarta, dan itu pun di jalankan dengan modal hasil meminjam dari tetangga, beliau menjalani usaha dengan susah payah hingga pernah merasakan uang nya di bawa kabur pembantunya sendiri.

Keahlian memasak masakan padang di awal usaha beliau pun belum begitu mahir benar, hanya dengan semangat juang yang tinggi H.Bustaman mempelajari setiap resep masakan kepada rekan pedangang lainnya, hingga tecipta menu-menu resep racikan masakannya yang mulai di sukai banyak konsumennya.

Perjalanan usaha yang berliku-liku berhasil beliau lewati dengan baik, hingga sekarang usaha rumah makan padang miliknya menjadi salah satu rumah makan ternama di Indonesia.

Kesimpulan Yang Bisa Di Pelajari

Suatu persaingan dalam dunia bisnis mestinya harus kita ambil segi positifnya, bukannya jika terjadi persaingan maka kita harus saling mengalahkan. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya dalam persaingan rumah makan di atas, saking banyaknya tersedia tempat serupa, hingga membuat konsumen banyak berdatangan.

Bisa kita ambil contoh lainnya misalnya sentra-sentra baik itu tempat makanan atau food court, atau pun tempat seperti bursa gadget atau handphone. Banyak pedagang menjajakan produk yang kesemuanya berjenis sama dalam satu lokasi, itu membuat banyak calon konsumen tertarik untuk mendatanginya.

Baca juga artikel Tren Produk Makanan Favorit Di Indonesia