Prospek Dan Analisa Peluang Usaha Bengkel Las Listrik

Zaman sekarang banyak sekali sarjana dengan berbagai gelar banyak yang masih belum bisa menemukan usaha yang cocok dalam bidang mereka. Banyak yang rela bekerja tidak sesuai dengan jurusan asalkan bisa bekerja dan menghasilkan uang.

Sekarang jika tidak pintar-pintar dalam hal mencari peluang usaha maka anda bisa saja tertinggal jauh dengan yang lain. Namun yang menjadi kendala utama adalah modal. Ide yang cemerlang tidak akan berguna bila tanpa modal. Sedangkan hasil terkadang tidak sesuai dengan modal.

Kebanyakan orang sekarang memiliki dan membutuhkan berbagai benda berbahan besi dan alumunium yang ringan dan tahan terhadap karat. Lalu adakah usaha yang hasilnya besar namun bisa dengan modal yang tidak terlalu besar untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, Peluang usaha bengkel las listrik bisa menjadi solusinya. Berikut penjelasannya :

  • Modal

Modal anda dalam membuka Peluang usaha bengkel las listrik tidaklah harus berupa uang. Anda hanya membutuhkan modal yang ada dalam diri anda sendiri. Yaitu semangat. Bila anda mempunyai semangat yang tinggi dalam hal ingin Peluang usaha bengkel las listrik maka semua akan terasa mudah.

  • Tempat atau lokasi

Banyaknnya tempat yang membutuhkan las listrik, maka anda tidak perlu bingung dalam hal membuka Peluang usaha bengkel las listrik. Karena anda bisa menggunakan rumah anda untuk bengkel las listrik. Ini tentunya tidak menyulitkan anda dalam membuka usaha bengkel las listrik. Anda hanya perlu menyisihkan ruangan yang ada di rumah anda, sehingga anda tidak memerlukan biaya tambahan dalam menentukan lokasi. Anda bisa juga menggunakan halaman rumah bila dirasa perlu.

  • Peralatan

Alat-alat yang perlu di persiapkan untuk usaha bengkel las listrik tentu utamanya adalah mesin las listrik. Terdapat banyak pilihan mesin las yang di bedakan dari besaran watt daya yang di perlukan, untuk pemula bisa sediakan seperlunya terlebih dahulu dari mesin las yang berdaya ringan. Lalu di perlukan juga alat-alat pendukungnya seperti mesin gerinda, mesin bor, gergaji dan lain sebagainya.

Advertisement
  • Tenaga kerja

Banyak yang merisaukan tenaga kerja dalam membuka usaha ini karena kebanyakan dari para pemilik modal mengharapkan pekerja yang handal dan bisa dipercaya. Namun anda tidak perlu bingung dalam mencari para pekerja, misalnya anda bisa mencari pekerja lulusan SMK yang mempelajari jurusan di bidang ini.

Atau bisa juga dengan merekrut pekerja yang sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang ini juga. Sehingga anda bisa mengurangi tingkat pengangguran yang ada, minimal dengan mengurangi pengangguran yang ada di wilayah sekitar anda terlebih dahulu. Namun begitu, paling baik tentunya anda sendirilah yang memilki keterampilan seputar las listrik ini sehingga bisa mengajarkan keterampilannya kepada para pekerja.

  • Upaya Pemasaran Dan Cara Mendapatkan Pelanggan

Umumnya order yang dapat di kerjakan bisnis las listrik ini diantaranya seperti pesanan pembuatan pagar rumah, tralis, kanopi, tangga, hingga tidak jarang juga orderan bisa datang dari instansi-instansi seperti sekolahan TK yang membutuhkan mainan outdoor seperti serodotan, ayunan, dan sejenisnya.

Selain harus kita perhatikan pemasangan spanduk agar terlihat calon konsumen, kita pun bisa upayakan mencari pesanan dengan mendatangi instansi seperti di atas. Bisa ke sekolahan, perkantoran, dan sebagainya. Jika anda memiliki modal, bisa juga kita persiapkan stok produk-produk jadi yang banyak di perlukan di daerah tempat usaha.

Itulah sedikit informasi mengenai analisa dan prospek peluang usaha bengkel las listrik yang bisa kami uraikan, semoga menginspirasi…

Baca juga artikel peluang usaha bengkel mobil