Pertimbangan Saat Akan Mengajukan Kredit Mobil

Meski kini lalu lintas telah semkin padat terutama di kota-kota besar, namun tidak menurunkan minat masyrakat untuk memiliki sebuah mobil. Bahkan bagi sebagian orang yang sudah benar-benar membutuhkan akan tetapi dana yang di milikinya belum mencukupi, mereka akan mengusahaannya dengan cara mengajukan kredit untuk mobil idamannya. Selain itu, ada juga masyarakat yang tetap memilih jalan kredit untuk memiliki mobil meski dananya tersedia, banyak berbagai alasan yang mereka kemukaan.

Apapun itu kredit mobil dapat menjadi sebuah solusi bagi masyarakat yang memiliki dana terbatas, asalkan sudah memiliki penghasilan tetap. Namun di perlukan beberapa pertimbangan yang matang sebelum melakukannya, sebab langkah mencicil mobil akan membutuhkan waktu yang cukup panjang, bisa antara 1 hingga 5 tahun. Pada masa-masa tersebut kita harus pastikan cicilan dapat berjalan dengan lancar jika tidak ingin kehilangan mobil kesayangan, hal tersebut yang harus di pikirkan dengan matang.

Mengenai caranya, untuk dapat mengkredit mobil kini tidaklah terlalu sulit. Bahkan para sales mobil sekarang ini terlihat berlomba untuk mendapatkan konsumen, berbagai cara dilakukan untuk membantu konsumen berhasil membawa pulang mobil pilihannya dengan cara kredit.

Adapun yang harus di perhatikan untuk kita yang berencana mengambil langkah kredit mobil ini adalah sebagai berikut :

Kebutuhan Atau Gengsi

Idealnya di jaman sekarang ini untuk sebuah keluarga memang minimal memiliki kendaraan berupa satu unit motor dan mobil, Sebabnya tidak semua kegiatan di luar rumah bisa di dukung oleh salah satunya, terkadang meski sudah memiliki mobil, karena berbagai hal kita harus menggunakan motor.

kredit mobil

Bagi yang belum memiliki mobil tentunya ini adalah benar-benar sebuah kebutuhan, namun bagi yang melangkah untuk memiliki mobil kedua dan seterusnya, akan ada beberapa kemungkinan. Apakah membeli mobil lagi karena memang terdesak kebutuhan ataukah sebab lain, seperti gengsi. Apapun sebabnya itu adalah pilihan anda masing-masing, dalam hal ini kita harus bisa mengukur kemampuan untuk nantinya menangung beban cicilan.

Berikutnya yang harus di pertimbangkan juga adalah jenis mobil yang di pilih, hal ini masih menyangkut antara kedua hal tadi, kebutuhan atau gengsi. Sebabnya beragam jenis mobil kini bisa di pilih dari yang sederhana hingga mewah, dan tentu saja harga yang akan menjadi patokannya.

Advertisement

Misalnya saya jika keperluan kita untuk memiliki mobil sebagai sarana pulang pergi ketempat kerja di dalam kota saja, jika tidak berkeberatan bisa pilih mobil dari jenis city car yang sekarang ini pemerintah bantu sediakan dengan harga terjangkau seperti mobil berkategori LCGC ( Low Cost Green Car ). Selain harganya terjangkau, perawatannya juga tidak akan terlalu menguras kantong.

Atau jika kebutuhan kita memiliki mobil selain untuk sarana transportasi juga di butuhkan untuk mengangkut barang yang tidak terlalu banyak sebagai kebutuhan usaha misalnya, maka bisa pilih mobil dari jenis MPV ( Multi Purpose Vehicle ) karena memiliki kabin yang cukup luas.

Sebaiknya pertimbangan-pertimbangan seperti diatas lah yang menjadi patokan kita untuk mengkredit mobil, jangan sampai memaksakan kehendak ingin memiliki mobil yang mewah hingga mengabaikan kebutuhan yang di perlukan dan kemampuan membayar cicilan.

Baca juga cara bijak berhemat pengeluaran bulanan

Pilih Baru Atau Bekas ?

Selanjutnya pertimbangkan juga sebelum melakukan kredit mobil, adalah memilih mobil baru atau bekas. Harga akan terpaut cukup jauh, dan tentu saja akan mempengaruhi besaran DP dan juga cicilan bulanan. Sedikit masukan, jika memilih mobil baru, maka kita tidak akan terlalu di pusingkan masalah perbaikan. Seperti yang kita tahu, untuk perbaikan mobil tidaklah cukup dengan dana sedikit, apalagi jika kerusakannya berat.

Maka benar-benar pertimbangkan jika nantinnya kita akan menanggung biaya cicilan setiap bulan, sedangkan kondisi mobil juga membutuhkan perbaikan, maka harus ada biaya ekstra yang harus siap kita keluarkan, dengan memilih mobil baru hal tersebut akan bisa dilewatkan, kita hanya tinggal fokus kepada cicilan yang wajib kita keluarkan.

Kondisi Keuangan

Setelah pilihan mobil terselesaikan, berikutnya harus pertimbangkan kondisi keuangan yang kita miliki, atau persisinya penghasilan bulanan yang bisa kita dapatkan. Karena nantinya pendapatan anda mau tidak mau akan di kurangi untuk cicilan.

Tidak hanya itu, kita pun harus pandai memperkirakan sumber pendapatan bisa mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama, mengingat biaya cicilan akan berjalan bertahun-tahun. Maka sebaiknya pertimbangkan untuk melakukan kredit mobil ini jika benar-benar pendapatan kita telah lancar setiap bulannya.

Selanjutnya pertimbangkan juga pengeluaran jangka panjang yang mungkin harus kita tanggung dalam masa cicilan masih berjalan. Misalnya saja kemungkinan memiliki momongan yang pastinya akan membutuhkan pembiayaan tambahan, atau misalnya biaya anak masuk sekolah dan lain sebagainya. Hal tersebut sebisa mungkin harus di rencanakan sebelum mengajukan kredit mobil.

Baca juga artikel kiat merencanakan tabungan keuangan untuk masa depan