Pilihan Usaha Setelah Di PHK

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaan mungkin salah satu hal yang sangat tidak di inginkan oleh orang yang berprofesi sebagai karyawan. Laju keuangan akan terhenti seketika, sedangkan kebutuhan, terlebih bagi yang sudah memiliki keluarga, tidak akan bisa di berhentikan sementara saat tidak memiliki penghasilan. Tidak jarang kondisi seperti ini akan membuat stress dan dilanda kecemasan.

Meski dalam kondisi panik dan tidak menentu arah sebaiknya kita tetap berusaha untuk dapat menenangkan diri agar tetap memiliki pemikiran jernih untuk dapat lepas dari kesulitan. Kita perhatikan banyak kisah-kisah dari seorang karyawan korban dari PHK yang malah berhasil meraih kesuksesan finansialnya, bisa saja ini salah satu jalan anda juga untuk menuju tingkat tersebut.

Sukses Setelah Di PHK

Jauh sebelum anda memutuskan untuk masuk menjadi seorang karyawan seharusnya sudah anda pahami bahwa kita tidak memiliki wewenang untuk membuat keputusan dan mempertahankan posisi pada pekerjaan tersebut. Maka kenyataan pahit menjadi korban PHK bisa terjadi kapan saja selama menjadi karyawan.

Untuk langkah selanjutnya adalah segera memperbaiki agar kita segera mendapatkan kembali penghasilan, salah satu caranya adalah dengan menjalankan usaha sendiri atau berwirausaha, karena dengan begitu kita setidaknya tidak akan mengalami lagi nasib serupa dan bisa lebih leluasa mengontrol keuangan.

Dengan begitu salah satu cara untuk sukses setelah anda di PHK adalah mencoba berbisnis dan menjadi pengusaha, meski di mulai dengan kecil-kecilan peluang untuk besar pun sangat terbuka lebar, asalkan selalu tekun dan serius menjalankannya.

Baca artikel 6 Keuntungan Terbesar Menjadi Pengusaha

Memulai Usaha Setelah PHK

usaha setelah di PHK

Akan ada beberapa hal yang harus di persiapkan untuk memulai usaha sehabis kita terPHK, tahap paling awal adalah bulatkan tekat untuk menjadi pengusaha. Ini penting untuk memotivasi diri kita agar selalu semangat menjalankannya, hilangkan segala keraguan saat akan memulainya sebab berbisnis memerlukan tekad yang kuat untuk bisa sukses kedepannya.

Selanjutnya persiapkan modal, tentu saja akan diperlukan saat akan memulai usaha. Jika beruntung PHK anda di sertai sejumlah pesangon, bisa di manfaatkan untuk modal usaha ini, akan tetapi dari mana pun datangnya dana itu, jangan sampai menjadi sia-sia karena di sebabkan kerugian dalam usaha nanti. Atur pembagian porsinya dengan baik, jangan sampai memaksakan penggunaan modal yang terlampau besar, lebih baik di mulai dari kecil untuk di lihat perkembangannya kedepan.

Modal uang juga bukan menjadi faktor utama yang harus di miliki dalam menjalankan sebuah bisnis, ada hal lain yang harus kita perhatikan juga agar mampu menjalankannya, seperti pengetahuan yang cukup mengenai bidang usaha yang akan di kerjakan, Maka gali informasi dengan lengkap sebelum kita memilihnya.

Baca juga Modal Yang Harus Dimiliki Pebisnis Selain Uang

Lalu jenis usaha apa saja yang dapat di pilih setelah kita mengalami PHK ? Sebetulnya akan sangat banyak yang bisa menjadi pilihan, namun sebaiknya sesuaikan dengan minat atau keahlian kita jika memilikinya. Dan selain itu pilih usaha yang cocok untuk pemula dalam artian yang mudah di kerjakan juga tidak memerlukan sejumlah modal yang besar. Contohnya seperti berikut :

  • Agen Gas Elpiji dan Air Galon
  • Usaha Air minum isi ulang
  • Ragam bisnis online
  • Usaha aneka kuliner
  • Warung atau grosir sembako
  • Menjalankan usaha waralaba
  • Membuat camilan makanan ringan
  • Dan sebagainya…

Akan sangat banyak yang bisa kita pilih sebagai bidang usaha setelah di PHK, sebaiknya cari yang memiliki resiko kerugian paling kecil dan yang penting jalankan dengan sepenuh hati,tekun serta konsisten menjalankannya. Semoga Sukses…

Baca juga Tips Mencari Peluang Usaha Di Sekitar Kita