Pentingnya Membuat Logo Pada Perusahaan

Belum banyak yang mengetahui bahwa logo cukup membantu pada pemasaran produk suatu perusahaan, padahal sebetulnya penggunaan logo dapat mempengaruhi hasil jumlah produk yang dapat dipasarkan. Sebabnya ada sebagian konsumen yang lebih mudah mengingat logo di bandingkan nama atau merk pada sebuah produk baru, itu di karenakan mereka lebih cepat mengenali bentuk dan gambar pada logo.

Maka dari itu dapat kita perhatikan kebanyakan perusahaan besar yang menyadari betul tentang hal ini, selalu mengaplikasikan logo yang menarik dan mudah di ingat pada setiap produk yang di luncurkannya. Itu menjadi sebuah media promosi pengenalan produk brand atau merk kepada konsumen, dengan demikian harapan mereka masyarakat dapat mengenali ciri khas antara produk satu dan yang lainnya.

Misalnya saja dari logo perusahaan PERTAMINA yang begitu sederhana dan simple, hanya membentuk huruf “P” sebagai awalan dari nama perusahaaannya. Tentunya kita semua cepat mengenali jika pada kegiatan sehari-hari melihatnya, bahkan jika hanya ditampilkan logonya saja, tidak berikut nama perusahaannya. Sebelum gambar tersebut menjadi logo pertamina mungkin orang tidak akan mengartikan apapun pada gambar tersebut, berbeda dengan sekarang, yang secara otomatis diri kita sendiri mengartikan bahwa logo “P” itu adalah tempat isi bensin.

Tidak ada salahnya jika kita juga ikut memperhatikan pentingnya logo ini pada usaha kecil yang baru akan kita bangun. Karena meski pangsa pasar kita masih kecil tentunya kita harus memperhatikan profesionalitas sebuah bisnis yang di jalani, bukan tidak mungkin juga nantinya bisnis kita bisa lebih berkembang dan bersaing dengan perusahaan besar lainnya.

Baca juga artikel Strategi Promosi Cara Memasarkan Produk Dan Jasa Yang Baru

Jika anda berniat akan membuat logo untuk produk yang anda jual, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini :

Advertisement
  • Buat Logo Menarik Yang Mudah Di ingat Dan Simple

membuat logo perusahaan

Hindari membuat logo dengan tampilan yang rumit hingga berkesan sulit di ingat apalagi di artikan, akan lebih baik jika gambar tersebut mewakili jenis produk yang kita jual, seperti misalnya minuman coca cola yang membuat logo produknya dengan gambar botol. Atau bisa juga mewakili nama perusahaan seperti contoh ulasan di atas perusahaan pertamina dengan gambar huruf “P” sebagai awalan namanya. Selain itu memberikan kesan sedikit unik pada logo juga akan membuat menarik perhatian konsumen dan juga akan membuat lebih mudah di ingat untuk mereka.

  • Hindari Meniru Logo Lain

Dengan meniru logo perusahaan lain, bisa membuat citra bisnis anda kurang terlihat baik. Karena akan di anggap mendompleng kesuksesan orang lain. Berbeda jika kita hanya mengambil inspirasi dari logo yang sudah ada, lalu di buat dengan kreatifitas sendiri.

  • Jangan Sering Mengganti

Logo perusahaan bisa di kenal karena masyarakat sering melihatnya sehingga mereka tidak merasa asing lagi, jika kita sering mengganti logo pada produk yang kita pasarkan maka tentu saja akan sulit bagi mereka untuk mengenalinya kembali.

  • Buat Gambar Yang Fleksibel di Berbagai Media

Maksudnya adalah, nantinya logo anda akan banyak terpampang pada bermacam-macam alat promosi atau lain-lain, misalnya di kartu nama, kemasan, brosur, spanduk dan masih banyak lagi. Maka oleh sebab itu buat logo yang bisa di terapakan pada beragam media, karena media-media tersebut akan berbeda warna dasar serta ukurannya. Desain gambar dengan warna yang mudah di serasikan dengan warna lainnya, dan juga buat agar tetap menarik meski di cetak dengan berbagai ukuran.

Baca juga artikel Ragam Jenis Usaha Sukses Yang Dijalankan Anak Muda