Produk Tidak Laku Dipasaran ? Segera Kenali Penyebabnya

Akan sangat mengecwakan jika dalam menjalankan usaha produk yang kita pasarkan kurang mendapatkan respon yang baik dari konsumen. Jika tidak segera di atasi bisa membahayakan keberlangsungan bisnis yang kita jalankan, sebab untuk bisa bertahan usaha kita harus mendapatkan keuntungan dan itu datang nya dari barang yang kita jual.

Segera lalukan evaluasi secara menyeluruh apa yang menjadi penyebab utama barang tidak laku di pasaran, tetunya hal ini bisa di akibatkan oleh banyak faktor, dan jika didapat penyebabnya kita bisa segera lakukan perbaikan.

Sebenarnya masalah dagangan tidak laku di pasaran akan di alami pada setiap pelaku usaha, ini salah satu tantangan dalam berbisnis dan kita harus bisa menghadapinya.

Produk yang pada awalnya pernah laris di buru konsumen saja bisa mendadak menjadi sepi pembeli, sebab dalam dunia bisnis segala sesuatunya harus senantiasa berkembang, inovasi-inovasi baru harus selalu terapkan agar tidak kalah bersaing di pasaran.

Selain itu yang umum terjadi, penyebab barang kita tidak laku di pasaran diantarnya adalah sebagai berikut :

  • Harga

Untuk produk dengan merk baru sering sekali sulit untuk dapat menembus pasar, mestinya harus ada beberapa kelebihan terlebih dahulu yang menjadikan konsumen memilih barang tersebut. Harga jual akan menjadi poin pertama di lihat pembeli.

Maka sebaiknya dalam menjual produk kita harus dapat membaca trend di pasaran, meski berharga lebih mahal tetapi bisa memberikan kelebihan tidak akan menjadi masalah, atau jika bisa lebih murah asalkan penurunan kualitasnya tidak terlalu signifikan, itu juga akan bisa di serap oleh pasar.

Baca juga artikel Cara Menentukan Harga Produk Yang Perlu Kita Cermati

Advertisement

produk tidak laku di pasaran

  • Promosi

Setelah penerapan harga bisa di atasi, selanjutnya harus memiliki calon konsumen yang akan membeli barang dagangan kita, hal ini bisa didapatkan jika kita gencar melakukan promosi pada usaha yang kita jalankan. Jika produk yang kita pasarkan sudah memiliki kualitas yang baik dengan harga yang kompetitif, tetapi kurang dalam hal berpromosi, maka itu juga akan menjadi sia-sia.

  • Target Pasar

Barang yang kita pasarkan tentunya harus sesuai dengan target pasar yang kita tuju, maka sebelum menjalankan usaha sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Misalnya produk dengan kualitas terbaik yang berharga tinggi, tidak akan cocok jika di tawarkan kepada masyarakat di pedesaan atau pada segmen masyarakat kelas menengah kebawah, bagitu pula sebaliknya.

  • Reputasi

Produk berkualitas, promosi gencar di lakukan, terget pasar sudah sesuai, akan tetapi masih tidak laku di pasaran.. mungkin salah satu penyebabnya reputasi usaha anda kurang baik di mata konsumen.

Hal ini bisa terjadi salah satunya akibat pelayanan yang kita berikan kurang maksimal. Sebab pada dasarnya setiap konsumen yang berniat membeli, sangat ingin di layani dengan baik.

Bahkan pada beberapa kasus, ada konsumen yang lebih mementingkan pelayanan dari pada kualitas atau harga barang yang akan di belinya, hubungan baik yang terjalin sebagai efek pemberian pelayanan maksimal membuatnya menjadi pelanggan tetap meski produk kita ada sedikit kekurangan.

Baca juga artikel Cara Mendapatkan Pelanggan Dan Mempertahankannya