Pengusaha Muda Indonesia Yang Menginspirasi

Pengusaha yang menjalankan bisnis di usia muda sangat layak mendapatkan penghargaan yang tinggi, pasalnya di usia tersebut rata-rata seseorang masih memiliki kebiasaan bersenang-senang dan tidak memperdulikan bagaimana mencari uang.

Maka jika ada seorang anak muda yang berhasil mengontrol pengeluarannya dan bahkan sudah mulai mencoba menjalani usaha untuk menghasilkan uang, patut mendapatkan dukungan dari orang di sekelilingnya.

Di usia tersebut ide-ide kreatif dan inovatif umumnya lebih banyak muncul. Pasalnya anak muda memiliki sifat gemar bergaul dan berani mencoba hal yang belum pernah dilakukan, sehingga jika di arahkan ke bidang bisnis akan bisa menciptakan inovasi-inovasi yang baru.

Terbukti saat ini banyak anak-anak muda yang sukses dengan bisnisnya karena ide dan kreatifitasnya yang menarik perhatian pasar. Untuk menjadi inspirasi kita semua, dalam artikel kali ini kami ulas mengenai pengusaha muda Indonesia yang sukses dalam menjalankan bisnisnya.

Pengusaha Muda Indonesia

Nadiem Makarim

Lewat ide barunya menciptakan aplikasi transportasi online GoJek, kini tak terhitung jumlah masyarakat yang dimudahkan dalam melakukan perjalanan dengan transportasi umum untuk berbagai keperluan.

Belum lagi ratusan ribu atau bahkan mungkin jutaan orang terbantu mendapatkan penghasilan setiap harinya dengan menjadi driver GoJek.

Lahir pada tahun 1984 Nadiem Makarim adalah salah satu pengusaha muda yang sukses dalam membangun bisnisnya, GoJek ia bangun dari mulai nol dengan jumlah driver tak lebih dari 20 orang.

Kini Gojek telah menjadi perusahaan startup yang menyandang predikat Decacorn atau perusahaan startup yang memiliki nilai valuasi diatas 10 miliar dollar atau 140 triliun rupiah.

William Tanuwijaya

Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan marketplace Tokopedia. Salah satu pendirinya adalah William Tanuwijaya seorang pria kelahiran tahun 1981 asal Pematang Siantar Sumatera Utara.


Tokopedia ia bangun dengan perjuangan yang tidak mudah hingga bisa menjadi salah satu eCommerce terbesar seperti sekarang. Sebagian dari kesulitan yang di alami adalah sulitnya mendapatkan kepercayaan dari investor untuk menanam modal di perusahaannya.

Namun karena jerih payahnya, sedikit demi sedikit William mampu mendapatkan kepercayaan. Dimulai dari modal kecil yang didapat dari atasan tempat kerjanya hingga perusahaan investor raksasa seperti Softbank, East Ventures, Sequoia dan Alibaba Grup kini turut mendanai Tokopedia dengan nilai yang fantastis.

Tercatat di masa 9 tahun berdirinya Tokopedia, total modal yang di kucurkan dari para investornya telah mencapai 49,3 Triliun Rupiah.

Achmad Zaky

Jika William Tanuwijaya adalah satu satu yang menjadi penentu kesuksesan Tokopedia, maka kompetitor terdekatnya yakni Bukalapak juga cukup sukses menjadi marketplace terbesar di Indonesia lewat upayanya Achmad Zaky yang membangunnya sejak 2009.

Achmad Zaky lahir pada tahun 1986 lulus berkuliah pada tahun 2009 dan langsung bersama beberapa temannya membangun perusahaan rintisan Bukalapak.com. Sebelumnya ia juga sempat melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan namun kandas karena ditolak.

Melihat perusahaannya berpotensi, beberapa investor pun tertarik mendanai bisnisnya bahkan hingga salah satu investornya yakni Softbank asal negara Jepang menawarkan bimbingan untuk mengelola eCommerce dengan benar.

Berbekal pengalamannya tersebut ia jalankan Bukalapak dari nol hingga sekarang telah mampu membukukan nilai perputaran uang di marketplacenya hingga 5 miliar rupiah perharinya.

Ferry Unardi

Masih pada kategori bisnis startup, selanjutnya pengusaha muda asal Indonesia yang bisa menginspirasi dialah Ferry Unardi dengan aplikasi booking hotel ciptaannya Traveloka.

Ferry Unardi merupakan pria asal padang yang lahir pada tahun 1988. Pada awalnya Ferry adalah seorang pekerja di bidang software pada sebuah perusahaan di luar negri dan sama sekali tidak memiliki latar belakang dalam dunia bisnis.

Karena sering bepergian dengan pesawat untuk pulang ke Indonesia Fery merasa ada peluang yang dapat memudahkan dalam pemesanan tiket pesawat. Lalu tercetuslah ide untuk membuat situs pencari tiket pesawat, lalu selanjutnya situs tersebut pun terus berkembang hingga dapat sekaligus memesan tiket penerbangan dan hotel seperti sekarang.

Baca Juga Ragam Jenis Usaha Sukses Yang Dijalankan Anak Muda

Itulah beberapa orang pengusaha muda asal Indonesia yang patut kita jadikan sebagai contoh dalam membangun bisnis. Hampir rata-rata dari mereka memulai bisnisnya dari mulai nol hingga beskala besar bahkan bisa setara kedalam jajaran perusahaan besar kelas dunia.

Semoga Menginspirasi…