Promosi Dari Mulut ke Mulut Efektif Untuk Mengembangkan Bisnis

Menghadapi persaingan bisnis yang kian sengit menuntut setiap pengusaha memiliki strategi yang efektif untuk mengembangkan bisnisnya.

Salah satu strategi yang harus dimiliki ialah menjalankan promosi yang mampu mengenalkan produk hingga populer di pasaran.

Berbicara mengenai promosi, ada salah satu jenis promosi yang cukup efektif yang bisa dilakukan dengan tanpa biaya namun hasilnya sangat efektif untuk mempopulerkan produk atau brand bisnis kita.

Dialah promosi dari mulut ke mulut atau Word Of Mouth (WOM).

Promosi Dari Mulut ke Mulut

Pengertian Promosi Word Of Mouth

Secara sederhana pengertian promosi dari mulut ke mulut atau Word Of Mouth adalah pemberian rekomendasi dari salah seorang pembeli yang puas terhadap salah satu produk kepada individu lain.

Adanya rekomendasi tersebut tentunya sangat berpengaruh untuk menjadi referensi bagi orang lain sehingga kemungkinan besar mereka juga akan tertarik untuk membeli dari penjual yang sama.

Umumnya rekomendasi tersebut di ungkapkan dalam bentuk komentar, testimoni atau mungkin dengan berkomunikasi secara langsung.

Meski begitu, promosi dari mulut ke mulut ini umumnya tidak semuanya dilakukan atas kesadaran penjual produk sendiri. Melainkan berjalan secara alami karena produk yang dijual benar-benar memilki kualitas yang memuaskan sehingga mereka dengan dengan sendirinya merekomendasikan kepada orang lain.


Alasan Word Of Mouth Efektif  Untuk Menarik Pelanggan

Saat ada konsumen yang merasa puas akan layanan atau produk yang kita pasarkan hal tersebut akan menjadi keuntungan yang besar. Karena mereka akan berpotensi menyebarkan kabar positif tersebut kepada orang lain yang mereka kenal.

Misalnya saja saat ada salah satu konsumen yang mendapatkan layanan memuaskan dalam hal penggantian produk yang rusak atau adanya potongan harga bagi para pelanggan yang sudah biasa membeli di toko kita.

Maka upaya paling utama yang bisa kita lakukan untuk bisa menjalankan promosi dari mulut adalah selalu senantiasa memberikan pelayanan yang maksimal dan juga menyediakan produk-produk yang berkualitas.

Ketika banyak konsumen yang sudah merasakan kepuasan membeli di tempat kita, mereka akan lebih percaya bahkan saat kita akan menawarkan produk baru lainnya.

Dengan begitu kita bisa lebih menghemat biaya program promosi lainnya.

Menjalankan Strategi Word Of Mouth

Paling utama agar strategi promosi dari mulut ke mulut dapat berjalan dalam bisnis kita adalah dengan memberikan layanan memuaskan yang melebihi kompetitor, sehingga konsumen akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih mengesankan saat bertransaksi dengan kita.

Tak hanya pelayanan yang harus maksimal produk yang kita jual pun sebisa mungkin harus memiliki kelebihan dibandingkan dengan produk lainnya.

Selanjutnya kita bisa upayakan untuk dapat selalu membina komunikasi dengan para pelanggan. Misalnya saja dengan bertanya kepada mereka terkait bagaimana layanan dan produk kita, serta meminta kritikan membangun yang dapat menjadi patokan kita untuk meningkatkan kualitas layanan.

Selain itu jangan lupakan juga menyedikan sarana untuk para pelanggan meninggalkan ulasan, testimoni ataupun komentar yang dapat dengan mudah di akses oleh calon pembeli lainnya.

Baca Juga Peluang Usaha Berpotensi Yang Minim Persaingan

Promosi dari mulut ke mulut merupakan salah satu promosi yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar, karena jenis promosi yang satu ini dapat terus berjalan secara otomatis mendatangkan pelanggan dengan tanpa biaya promosi yang besar.

Oleh sebab itu menjalankan promosi ini tidak dapat dilakukan dengan cara yang mudah, perlu adanya strategi yang matang serta inovasi baru yang berbeda dari bisnis lainnya.