Rotan Sintetis, Tawarkan Kelebihan Untuk Produk Kerajinan

Produk-produk kerajinan dari bahan kayu rotan tentunya sudah sering kita temui, paling sering menghiasi interior rumah dalam bentuk aneka perabotan hingga mebel. Teksturnya yang unik karena merupakan hasil dari anyaman tangan sang pengrajin, dapat memberi nilai keindahan tersendiri dibandingkan dengan bahan lain.

Kayu rotan yang menjadi bahan utama produk ini, adalah merupakan hasil hutan yang keberadaannya pastinya akan semakin berkurang jika terus dipergunakan.

Oleh karenanya, beberapa tahun belakangan munculah sebuah produk subtitusi atau pengganti untuk kayu rotan yaitu rotan sintetis sebagai bahan dari produk-produk kerajinan ini.

Selain hasil alam kita menjadi lebih terlindungi, penggunaan rotan sitetis juga disebut lebih memiliki kelebihan lain dengan sekaligus tidak mengurangi nilai estetika seperti menggunakan bahan yang alami.

Rotan Sintetis

Sebut saja kelebihan pertama dari rotan sintetis ini lebih mudah dalam hal pembersihan saat sudah menjadi aneka barang di tempat konsumen. Ya…, karena rotan buatan yang satu ini dibuat dari material plastik yang sudah di warnai, sehingga untuk membersihkannya cukup dengan menggunakan kain lap basah, maka kotoranpun seketika bisa terangkat.

Kekuatannya pun jauh lebih terjamin jika dibandingkan dengan rotan kayu yang lebih rentan patah, pecah dan lain sebagainya.

Karakter rotan sintetis yang bersifat elastis dan ringan juga menjadikannya mudah dibentuk tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra. Selain itu, dari segi kenyamaan terutama untuk yang dibuat menjadi furnitur semacam kursi, bahan ini lebih nyaman digunakan dibanding rotan kayu.

Dengan material yang serupa dengan plastik, rotan sintetis ini pun memungkinkan dipergunakan para pengrajin untuk memproduksi furniture yang diperuntukan di lokasi outdor yang berarti harus tahan guyuran air serta terpaan sinar matahari.

Maka ahir-ahir ini produk furniture dari rotan sintetis tidak heran sering menghiasi sudut-sudut tempat duduk di pinggir kolam renang di ruangan terbuka.

Dengan adanya bahan pengganti ini, maka semakin membuka peluang bisnis bagi anda yang sedang berkecimpung atau yang baru saja akan memulai bidang kerajinan tangan ataupun produk furniture. Kendala-kendala seperti sulitnya bahan baku jika menggunakan rotan alami, dengan memilih bahan sintetis atau buatan ini pastilah tidak akan dialami.

Ditambah lagi, pengrajin pun bisa lebih berkreasi. Pasalnya rotan sintetis ini diproduksi dengan berbagai aneka jenis variasi, baik dari segi warna, bentuk serta ukuran dapat di pilih sesuai kebutuhan. Hasil produkpun dengan begitu bisa lebih memikat calon pembeli tentunya.

Baca juga :

Beberapa contoh produknya yang mungkin bisa menginspirasi ialah seperti, aneka keranjang, tempat tisu, piring saji, rak piring, meja, kursi, hingga kursi gantung, kini permintaannya cukup tinggi di pasaran. Dan selain itu, pada beberapa produk furniture tidak sedikit juga yang mengkombinasikannya dengan bahan lain, seperti besi, kaca, sofa, bantal dan lain-lain agar semakin menarik.