Punya Hobi Otomotif, Ini Peluang Bisnisnya

Dunia otomotif salah satu bidang yang banyak di sukai, banyak diantaranya masyarakat yang memiliki ketertarikan kepada bidang ini, baik itu kepada kendaraan roda dua atau pun empat, juga jenis kendaraan lainnya. Perkembangan teknologi otomotif yang selalu muncul juga menjadi semakin menarik untuk di ikuti, membuatnya potensi berbisnis di bidang ini selalu bisa menjanjikan keuntungan.

Bagi anda yang memiliki hobi di bidang otomotif, akan sangat berarti jika hobinya bisa di salurkan menjadi sebuah bisnis. Selain biasanya sebuah bisnis yang di bangun berdasarkan hobi lebih bisa berpeluang untuk sukses kedepannya, pengguna kendaraan di Indonesia yang semakin bertambah setiap tahunnya, bisa menyediakan jumlah calon konsumen yang sangat besar.

bisnis bidang otomotif

Sebagai referensi untuk anda yang memiliki ketertarikan menjalankan bisnis dalam bidang otomotif di tahun 2015 ini, berikut ini ada beberapa contoh usaha yang bisa di pilih, berikut diantaranya :

1. Toko Aksesoris

Bagi pengguna kendaraan baik itu mobil maupun motor, aksesoris menjadi barang pelengkap yang bisa menambah nilai lebih kepada kendaraan yang di gunakannya, baik itu untuk tampilan ataupun fungsinya. Barang-barang seperti perangkat audio, alarm, kaca film, knalpot ban velg dan banyak lagi diantaranya, akan selalu banyak konsumen yang membutuhkannya.

Belum lagi banyak juga diantanranya para penghobi modifikasi yang senang mengupgrade tampilan kendaraanya, jika anda menjadi salah satunya, memilih bisnis toko aksesoris lebih bisa memberikan masukan kepada calon konsumen nantinya.

2. Jasa Service dan spere part.

Kendaraan yang di gunakan berkegiatan setiap harinya, akan membutuhkan perawatan berkala agar kinerjanya selalu maksimal. Untuk itu para penggunanya akan membutuhkan jasa tempat service atau bengkel untuk melakukan perawatan ataupun perbaikan.

Advertisement

Ditambah juga dengan berbagai spere part atau onderdil nya yang memiliki masa batas usia pemakaian, pengguna kendaraan pun mau tidak mau harus mengganti jika ada salah satu onderdil yang rusak atau habis masa pakainya. Misalnya seperti kampas rem, oli, busi, aki, saringan oli, saringan bensin aneka van belt dan banyak lagi lainnya.

Dengan begitu, membuka jasa service dan menjual spere part bisa menjadi salah satu bisnis di bidang otomotif yang sangat menguntungkan, melihat jumlah kendaraan yang lalu lalang sekarang ini menjadi semakin padat dan terus bertambah setiap harinya.

Baca juga peluang usaha bengkel mobil

3. Jual beli Kendaraan bekas

Pasar barang otomotif berupa mobil ataupun motor bekas selalu tidak pernah sepi dari peminatnya, menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau di bandingkan dengan unit barunya. Maka tidak heran showroom kendaraan mudah di temui di berbagai daerah, karena konsumennya yang begitu besar.

Untuk berbisnis jual beli kendaraan bekas tidak selalu harus memiliki showroom atau tempat berjualan. Kita yang hanya memiliki modal kecil dan belum bisa membangun atau menyediakan tempat berjualan khusus pun bisa ikut mengambil bagian, meski hanya menjajakan beberapa unit kendaraan di halaman rumah, ataupun hanya mencari komisi dari hasil menjadi perantara yang mempertemukan antar penjual dan pembeli.

Baca juga peluang usaha jual beli mobil bekas dengan modal terbatas

4. Usaha Cuci dan Salon Mobil Atau Motor

Kegiatan masyarakat yang semakin padat, terkadang hingga tidak tersedia waktu luang untuk menjaga kendaraannya agar selalu bersih. Bagi mereka mendatangi tempat salon dan cuci mobil atau pun motor sudah menjadi hal yang rutin selalu di lakukan.

Maka dengan begitu menyediakan layanan cuci kendaraan ini menjadi bisnis di bidang otomotif yang cukup menjanjikan, dan juga dapat di jalankan dengan modal yang tidak begitu besar terutama dalam membuka jasa pencucian motor.