Perbedaan CV Dan PT Yang Perlu Anda Ketahui

Badan usaha yang satu dengan yang lainnya tentu saja memiliki perbedaan jika dilihat dari berbagai sisi begitu pula dengan CV dan PT secara luas tentu saja memiliki banyak perbedaan. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kedua jenis perusahaan tersebut, keduannya memang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Kesamaan yang dimiliki CV dan juga PT ini terletak pada selalu menjadi pilihan utama para pengusaha besar di Indonesia. Diluar dari kesamaan tersebut CV dan PT adalah tetap memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Apa saja perbedaan itu ? berikut ini informasi mengenai perbedaan antara CV dengan PT yang perlu anda ketahui.

Perbedaan Dari Pengertiannya

  • Pengertian CV (Commanditaire Vennootschaap) atau disebut juga Perseroan Komanditer ini adalah suatu persekutuan yang pendirinya terdiri dari satu atau beberapa orang yang melimpahkan uang atau barang kepada beberapa orang yang menjalankan sebuah perusahaan atau bertindak sebagai pemimpin. Jadi di dalam CV ini terdapat sekutu pasif dan sekutu aktif. Sekutu pasif bertugas sebagai pemberi modal sedangkan sekutu aktif bertugas menjalankan perusahaan agar selalu mendapatkan keuntungan.

Baca pengertian CV selengkapnya di artikel Pengertain CV Dan Untung Rugi Menerapkannya Pada Perusahaan

  • Pengertian PT (Perseroan terbatas) adalah badan usaha yang modalnya terbagi atas beberapa saham dan tanggung jawab para pemegang saham ini tergantung dari besarnya saham yang dimiliki. Modal yang didapatkan dari PT ini selain dari saham juga berasal dari obligasi. Jika PT ini mengalami kerugian maka para pemegang tidak bertanggung jawab atas hal tersebut. Namun, jika PT mengalami keuntungan, maka keuntungan tersebut akan dibagikan kepada para pemegang saham sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dilihat dari pengertiannya saja perbedaan CV dan PT sudah jelas cukup terlihat.

Pengertian PT selengkapnya ada pada artikel Pengertian PT Dan Berbagai Macam Jenisnya

Advertisement

Perbedaan Dari Bentuknya

Jika dilihat dari bentuknya perbedaan CV dan PT terletak dari kepopulerannya. Jika PT merupakan perusahaan yang paling diminati dan mendapat peringkat no 1 di Indonesia, lain halnya dengan CV yang menduduki peringkat selanjutnya. Perseroan terbatas termasuk ke dalam bentuk perusahaan yang berbadan hukum, sedangkan persekutuan komanditer tidak berbadan hukum tapi merupakan badan usaha.

Perbedaan Dari Dasar Hukumnya

Untuk dasar hukum pendirian Perseroan terbatas ini diatur dalam Undang-undang, sedangkan untuk Perseroan komanditer tidak memiliki Undang-undang yang mengaturnya. Ini yang menjadi perbedaan CV dan PT yang mudah di bedakan.

Perbedaan Dari Pendirinya

Perbedaan CV dan PT dilihat dari pendirinya yaitu jika para pendiri Perseroan Terbatas harus mengambil sebagian saham dari para pemegang saham ketika mendirikan perseroan terbatas. Maka lain halnya dengan perseroan komanditer karena pendiri CV ini bisa memilih posisi sebagai sekutu yang pasif ataupun yang aktif. Sekutu yang pasif tugasnya hanya bertanggung jawab kepada modalnya saja dan sekutu aktif tugasnya bertanggung jawab penuh atas semua hal termasuk kemungkinan yang akan terjadi terhadap perusahaan.

Perbedaan Dari Nama Perusahaan

Perbedaan CV dan PT selanjutnya yaitu pemilihan nama perusahaan, pada PT ada UU yang mengaturnya yaitu tidak boleh sama atau mirip dengan PT yang sudah ada. Jadi pemilihan nama PT ini harus dipilih secara kreatif agar tidak ada yang menyamainya. Untuk pemilihan nama CV tidak terikat dengan UU sehingga pemilihan namanya bebas dan bisa saja sama atau mirip dengan nama CV yang sudah ada.

Perbedaan Dari Bidang Usaha

PT dapat bergerak di bidang usaha apapun namun CV memiliki keterbatasan dalam menjalankan bidang usaha. Perbedaan CV dan PT yang satu ini membuat CV tidak memiliki ruang lingkup yang luas. Biasanya CV bergerak pada bidang pembangunan, perdagangan, pertanian dan lain-lain.

Itulah beberapa perbedaan CV dan PT yang perlu anda ketahui. Semoga informasi yang disajikan dapat menambah wawasan bagi kita semua.