Permintaan Kue Kering Lebaran Segera Melonjak

BISNIS KUE KERING LEBARAN adalah salah satu yang akan mendapatkan lonjakan permintaan dari konsumen pada saat moment menjelang hari raya idul fitri tiba. Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, moment tersebut di manfaatkan oleh pelaku usaha kue kering untuk menghasilkan banyak keuntungan. Bahkan kabarnya pebisnis yang sudah berpengalaman di bidang ini mampu menghasilkan omset hingga ratusan juta hanya dari melayani permintaan di waktu lebaran ini.

Memang sangat tidak berlebihan jika dikatakan kue kering pada saat lebaran mengalami lonjakan yang besar, sebabnya mayoritas penduduk di Indonesia merayakan hari raya ini, dan kue kering menjadi makanan favorit yang harus ada di setiap rumah, sebagai hidangan untuk para tamu dan juga kerabat yang datang berkunjung.

Jika anda berminat juga memanfaatkan moment ini untuk berjualan kue kering lebaran, maka persiapkan dari jauh hari sebelumnya mengenai segala sesuatunya agar dapat ikut menghasilkan keuntungan.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menjalankan usaha kue kering lebaran ini, pertama anda bisa menjadi produsen yang memproduksi langsung, atau cara lain yang lebih mudah adalah, dengan menjadi reseller dari pembuat kue kering yang sudah di kenal. Mari kita bahas satu persatu cara menjalankannya :

Menjadi Produsen Kue Kering Lebaran

Untuk dapat memproduksi langsung di butuhkan keterampilan khusus untuk membuatnya, kebanyakan para ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan ini. Kue-kue seperti nastar, putri salju, kastangel keju, lidah kucing, kue kacang  dan sebagainya sebetulnya memiliki bahan utama pembuatan yang serupa, hanya saja yang membedakan salah satunya dari topping,isian serta bentuk kuenya.

Akan di butuhkan beberapa kali percobaan untuk dapat membuat kue-kue ini dengan rasa yang enak dan sempurna, jika anda menggemari kegiatan membuat kue ini tidak ada salahnya untuk mencoba mengarahkan hobi anda untuk menjadi peluang usaha, selain itu untuk menjalankannya juga bisa kita lakukan di rumah dengan memanfaatkan peralatan pembuatan yang sudah ada.

peluang usaha bisnis kue kering lebaran

Jika di rasa kue yang anda buat telah memenuhi syarat, maka bisa lanjutkan pada langkah pemasaran. Pertama yang harus di perhatikan kemasan atau toples, saat ini banyak tersedia di toko-toko bahan kue aneka macam kemasan untuk kue kering lebaran ini, pilih yang menarik dan lengkapi dengan merk buatan anda.

Selain itu harus di perhatikan juga, jika anda ingin memasarkannya secara luas, lengkapi dengan depkes sebagai syarat penjualan produk makanan. Hal ini juga dapat membantu mendapatkan penilaian yang positif dari konsumen.

Sebagai tahap awal bisa pasarkan kue kering kepada relasi, rekan serta tetangga sekitar terlebih dahulu, atau bisa juga dengan cara menitip jualkan kepada toko-toko kue di sekitar lokasi anda. Produk seperti ini jika sudah mendapatkan citra positif dari sebagian kalangan, kabarnya akan sangat mudah tersebar, sehingga akan mudah untuk pengembangan usahanya.

Baca juga artikel Usaha Rumahan Sukses Membuat Aneka Kue

Menjadi Reseller Kue Kering Lebaran

Cara lain untuk ikut terjun kedalam bisnis ini adalah dengan cara menjadi reseller dari pembuat kue kering yang sudah di kenal. Cara ini akan lebih mudah untuk di jalankan, sebagai solusi jika anda tidak memiliki waktu luang untuk memproduksi kue sendiri.

Saat ini banyak produsen kue kering yang bisa di pilih untuk anda pasarkan produknya, dari mulai yang berskala kecil yang umumnya terdapat di setiap daerah, hingga pembuat kue yang merk nya sudah di kenal secara luas. Bisa anda pilih sesuai dengan target konsumen yang anda bidik.

Jika anda ingin lebih praktis lagi untuk menjalankan bisnis ini, bisa cari pembuat kue yang berlokasi di daerah sekitar anda. Dengan begitu tidak akan di repotkan mengenai pengadaan stok barang, dan akan lebih memudahkan jika sewaktu-waktu memerlukan retur barang, baik disebab kurang laku ataupun kadaluarsa.

Terpenting saat memilih produsen pembuat kue kering lebaran, pilih yang produknya memiliki kelebihan. Misalnya kue yang unggul dari segi rasa dan “bermerk”, atau pilih produk yang memiliki keunggulan dari segi harga yang terjangkau. Untuk pemasaran bisa tempuh cara yang sama dengan ulasan di atas, atau jika anda ingin lebih serius menjalankan usaha ini, bisa juga dengan membuka toko khusus yang menjajakan aneka kue kering lebaran.

Baca juga berbisnis kuliner di bulan puasa, ini tipsnya agar dapat untung berlipat

Tips Menjalankan Bisnis Kue Lebaran

Dari ulasan kedua cara berbisnis kue kering lebaran diatas, semuanya dapat berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar saat moment menjelang lebaran nanti. Tentu saja dari segi besaran keuntungan, menjadi produsen yang memperproduksi langsung bisa lebih besar didapatkan.

Selain itu potensi untuk merknya bisa di kenal luas dan menjadi sebuah bisnis yang besar juga sangat memungkinkan. Akan tetapi untuk kelas pemula yang baru akan terjun kedalam bisnis kue kering lebaran ini, tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu dengan menjadi reseller, untuk lebih mengetahui kendala-kendala yang mungkin timbul pada saat pemasaran.

Terahir untuk semakin menggencarkan pemasaran, jangan lupakankan sistim pemasaran secara online. Sebabnya pemintaan kue kering lebaran ini akan melonjak sejak bulan puasa, di bulan tersebut tentunya masyarakat menginginkan kegiatan-kegiatan yang praktis tanpa menguras tenaga, termasuk dalam membeli barang yang di butuhkan. Maka dari itu membeli kue kering lebaran dengan cara online akan lebih diminati, kita bisa mempersiapkan berupa toko online ataupun memasarkannya melalui media sosial.

Baca juga artikel Peluang Usaha Yang Berpotensi Di Bulan Ramadhan