Potensi Besar Dibalik Kotoran Sapi Dan Kerbau

Potensi Kotoran Sapi

Seorang ahli bidang peternakan Bambang Suwignyo mengungkapkan terdapat potensi besar dibalik kotoran sapi dan kerbau di Indonesia. Menurut beliau, kotoran tersebut bisa dimanfaatkan untuk dirubah menjadi biogas yang dapat menghasilkan energi alternatif pengganti bahan bakar minyak, keperluan bahan bakar untuk memasak rumah tangga, hingga lampu penerangan.

Bahkan menurutnya lagi, jika kotoran sapi dan kerbau diseluruh Indonesia dapat di maksimalkan untuk memproduksi biogas, bakal berpeluang mendapatkan nilai ekonomi hingga 64 Triliun rupiah dalam setiap tahunnya.

Angka tersebut didapatkan berdasarkan perhitungan jumlah ternak sapi di Indonesia yang pada tahun 2015 saja sudah terdapat 17 juta ekor lebih. Jika diasumsikan setiap ekornya menghasilkan 20 kg kotoran maka totalnya mencapai lebih dari 300 Ton. Jumlah tersebut jika diproduksi biogas diperkirakan nilainya akan setara 14 juta liter minyak tanah.

Advertisement

Pernyataan di atas bukan tidak mungkin bisa diwujudkan, pasalnya selama ini sudah ada beberapa daerah di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi biogas yang dihasilkan dari kotoran sapi dan dimanfaatkan untuk menghemat kebutuhan listrik dan gas. Diantaranya seperti di Desa Pesawahan Kidul – Kabupaten Purwakarta, dimana beberapa waktu yang lalu lokasi tersebut telah diresmikan oleh Bupati Purwakarta secara langsung.

Desa tersebut pun juga bukanlah yang pertama berhasil memanfaatkan biogas untuk keperluan masyarakatnya sehari-hari, sebelumnya di daerah Desa Kutamanah – Kecamatan Sukasari juga telah mengaplikasikan langkah serupa.

Menurut sang Bupati, biogas sangatlah efektif digunakan sebagai langkah penghematan biaya sehari-hari oleh rumah tangga. Namun begitu untuk menghasilkannya membutuhkan berbagai syarat khusus diantaranya ketersediaan peternakan di sekitar lokasi yang harus melimpah dan mencukupi.

Maka dari itu, bupati juga menganjurkan kepada masyarakatnya untuk bekerja sama membuat peternakan sapi secara berkelompok. Pihak pemerintahannya juga mengaku siap jika diminta bantuan oleh masyarakatnya untuk menyediakan bantuan pengadaan hewan sapi, tentu dengan catatan warganya harus bisa merawat ternak dengan baik dan benar.

Baca juga Pengertian Biogas dan Analisa Prospek Peluang Bisnisnya

Pada kesempatan yang sama, Bupati Purwakarta juga mengatakan program biogas ini sudah sepantasnya jika mulai diperkenalkan di sekolah-sekolah sejak dini. Cara yang bisa ditempuh diantaranya dengan pengadaaan hewan sapi oleh pihak sekolahan sebagai sarana belajar para siswa memahami cara pembuatan biogas.