Perusahaan Besar Bisa Bangkrut, Apa Penyebabnya ?

Jangan dikira perusahaan besar yang telah berdiri hingga puluhan tahun lamanya bisa terhidar dari kebangkrutan. Nyatanya saat ini tak sedikit perusahaan kelas kakap bahkan pemasarannya telah mencapai pasar internasional namun berahir dengan gulung tikar.

Bangkrut memang menjadi resiko bagi siapa saja yang menjalankan sebuah bisnis, tidak hanya perusahaan yang baru saja di rintis, perusahaan besar yang terlihat baik-baik saja bisa pun bisa mengalaminya.

Sebetulnya faktor apa saja yang dapat menyebabkan sebuah perusahaan bisa mengalami bangkrut ? Karena sudah pasti ada beberapa kesalahan hingga membuat hal itu terjadi.

Sebagai pembelajaran, ada baiknya kita juga mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya.

Perusahaan Bangkrut

Lambat Berinovasi

Menjadi penyebab bangkrutnya beberapa perusahaan raksasa di bidang elektronik sebut saja diantaranya Nokia dan juga Kodak, perusahaan yang kurang cepat dalam berinovasi ahirnya tergerus persaingan oleh perusahaan lain yang lebih lebih gencar mengenalkan teknologi terbarunya.

Perkembangan jaman menuntut setiap perusahaan terus memperbaharui produknya dengan yang lebih sesuai kebutuhan pasar. Jika tidak mampu menginbanginya sudah pasti tidak akan mampu bersaing memperebutkan pelanggan.

Keuangan Perusahaan Tidak Terkontrol

Dalam sebuah perusahaan keuangan perlu di menejemen dengan baik, pemasukan dan pengeluaran keuangan harus terkontrol secara jelas jika tidak ingin mengalami kerugian.

Seringkali menjadi penyebab bangkrutnya sebuah perusahaan besar salah satunya dikarenakan terlalu besar beban pengeluaran hingga tidak mampu menutupi hutang-hutangnya.

Lama-kelamaan tentunya keuangan perusahaan terus terkikis dan pada ahirnya perusahaan pun mengalami pailit.

Baca Juga Bisnis Bangkrut, Apa yang Harus Dilakukan ?

Sumber Daya Kurang Memupuni

Sumberdaya dalam sebuah perusahaan menjadi sebuah motor penggerak yang akan menjalankan perusahaan agar tetap eksis dan bertahan dari ketatnya persaingan.

Oleh karena itu pastikan dalam merekrut sumberdaya haruslah berkualitas agar dapat menjalankan perusahaan dengan maksimal. Bentuk pula sebuah tim sesuai bidang kemampuan sumberdaya masing-masing agar berbagai tugas terselesaikan dengan baik.

Sumberdaya yang tidak bekerja dengan semestinya bisa jadi malah membuat perusahaan tidak mampu bertahan, seringkali ke tidak kompakan menjadi salah satu penyebabnya.

Meremehkan Persaingan

Perusahaan besar yang telah ternama bukan tidak mungkin dapat tumbang oleh perusahaan lainnya bahkan oleh yang lebih kecil skala usahanya.

Hal ini mungkin saja terjadi jika tidak siap menghadapi persaingan di pasar karena terlalu meremehkan keberadaan pesaing.

Perusahaan baru tentunya akan melakukan usaha yang keras agar bisa berkembang, pastinya mereka akan gencar berinovasi, berpromosi, dan mengeluarkan ide-ide baru untuk memperkuat namanya.

Perusahaan yang lebih dahulu eksis sepatutnya bisa mengantisipasi pergerakannya sehingga tetap mampu bersaing di pasaran.

Baca Juga Peluang Usaha Berpotensi Yang Minim Persaingan

Perubahan Kondisi Ekonomi Negara

Jike beberapa hal diatas yang menjadi penyebab bangkrutnya perusahaan disebabkan karena faktor dari internalnya sendiri, penyebab lain bisa juga dikarenakan faktor dari luar perusahan.

Misalnya saja karena penurunan kondisi ekonomi masyarakat suatu negara sehingga membuat daya beli semakin rendah. Tentu saja dampaknya bisa sangat besar untuk sebuah perusahaan yang pasarnya sudah luas karena otomatis akan terjadi penurunan penjualan.