Punya Bisnis Kuliner ? Berikut Contoh Promosi yang Bisa Mengingkatkan Penjualannya

Seringkali dalam bidang bisnis kuliner orang beranggapan bahwa skill memasak adalah satu-satunya penentu suksesnya bisnis ini. Padahal tidak sesederhana itu, kepiawaian meracik makanan ternyata bukan menjadi penentu utama dalam bisnis ini, masih banyak hal lain yang jika dilewatkan akan membuat keberhasilan sulit dicapai.

Meski begitu, keterampilan memasak inilah yang sering kali menjadi alasan awal dalam memulai bisnis makanan. Adanya dukungan dari kerabat atau sanak saudara yang suka dengan racikan masakan kita dapat membangkitkan semangat sehingga terjunlah mulai menekuni bidang ini.

Lalu hal lain apa lagi yang juga dapat menjadikan bisnis kuliner berhasil mencapai puncak kesuksesannya ? Tentu saja seperti bisnis-bisnis lainnya, salah satunya yakni strategi promosi yang tepat dan juga konsisten. Dengan memiliki berbagai hal penentu keberhasilan tersebut maka perjalanan menuju kesuksesan pun bisa lebih terbuka lebar.

Beberapa contoh promosi untuk usaha kuliner berikut ini, mungkin saja bisa menginspirasi anda.

Punya Bisnis Kuliner ? Berikut Contoh Promosi yang Bisa Mengingkatkan Penjualannya

Menjaring Pelanggan Baru Dengan Testimoni

Testimoni positif atau penilaian baik dari konsumen yang penah mencicipi makanan buatan kita sangat efektif untuk menjaring calon pelanggan. Apalagi cara promosi ini juga sangat sederhana dan murah untuk dijalankan, bahkan tidak jarang sistim promosi ini berjalan senditi dengan tidak disadari pelakunya, tiba-tiba saja pembeli berdatangan akibat tertarik testimoni dari orang yang mereka kenal.

Karena pentingnya hal ini, maka sesekali dapat kita upayakan mendapatkan testimoni positif dengan cara seperti memberikan kesempatan mencicipi menu masakan secara cuma-cuma untuk berpromosi, misalnya saja dalam sebuah acara kecil-kecilan seperti dalam arisan, acara dalam sebuah komunitas, ataupun event-event pameran kuliner.

Advertisement

Promosi Lewat Internet

Beberapa tahun yang lalu mungin jarang kita temui bisnis kuliner yang melakukan promosinya lewat internet. Selain karena pengakses media ini masih terbatas, perangkat yang mendukung untuk internetan juga masih terbatas.

Bagaimana dengan sekarang ?

Berubah seratus delapan puluh derajat, perangkat untuk mengakses dunia maya hampir dimiliki setiap orang, mudah kita temui berupa gadget smartphone, tablet, PC/Laptop dan sebagainya. Pengguna internet pun naik ratusan kali lipat dari jaman dahulu kala.

Secara otomatis media internet menjadi potensial untuk menjadi ajang promosi berbagai macam bidang usaha, saat ini mungkin bisa dikatakan setiap jenis usaha dapat kita temui di internet, termasuk bisnis kuliner.

Cara berpromosi di media ini bisa beragam, yang sedang menjadi trend ialah dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Selain medsos, mesin pencari ternama yang paling banyak digunakan yaitu Google juga menyediakan berbagai promosi yang sering dipilih para pelaku bisnis kuliner, seperti Google Bisnisku yang menggunakan platform Google map untuk memudahkan penggunanya mencari tempat makan terdekat.

Baca Juga Artikel :

Promosi Potongan Harga

Siapa yang tidak tertarik dengan harga diskon? Dalam berbelanja produk apapun, konsumen saat ini sangat teliti memilih harga yang paling murah sehingga persaingan antar usaha menjadi semakin ketat.

Terlebih jika bisnis makanan anda membidik pasar kelas menengah kebawah, tidak sedikit pembeli yang lebih mengutamakan harga murah lalu selanjutnya mempertimbangkan soal rasa.

Manfaatkan program potongan harga sebagai magnet penarik konsumen untuk datang, selanjutnya jika cita rasa dan pelayanan sudah semakin dikenal dan memuaskan, dengan sendirinya harga tidak akan lagi menjadi patokan. Konsumen akan datang karena ingin menikmati masakan anda dan menomor duakan harga.