Proses Pembuatan Tahu Beserta Ulasan Peluang Bisnisnya

Tahu merupakan salah satu makanan yang paling populer di Indonesia, tahu menjadi makanan yang disukai semua orang, mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Tidak heran jika saat ini banyak bermunculan tempat produksi tahu bahkan hingga ke daerah-daerah. Tahu sendiri juga bisa diolah menjadi berbagai variasi jenis makanan, sehingga membuatnya semakin banyak dikonsumsi.

Peluang bisnis tahu sebenarnya masih sangat besar, tahu merupakan makanan yang terjangkau dan memiliki pasar yang luas. Sebelum anda memulai bisnis tahu tentunya anda perlu mengetahui dahulu proses pembuatan tahu beserta peluang bisnisnya, sehingga anda memiliki gambaran yang lebih rinci.

Cara pembuatan tahu sebenarnya tidak terlalu sulit, namun tetap membutuhkan pengetahuan dan pengalaman. Di bawah ini adalah sedikit ulasan mengenai proses pembuatan tahu.

Proses Pembuatan Tahu Beserta Peluang Bisnisnya

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Kacang Kedelai
  • Vinegar (Cuka putih)
  • Kain Belacu (kain bekas karung tepung)

Cara pembuatan tahu

Advertisement
  • Pilih kedelai yang masih segar, anda perlu memisahkan kedelai yang sudah layu atau kusut.
  • Setelah itu, cuci bersih kedelai sampai semua biji kedelai terendam dan biarkan di dalam air selama kurang lebih 8 jam.
  • Kemudian cuci lagi kedelai selama setengah jam.
  • Kemudian bagi-bagi kedelai yang sudah bersih menjadi bagian-bagian yang muat dalam penggilingan, sesuaikan dengan kapasitas penggilingan. Atau jika tidak memiliki mesin penggiling, bisa dilakukan dengan cara di tumbuk.
  • Selanjutnya kedelai yang sudah digiling diletakkan pada plastik.
  • Kemudian ampas kedelai direbus selama beberapa waktu, gunakan wadah yang cukup besar. Jangan terlalu lama mendiamkan ampas kedelai, jika sudah dihaluskan anda harus segera merebusnya.
  • Setelah itu, ampas kedelai yang sudah direbus dan menjadi adonan dimasukkan ke dalam kain belacu.
  • Aduk atau goyangkan adonan tersebut hingga sari kedelai jatuh sehingga membuat adonan tadi menjadi cukup kering.
  • Setelah adonan cukup padat, anda bisa memotong-motong adonan tersebut sehingga jadilah makanan yang disebut sebagai tahu.

Itulah sedikit ulasan mengenai dasar proses pembuatan tahu, Tentu saja pada prakteknya akan membutuhkan keterampilan dan pengalaman yang memadai agar bisa di dapat produk tahu yang berkualitas.

Baca juga mau jalankan usaha nata de coco berikut ini cara pembuatannya

Peluang Bisnis Tahu

Peluang bisnis tahu bisa dikatakan sangat potensial mengingat begitu banyaknya kebutuhan masyarakat akan produk ini. Di Indonesia bisa di katakan tahu menjadi makanan sehari-hari yang di gemari. Tidak hanya itu saja, tahu juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan dan di modifikasi menjadi berbagai kreasi yang baru.

Pada dasarnya tahu ini dibedakan menjadi dua jenis, ada tahu berwarna kuning dan juga putih, namun karena semakin berkembangnya industri kuliner saat ini muncul juga aneka variasi seperti tahu bulat, tahu keju, hingga kripik tahu.

Baca juga mendulang rupiah dari usaha pembuatan mie

Bagi anda yang ingin memulai bisnis tahu, tidak perlu langsung membuka pabrik yang cukup besar. Sebenarnya anda bisa memproduksi tahu dalam skala kecil terlebih dahulu. Lama kelamaan bisnis tahu anda jika di jalankan dengan serius hasilnya akan berkembang menjadi lebih besar, karena tahu ini memiliki pasar yang luas dan juga target konsumen yang global.

Hanya saja salah satu permasalahannya, biasanya terletak pada bahan baku yang kadang sulit ditemukan atau harganya terlalu mahal. Untuk mengatasinya bisa kita buat inovasi seperti jenis variasi baru di atas tadi, dengan begitu harga jual produknya bisa lebih meningkat.

Demikian adalah ulasan mengenai proses pembuatan tahu beserta peluang bisnisnya, semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Terimakasih dan selamat mencoba.

Baca juga artikel proses pembuatan tempe dan analisa peluang usahanya