Potensi Pasar Usaha Budidaya Jagung

Selain nasi, jagung juga termasuk salah satu komoditi utama yang sangat dibutuhkan sebagian besar masyarakat Indonesia. Jagung termasuk bahan pangan yang nilai gizinya sangat tinggi. Jagung ini memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan beras. Bahkan jagung juga sama halnya dengan beras yang menjadi sumber karbohidrat terbesar.

Tercatat kebutuhan atas jagung di Indonesia sangat besar. Bahkan setiap tahunnya dengan natalitas yang melonjak naik, kebutuhan atas jagung juga melonjak naik. Kebutuhan jagung kira-kira berkisar antara 10 juta ton sampai dengan 15 juta ton per tahun. Rincian konsumsi jagung paling besar adalah berasal dari pakan ternak karena memang sebagian besar pakan ternak adalah dibuat dari bahan utama jagung. Walaupun kuliner masyarakat Indonesia juga banyak yang membutuhkan jagung sebagai bahan dasarnya.

Jagung yang kehadirannya sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia ini memiliki potensi pasar yang mumpuni. Karena itu melakukan budidaya tanaman jagung dapat menjadi peluang besar yang sangat menguntungkan. Lantas, potensi pasar apa sajakah yang dapat diperoleh dari budidaya tanaman jagung?

potensi usaha budidaya jagung

Potensi Pasar Budidaya Tanaman Jagung

Seiring dengan meningkatnya industri peternakan di Indonesia membuat permintaan terhadap jagung juga semakin meningkat. Dengan meningkatnya permintaan terhadap jagung membuat potensi pasar jagung juga kian melejit.

Advertisement

Sebenarnya potensi pasar jagung tak hanya dijadikan bahan memenuhi kebutuhan industri peternakan, karena jagung juga sangat dibutuhkan memenuhi kebutuhan konsumsi manusia. Selain itu jagung juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan tangan kreatif yang dilakukan manusia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai potensi pasar jagung, yuk kita simak uraiannya di bawah ini!

Baca juga jenis usaha pertanian yang sukses di tahun 2015

Jagung Untuk Pakan Ternak

Sampai saat ini kebutuhan jagung untuk ternak sangatlah banyak. Bahkan seiring dengan semakin banyaknya peternakan yang berdiri di Indonesia, membuat keberadaan jagung benar-benar dibutuhkan. Permintaan jagung untuk pakan ternak sangat besar khususnya di tahun 2015 ini.

Jagung Untuk Konsumsi Manusia

Jagung juga termasuk pengganti beras. Saat ini keberadaan jagung juga memiliki peranan penting. Jagung banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuatan camilan, olahan kue, tepung jagung dan masih banyak lagi.

Jagung Untuk Kerajinan Tangan

Industri kreatif semakin lama semakin pesat perkembangannya. Industri kreatif yang paling banyak dilirik khususnya di tahun 2015 ini adalah industri kreatif handicraft.

Handicraft banyak sekali ragamnya. Ada pula handicraft yang dibuat dengan bahan dasar kulit dan rambut jagung. Karena itu anda yang memiliki budidaya jagung, tak hanya jagungnya saja yang dapat anda manfaatkan untuk diolah atau dijual, tetapi kulit jagungnya juga dapat anda manfaatkan untuk disuplai kepada para pengrajin.

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan usaha budidaya jagung, uraian diatas merupakan beberapa Potensi Pasar Usaha Budidaya Jagung yang dapat menjadi bahan pertimbangan anda. Selamat berwirausaha dan semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga budidaya semangka kotak yang bernilai tinggi