Perjalanan Bisnis Jusuf Kalla Dalam Mencapai Kesuksesan

Sebagai warga Indonesia, anda pasti mengenal sosok berpengaruh di Indonesia yang satu ini, Jusuf Kalla yang saat ini menjadi orang nomor dua di Indonesia dan dikenal sebagai salah seorang yang aktif dunia politik. Setelah pada beberapa periode yang lalu Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK ini juga pernah menjadi wakil presiden Indonesia.

Sebenarnya karir JK tidak dimulai di dunia politik, JK justru memulai karirnya di dunia bisnis. JK memiliki bakat berbisnis dari ayahnya yang keturunan Bugis, yang memiliki bisnis di bawah bendera Kalla Group. JK merupakan anak kedua dari tujuh belas bersaudara pasangan Hajja Kalla dan Athirah.

Di bawah ini adalah sejarah lengkap perjalanan bisnis Jusuf Kalla dalam mencapai kesuksesan dan juga perjalanannya di ranah politik.

perjalanan Bisnis Jusuf Kalla

  • Dilahirkan di Keluarga Pebisnis

Jusuf Kalla atau yang kerap disapa dengan nama JK ini adalah salah seorang putra dari Haji Kalla. Haji Kalla adalah seorang saudagar dari Makassar, yang merupakan keturunan Bugis. Sebelum kiprah JK di dunia bisnis, ayahnya sudah memulai bisnis terlebih dahulu. Kesuksesan Haji Kalla terbukti dari Bisnisnya hingga terbentuk Kalla Group. Pada awalnya Kalla Group merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidak ekspor dan impor.

Advertisement

Hingga sampai saat JK ikut andil di dalam Kalla Group, Kalla Group menjadi sebuah perusahaan yang menggurita, dengan berbagai bidang bisnis di dalamnya. Mulai dari Properti, Telekomunikasi, Kelapa Sawit, Perkapalan dan lain sebagainya.

Kiprah JK meneruskan dan mengembangkan bisnis ayahnya ini mengangkat namanya ke ranah Internasional. Bahkan lebih dikenal dibandingkan ayahnya sendiri.

  • Prestasi Yang Baik

Meskipun dilahirkan di keluarga pebisnis, tidak lantas membuat JK bermalas-malasan dan mengandalkan orang tuanya saja. JK  menunjukkan kualitasnya dengan menjadi berbagai pimpinan dalam dunia usaha. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

  • 1969-2001 : Direktur Utama NV. Hadji Kalla
  • 1969-2001 : Direktur Utama PT. Bumi Karsa
  • 1988-2001 : Komisaris Utama PT. Bukaka Teknik Utama
  • 1988-2001 : Direktur Utama PT. Bumi Sarana Utama
  • 1988-2001 : Direktur Utama PT. Kalla Inti Karsa
  • 1995-2001 : Komisaris Utama PT Bukaka Siagtel International

Banyak hal yang menyertai perjalanan bisnis Jusuf Kalla dalam mencapai kesuksesan, hingga saat ini berkecimpung di dunia politik dan menjadi orang nomor dua di Indonesia. Tentu saja dalam perjalanan bisnis JK mengalami berbagai macam cobaan. Namun kehebatannya telah Ia buktikan dengan apa yang Ia peroleh saat ini.

Selain pebisnis dan juga politikus, JK juga aktif dalam kegiatan sosial. Bahkan setelah masa jabatannya sebagai Wakil Presiden saat bersama SBY, JK memutuskan untuk hengkang dari dunia politik. Hingga Beliau menjadi Ketua Umum PMI periode 2009-1014.

Demikian adalah ulasan mengenai perjalanan bisnis Jusuf Kalla dalam mencapai kesuksesan, semoga ulasan di atas menjadi inspirasi positif untuk anda.

Baca juga artikel belajar berwirausaha dari presiden jokowi