Pengoptimalan Aplikasi BBM Untuk Berbisnis

Salah satu aplikasi pada smartphone yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung kegiatan berbisnis adalah aplikasi BBM ( Blackberry Massanger ). Jika dahulu aplikasi ini hanya dapat di nikmati oleh pengguna handphone blackberry, kini tidak lagi. Seluruh smartphone yang menggunakan sistim operasi Android juga iOS bisa ikut menggunakannya juga. Dengan bagitu penggunanya menjadi berlipat-lipat semakin banyak, maka sangat di sayangkan jika dalam bisnis kita tidak memanfaatkannya.

Paling besar manfaatnya dari penggunaan aplikasi BBM ini dapat di rasakan oleh pebisnis online, meski tidak menutup kemungkinan juga bisnis non online bisa memanfaatkannya. Sebabnya aplikasi ini fungsi utamanya adalah untuk sarana berkomunikasi, sehingga setiap jenis usaha pun bisa menggunakannya untuk saling berhubungan dengan siapapun dalam keperluan usahanya.

Namun untuk pebisnis online aplikasi BBM ini bisa menjadi ujung tombak utama dalam mengoptimalkan penjualannya. Para konsumen yang hendak sekedar bertanya ataupun membeli produknya tidak ada pilihan lain selain menggunakan media komunikasi Email, telepon/sms, dan berbagai aplikasi chatting. Dan salah satu aplikasi chatting yang paling banyak penggunanya adalah BBM ini.

Lalu apa sajakah yang bisa di optimalkan dalam menggunakan aplikasi BBM agar bisa membantu meningkatkan penjualan dalam bisnis online ini. Berikut ini beberapa tips nya :

aplikasi bbm untuk bisnis

1. Pisahkan Kontak Khusus Berbisnis

Seringkali kita menggunakan smartphone tidak hanya untuk urusan berbisnis saja, namun jika memungkinkan akan sangat lebih baik jika kita secara khusus menyediakannya. Bagi yang menggunakannya tidak hanya untuk kegiatan berbisnis saja, maka pemisahan kontak antara klien bisnis dan kontak pribadi mutlak di lakukan. Agar memudahkan kita saat melakukan pencarian ataupun akan berpromosi dengan broadcast massage.

2. Cari Kontak Sebanyak-banyaknya

Kontak bagi pebisnis online yang menggunakan aplikasi BBM berarti juga adalah calon konsumen yang berpotensi membeli produk kita. Berarti memperbanyak kontak BBm sama juga dengan memperbanyak calon pembeli, dan membuka peluang untuk menjadi transaksi penjualan juga semakin besar.

Maka sangat penting untuk kita memperbanyak kontak BBM dengan maksimal, cara yang bisa di lakukan beragam, bisa dengan memajang pin BBM kita di berbagai media sosial, pada website toko online, iklan di situs jual beli dan lain sebagainya.

3. Pasang Display Picture (DP) Menarik dan Up to Date

Jika daftar kontak BBM kita telah cukup banyak, selanjutnya kita bisa berpromosi dengan cara memasang DP yang menarik dan up to date. DP ini bisa berupa gambar dan juga teks tulisan, maka penting untuk kita memajang gambar yang bisa menarik minat konsumen dan juga melengkapinya dengan teks tulisan yang bisa menumbuhkan niat untuk membeli.

Seperti dengan memajang DP produk diskon, produk terbaru yang akan di kenalkan dan lain sebagainya. Pada teks tulisan pun kita bisa menambahkan berbagai informasi penting, seperti harga, alamat website, layanan unggulan dan lain-lain.

Kesemua langkah itu harus kita update atau perbaharui secara berkala setiap harinya setiap beberapa jam sekali. Sebabnya DP terbaru akan otomatis di tampilkan pada recent picture atau aktifitas terbaru pada setiap kontak yang kita miliki, sehingga produk kita berpeluang akan sering terlihat dan menjadi pengingat bagi calon konsumen.

Baca juga tips mencari peluang usaha di sekitar kita

4. Broadcast Info Terbaru

Pada aplikasi BBM terdapat fitur Broadcasting massage, artinya kita bisa mengirimkan pesan langsung sekali kirim kepada seluruh kontak yang di pilih. Ini sangat efektif untuk mempromosikan ataupun menginformasikan berbagai kabar terbaru pada bisnis anda.

Misalnya saja jika terdapat produk diskon, produk baru, informasi event, ataupun hanya untukmengingatkan bisnis kita pada setiap kontak, agar apabila mereka membutuhkan bisa langsung menghubungi kita.

Akan tetapi bagi sebagian orang broadcast ini bisa sedikit menggangu aktifitas, karena itu sebaiknya jangan terlalu sering juga kita melakukan hal ini, pilih hanya saat di waktu-waktu orang-orang senggang, seperti pada waktu jam istirahat makan siang, pada saat week end, jam santai di rumah dan lain sebagainya

Baca juga mudah cari uang di internet untuk pemula

5. Buat Group BBM

Pada aplikasi ini juga terdapat fitur membuat group untuk para kontak yang ingin lebih mengetahui secara lebih terperinci mengenai bisnis yang kita jalankan. Dengan begitu kita bisa lebih leluasa memberikan informasi terbaru dengan lebih terperinci kepada mereka anggota group bbm kita.

Demikian beberapa diantaranya tips mengoptimalkan aplikasi untuk mendukung kegiatan bisnis online anda, semoga bisa menjadi masukan…

Baca juga 5 situs jual beli online yang terbaik dan terpercaya