Raih Keuntungan Dari Usaha Toko Alat Pancing

Toko alat pancing adalah salah satu tempat yang sering di datangi oleh para penghobi memancing untuk mempersiapkan berbagi keperluan perlengkapan. jumlah konsumen toko ini pun semakin hari semakin bertambah, terutama di daerah yang banyak terdapat lokasi pemancingan.

Memancing merupakan sebuah hobi yang kini semakin di gemari, dari mulai kalangan kelas atas yang hingga kelas menengah kebawah pun banyak yang menyukai hobi ini. Lokasi favorit memancing pun bermacam-macam, ada yang suka memancing di laut, kolam pemancingan, sampai di danau atau pun juga bendungan-bendungan yang banyak terdapat ikan.

Bahkan banyak stasiun televisi sekarang ini yang menyuguhkan khusus acara memancing, ini menandakan peminatnya yang semakin banyak di seluruh penjuru Indonesia.

Bagi anda yang jeli dan mempunyai lokasi strategis, seperti dekat dengan wilayah pemancingan bisa memanfaatkannya menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan, karena kegiatan memancing merupakan penyaluran hobi, dan umumnya jika sudah menjadi hobi, maka segala macam peralatan pendukungnya pun akan dicari, bahan jika itu berharga mahal sekalipun.

Analisa Lokasi Strategis Usaha Toko Pancing

Lokasi yang strategis menjadi kunci kesuksesan bisnis ini, tempat paling baik untuk berjualan alat pancing tentunya wilayah yang terdapat lokasi memancing. Contohnya jika di jawa barat ada waduk cirata dan jati luhur yang sudah banyak di kenal, lokasi dekat dermaga laut, dan juga daerah yang di sekitarnya banyak terdapat kolam pemancingan.

Lokasi seperti ini sangat banyak ditemui, bahkan di pinggiran kota pun sekarang banyak yang membuka bisnis tempat pemancingan, dengan mendekati lokasi seperti ini toko alat pancing bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Meski begitu, karena penghobinya kini semakin banyak, mulai juga banyak di buka usaha berjualan alat pancing di tengah-tengah kota besar, bahkan di mall sekalipun sekarang sudah dapat di temui toko seperti ini. Intinya sebelum anda membuka usaha sebaiknya analisa dengan mendalam mengenai lokasi ini, kita bisa memperhatikan usaha yang sudah berjalan, jika terlihat menguntungkan, sah-sah saja kita membuka usaha sejenis di dekatnya.

Sedikan Produk Yang Banyak Dicari

 

Toko peralatan memancing yang baik haruslah dapat menyediakan seluruh barang secara lengkap, dari mulai joran reel atau penggulung snar pancing, berbagi macam umpan, pelampung bahkan peralatan pendukung seperti rompi memancing,topi, dan tempat duduk khusus memancing.

Advertisement

Memang jika menyediakan secara lengkap akan membutuhkan modal yang besar karena sangat banyak peralatannya, untuk menyiasatinya kita bisa menyesuaikan dengan lokasi kita berjualan. contohnya jika kita berjualan di daerah dekat laut, maka sediakanlah perlatan memancing yang sesuai seperti Reel khusus di laut, joran khusus di laut, umpan yang cocok dan lain sebaginya.

alat pancing

Begitu pula jika anda menyasar konsumen di wilayah daerah kolam pemancingan, jangan menyediakan peralatan yang tidak sesuai untuk target konsumen disana, sediakan peralatan seperti joran yang tidak terlalu panjang karena akan di gunakan di kolam dan reel yang tidak terlalu besar.

Akan lebih baik jika kita sebagi pelaku usaha juga menghobikan memancing, karena kita akan lebih detail mengetahu apa saja peralatan yang di perlukan berdasarkan pengalaman pribadi, dan juga bisa merekomendasikan kepada konsumen alat apa saja yang di perlukan.

Mencari Supplier Peralatan Memancing

Untuk menyediakan produk yang akan di jual kita bisa membeli ketempat grosiran peralatan memancing, toko seperti ini biasanya terdapat di kota-kota besar di sentra grosiran. Salah satu cara mendapatkan informasi dengan cepat adalah menggunakan media internet, banyak yang menyediakan secara grosir bahkan ada yang melayani pengiriman hingga luar kota.

Tips Sukses Menjalankan Usaha

Seperti sudah di singgung sebelumnya, alangkah lebih baiknya jika penjual adalah merupakan sebagai penghobi memancing juga. Keuntungan yang didapat kita bisa lebih mengetahui perlengkapan apa saja yang di butuhkan dan fungsi masing-masing secara akurat, sehingga bisa menjelaskan kepada konsumen. Tingkat kepercayaan konsumen juga akan tumbuh, jika sudah begitu diharapkan konsumen menjadi pelanggan tetap toko anda.

Jika kita tidak memiliki pengalaman secara mendalam mengenai hal ini, kita bisa merekrut karyawan atau rekan yang berpenglaman. bisa juga kita membuka usaha secara bersamaan atau joinan berbagi hasil, cara ini bisa menguntungkan juga asalkan mitra anda bisa dipercaya menjalankan usaha bersama-sama.

Baca juga artikel Usaha Pemancingan Ikan Air Tawar Yang Menguntungkan