Pentingnya Izin Depkes Dan Sertifikasi Halal Produk Makanan

Untuk anda yang sedang menjalankan atau baru akan memulai usaha terutama produk makanan, harus di perhatikan Izin depkes (Departemen Kesehatan) dan juga setifikasi halal dari MUI, karena di indonesia semua produk makanan dan minuman wajib memilikinya. Ini akan berpengaruh besar pada kesuksesan dalam memasarkan produk usaha.

Masyarakat kini lebih teliti dalam memilih produk makanan dan minuman, salah satu yang menjadi perhatian konsumen adalah perizinan ini, untuk memastikan bahwa sebuah produk aman di konsumsi. Apalagi produk makanan yang akan mempengaruhi langsung kondisi tubuh manusia, harus benar-benar terjaga agar tidak ada efek yang merugikan, baik dalam efek secara langsung atau yang berefek dalam jangka panjang.

Untuk produk makanan dan minuman hasil olahan perusahaan besar yang umum di konsumsi, masyarakat sebagian besar tidak akan memeriksa lagi karena sudah pasti tertera izin yang lengkap. Namun untuk produk baru pasti akan menjadi perhatian utama, bagaimana keamanan produknya, seperti depkes, sertifikasi halal, kadaluarsa akan di perhatikan konsumen.

Jika produk anda belum memiliki persyaratan tersebut sebainya mulai di selesaikan, karena jika tidak bukan tidak mungkin produk anda akan di tinggalkan konsumen, dan tentu saja kita sendiri yang akan mengalami kerugian. Jika anda berniat untuk membesarkan produk makanan dan minuman agar sukses di pasarkan maka sesegera mungkin perijinan ini di selesikan.

Advertisement

Izin-Depkes Dan Sertifikasi Halal

Cara Pengurusan Perizinan Dari Depkes dan MUI

Semenjak tahun 2000 an ijin Depkes telah dilimpahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota, dan  mengalami perubahan nama yaitu menjadi ijin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Kita tinggal mendatangi kantor dinas kesehatan di kota setempat dan menginformasikan bahwa kita memiliki produk dan akan membuat PIRT. Anda akan di beri formulir dan persyaratan yang harus dilengkapi.

Setelah itu tempat usaha kita akan di survey oleh petugas bagaimana proses pembuatan dari mulai sampai menjadi produk, dan juga akan di perhatikan kebersihan tempat serta peralatan yang di gunakan untuk proses produksi.

Umumnya setelah proses survey membutuhkan waktu sekitar 2 mingguan hingga anda mendapatkan perizinan tersebut. Semua proses dapat dilakukan dengan mudah dan juga gratis.

Serupa dengan mengurus perizinan ke depkes, untuk mendapatkan sertifikasi halal juga proses yang dilakukan hampir sama, hanya tempatnya saja yang berbeda, untuk sertifikasi halal anda bisa mendatangi kantor MUI di kota setempat.

Jika semua izin dan sertifikasi telah dimiliki, anda bisa menjalankan usaha dengan target promosi lebih luas. Dan akan membuat produk anda terlihat lebih profesional di mata konsumen, sehingga di harapkan omset pun meningkat.