Rahasia Strategi Bisnis Dari Apple Inc Yang Patut Kita Pelajari

Sebagai salah satu vendor alat komunikasi terbaik di dunia, Apple inc memang telah mencapai titik kejayaannya. Mulai dari pasaran smartphone, tablet, PC dan lain-lain sudah berhasil dirajai oleh Apple. Kesuksesan yang dicapai oleh Apple ini tentu tak didapatkannya dalam waktu yang singkat. Perlu waktu yang cukup panjang serta strategi yang sangat baik untuk mencapai kesuksesan seperti sekarang ini.

Ya, strategi bisnis yang digunakan Apple merupakan salah satu hal paling berpengaruh terhadap kesuksesannya. Bahkan banyak perusahaan lain yang meniru strategi bisnis Apple Inc untuk mencapai kesuksesan yang serupa. Sebenarnya apa rahasia strategi bisnis Apple Inc yang membuatnya bisa sesukses ini ? Berikut beberapa rangkumannya untuk kita pelajari bersama.

Strategi Bisnis Dari Apple Inc

Penekanan merek

Salah satu strategi bisnis Apple yang menjadi alasan mengapa menjadi merek produk elektronik (komunikasi) terbaik adalah karena Apple selalu menekankan daya tarik merek arau brand mereka. Pihak Apple sendiri sengaja memilih nama merk yang mudah diingat oleh orang, sehingga merk ini bisa selalu terngiang di benak mereka. Selain itu, pemilihan merk menggunakan lambang buah apel yang telah digigit pada satu sisinya juga merupakan lambang atau logo yang cukup unik dan sangat jarang digunakan oleh merk lain.

Inovasi Yang Maju

Tak hanya pada bidang pemasarannya saja, namun Apple juga berhasil mencapai kesuksesan layaknya sekarang ini karena inovasi pada setiap produknya. Saking beragamnya inovasi yang dikeluarkan oleh pihak Apple, membuat produk ini selalu di incar dan ditunggu oleh para pecinta gadget. Penerapan inovasi pada setiap produk terbaru keluaran Apple ini juga merupakan salah satu strategi bisnis Apple Inc untuk membuktikan bahwa Apple adalah perusahaan nomer satu di bidang IT.

Advertisement

Produk Mudah Digunakan

Meskipun termasuk produk canggih dengan teknologi yang sangat mutakhir, namun siapa sangka jika produk-produk keluaran Apple sangat mudah digunakan. Ya, memang Apple memiliki prinsip untuk membuat produk revolusionel yang mudah digunakan, sehingga tak ada lapisan masyarakat yang kesulitan menggunakannya, dimana hal tersebut bisa membuat sebuah produk di tinggalkan.

Hal ini juga dibuktikan dengan sistim operasi ( OS ), tampilan atau display di gadget Apple yang memiliki ciri tersendiri dibanding dengan display pada gadget lain. Karena Apple lebih memilih simbol tema atau fitur menggunakan benda yang familiar di kehidupan sehari-hari. Penggunaan simbol inilah yang nantinya akan membuat pengguna lebih mudah mengingat dan mempelajari pengoperasian gadget Apple.

Meminimalisir Biaya Produksi

Nah mungkin strategi bisnis Apple Inc yang satu inilah yang tak disangka oleh produsen gadget lain. Banyak diantara mereka yang menyangka Apple selalu berani dalam pengeluaran modal demi menunjang segala produk kelurannya.

Namun ternyata Apple merupakan sebuah perusahaan yang tak semudah itu mengeluarkan modal teramat besar demi target yang diluar nalar. Apple selalu menerapkan peminimalisiran biaya produksi. Hal ini dilakukan Apple karena target yang hendak dicapai pun realistis. Sehingga ketika target tersebut tercapai, maka pengeluaran modal atau biaya produksi akan seimbang.

Selain itu, meminimalkan biaya produksi juga bertujuan agar setiap produk Apple dapat dipasarkan dengan harga yang terjangkau. Memang jika dibandingkan dengan produk dari merk lain, produk-produk Apple cenderung lebih mahal. Namun jika melihat kembali kualtas yang diberikan Apple rasanya tak ada masalah mengapa membandrol harga yang lebih tinggi dengan merk lain.

Jangan lewatkan juga artikel :

Jika anda berhasil menerapkan beberapa strategi bisnis Apple Inc diatas pada bisnis anda, maka persiapkan untuk mencapai kesuksesan yang nyata. Mulailah perubahan tersebut dan jangan pernah beranggapan segala kesuksesan akan dicapai semudah membalikkan telapak tangan. Semoga Bermanfaat…