Pertamini, Peluang Usaha Pom Bensin Mini

Wilayah Indonesia yang sangat luas dan pengguna kendaraan bermotor yang semakin banyak, membuat peluang usaha pom bensin mini atau pertamini ini menarik untuk di jalani. Sebabnya meski SPBU resmi pertamina jumlahnya sangatlah banyak dan tersebar di berbagai penjuru, namun peminat pengguna kendaraan terutama motor, untuk mengisi bensin kendaraannya di depot pertamini cukup tinggi.

Salah satu penyebabnya adalah masih belum meratanya pembangunan SPBU, banyak diantaranya daerah-daerah yang jauh dari SPBU memaksa pengguna motor di daerah tersebut untuk memilih membeli bahan bakar di gerai pom bensin mini.

Selain karena terpaksa membeli bensin ke pertamini, kini banyak juga pengguna motor yang sengaja membeli meskipun ada lokasi SPBU pertamina di daerahnya. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, dari kerena kebetulan bensin di motor menipis saat dekat dengan lokasi pom bensin mini, jarang terjadi antrean, hingga jumlah dan kualitas bensin yang di jual di nilai lebih terbuka apa adanya.

Dengan begitu maka peluang usaha pom bensin mini ini bisa menguntungkan untuk kita pilih. Terlebih jika kita memiliki lokasi yang cukup strategis. Pertumbuhan jumlah motor yang besar dan terbilang sangat cepat, akan membuat konsumen pertamini ini semakin bertambah, sehingga ini merupakan sebuah bisnis yang cukup menjanjikan.

Lokasi Berjualan, Penentu Utama

Lokasi bisnis pom bensin mini, adalah faktor yang sangat berpengaruh kepada kelancaran usaha. Poin paling utama untuk pemilihan tempat berjualan tentunya harus berjauhan dengan lokasi SPBU pertamina, jika berdekatan tentu saja tidak ada alasan untuk konsumen mengisi bahan bakarnya di tempat kita.

peluang usaha pom bensin mini

Advertisement

Setidaknya lokasi kita membuka pom bensin mini ini berada minimal di 5 km dari lokasi SPBU terdekat, agar konsumen mendapat pilihan. Apa lagi jika kita memiliki lokasi di daerah yang agak terpencil, akan sangat cocok sekali untuk digunakan membuka usaha pertamini ini.

Selain itu lokasi di jalur-jalur luar kota juga berpotensi untuk di jadikan bisnis pom bensin mini. Karena biasanya SPBU di jalur seperti ini jaraknya cukup berjauhan satu sama lain, pada jeda jarak tersebut bisa kita pilih untuk tempat berjualan bensin eceran.

Baca juga artikel memilih lokasi usaha yang strategis

Tips Sukses Menjalankan Usaha

Calon konsumen peluang usaha pom bensin mini pertamini ini sudah sangatlah banyak, yaitu setiap pengguna kendaraan bermotor yang melewati lokasi usaha kita. Jumlahnya tentunya akan sangat banyak, yang harus kita lakukan adalah bagaimana menarik perhatian mereka untuk membeli bahan bakar motornya ke tempat kita, terutama dalam hal ini yang menjadi pesaing utama adalah SPBU pertamina.

Untuk itulah berikan alasan yang tepat bagi calon konsumen tersebut. Untuk menyaingi fasilitas SPBU resmi tentunya tidak mungkin bisa, modal usahanya saja terpaut jauh berbeda, dari milyaran dengan pertamini yang  hanya bisa di mulai dengan modal beberapa jutaan saja.

Namun kita bisa berupaya dengan memberikan pelayanan yang tidak tersedia di SPBU resmi, seperti misalnya saja bebas antri, terbuka mengenai jumlah literan bensin yang di jual, terbuka mengenai kualitas bensin yang di jual, atau dengan menggabungkannya dengan usaha yang sejenis seperti bengkel, tambal ban dan lain sebaginya. Tentu layanan-layanan ini harus di dukung dengan syarat lokasi usaha pom bensin mini yang strategis seperti yang sudah di bahas di atas.

Baca juga artikel ciri orang akan sukses menjadi pengusaha