Pilih Usaha atau Kerja ? ini Kelebihan Kekurangannya Masing-masing

Bingung antara pilih buka usaha atau kerja kantoran ? Tidak sedikit orang mengalami dilema tersebut. Apalagi bagi mereka yang kini telah selesai menjalankan jenjang pendidikan, langkah apa yang selanjutnya harus dijalankan ? Begitupun bagi mereka yang saat ini memutuskan berhenti dari pekerjaan yang sudah biasa dikerjakan, dengan maksud ingin mencari pekerjaan lain untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Sebetulnya baik itu menjalankan usaha sendiri ataupun bekerja sebagai karyawan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Keduanya jika dijalankan dengan serius tentu dapat menghasilkan keuntungan yang besar, namun sebaliknya jika dijalankan dengan seadanya hasilnya pun tidak mungkin memuaskan.

Sebagai masukan, kami coba rangkum beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin saja dapat membantu anda yang kini tengah memilih profesi antara usaha atau bekerja.

Usaha atau Kerja

Kelebihan dan Kekurangan Membuka Usaha Sendiri

Beberapa orang memililki pendapat bahwa dengan membuka usaha sendiri lebih berpeluang besar untuk sukses dibandingkan dengan profesi lain. Tentu saja pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, seperti yang sudah di sebut diatas, hal tersebut tergantung bagaimana menjalankannya. Namun ada beberapa kelebihan dan kekurangan jika anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kelebihan Membuka Usaha Sendiri

Dengan membuka usaha sendiri anda berarti menjadi satu-satunya orang yang menentukan bagaimana usahanya berjalan. Tidak ada peraturan yang harus di taati, tidak ada atasan, hingga tidak ada jadwal jam kerja yang harus dilakoni. Semua kita sendiri yang menentukan.

Dengan adanya demikian membuka usaha sendiri memiliki kelebihan fleksibel membagi waktu dan lebih leluasa dalam menjalankannya. Jika ingin menghasilkan keuntungan yang besar dan tidak terbatas, maka kita sendiri dapat bekerja dengan maksimal, tekun, konsisten dan serius.


  • Kekurangan Membuka Usaha Sendiri

Meski ada iming-iming berpenghasilan besar dan tidak terbatas, namun jangan berpikiran menjalankan usaha sendiri itu mudah dijalankan. Dari awal menjalankan usaha saja kita bisa dihadapkan dengan beberapa kesulitan, seperti perlunya ketersediaan modal, sumber daya yang berpengalaman, hingga tempat usaha yang memupuni.

Belum lagi setelah usahanya berjalan kita pun memikul tanggung jawab yang besar. Jika menjalankannya dengan malas-malasan bukan tidak mungkin bisnis bisa saja sulit berkembang dan berujung dengan kebangkrutan.

Dalam jangka panjang seorang pengusaha pun perlu memikirkan bagaimana mempersiapkan biaya untuk saat hari tua dimana tenaga dan pikiran kita tidak lagi maksimal digunakan untuk beraktifitas di perusahaan.

Baca Juga Tips Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja sebagai Karyawan

Tidak sedikit orang yang beranggapan menjadi seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan sulit untuk sukses kedepannya. Di jaman sekarang anggapan tersebut sepertinya sudah tidak berlaku lagi, harapan untuk sukses sama lebar terbuka seperti seorang pengusaha asalkan profesinya dijalankan dengan benar-benar. Dan kelebihan kekurangannya adalah sebagai berikut.

  • Kelebihan Bekerja

Jika kita menjadi seorang pekerja kita tidak perlu lagi bingung memikirkan bagaimana menghasilkan pendapatan, pasalnya gaji kita sudah disiapkan perusahaan dan bisa didapatkan secara pasti untuk setiap bulannya. Tentu saja dengan syarat kita senantiasa mengikuti aturan main perusahaan dengan tepat.

Dengan begitu perencanaan keuangan setiap bulannya pun dapat dihitung dengan jelas. Kita tinggal membagi untuk berbagai kebutuhan, mana biaya untuk sehari-hari, biaya cicilan, dan pengeluaran rutin lainnya.

Ditambah lagi beberapa perusahan pun berani menjamin beberapa kebutuhan penting karyawannya, seperti biaya untuk kesehatan, akomodasi, hingga tunjangan dihari tua.

  • Kekurangan Bekerja

Seorang karyawan yang bekerja mau tidak mau harus mentaati berbagai aturan kerja perusahan serta atasannya. Beberapa aturan bahkan mungkin tidak bisa ditawar lagi meski kita sedang menghadapi keperluan penting. Sekali atau dua kali melanggar aturan bisa saja atasan kita memakluminya, namun jika terus dilakukan bukan tidak mungkin karir akan berhenti total.

Baca Juga Pilihan Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi di Indonesia Saat ini