Pengertian Wiraswasta, Contoh Dan Jenis Pekerjaannya

Istilah Wiraswasta sering kita dengar dalam dunia usaha, kerap kali di gunakan sebagai sebutan untuk salah satu profesi seseorang. Kata lainnya yang juga memiliki arti serupa sering kita dengar juga yakni Wirausaha, hanya dengan mendengarnya saja tentu kita sebetulnya sudah bisa menyimpulkan apa arti dari kedua istilah tersebut.

Jika di artikan Wiraswasta adalah hasil penggabungan dari dua kata “wira” dan “swasta”. Wira artinya berani, sedangkan swasta berarti berdiri sendiri. Yang dalam dunia bisnis dapat kita simpulkan, mendirikan usaha sendiri. Pelaku wiraswasta inilah yang biasa di sebut dengan seorang pengusaha atau enterpreneur.

Apapun jenis pekerjaannya serta tidak perduli dengan berapa modal yang di keluarkan untuk mendirikannya, asalkan berdiri sendiri maka layak di sebut wiraswasta.

Pengertian Wiraswasta

Wiraswasta merupakan salah satu profesi yang banyak orang dambakan, pasalnya pekerjaan yang satu ini relatif banyak memiliki kelebihan di bandingkan profesi lain. Salah satunya dalam hal dapat lebih fleksibel mengatur waktu untuk menjalankannya. Tentu saja, karena kita sendirilah sebagai bos alias pemilik usahanya. Meski begitu hasil yang didapat pastinya akan sangat bergantung kepada seberapa besar kerja keras seorang pengusaha itu sendiri.

Advertisement

Berwirswasta dapat menjadi salah satu solusi di tengah sangat terbatasnya lapangan pekerjaan saat ini. Justru dengan memilih profesi ini menjadi dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk orang lain yang membutuhkannya, maka tidak heran pemerintahan pun cukup mendukung untuk menumbuhkan pengusaha-pengusaha baru di berbagai wilayah sehingga bisa meningkatkan nilai perekonomian.

Meski begitu, tidak sedikit juga masyarakat yang masih memiliki keraguan untuk menjalankannya karena berbagai sebab. Diantaranya karena keterbatasan modal dan juga pengetahuan.

Padahal banyak pengusaha sukses mengatakan bahwa modal bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan berhasil tidaknya sebuah usaha. Sedangkan pengetahuan pun akan dapat dimiliki asalkan kita mau mengupayakannya.

Sebagian dari jenis pekerjaan wiraswasta diantaranya adalah berdagang dan jual beli. Contoh kecilnya seperti berdagang pulsa, warung, pakaian, gadget, kuliner dan lain sebagainya. Ada juga berwirausaha dalam bidang jasa seperti jasa service atau perbaikan, pengiriman barang atau ekspedisi dan masih banyak yang lainnya.

Beberapa faktor yang harus di miliki untuk menjalankan pekerjaan ini diantaranya pelaku harus memiliki ide kreatif dalam menyusun perencanaan bisnisnya, yang selebihnya dapat mengupayakan dengan memanfaatkan sumberdaya orang lain untuk menjalankannya.

Selain itu berwiraswasta juga membutuhkan pribadi dan mental yang kuat untuk menghadapi berbagai resiko yang mungkin di alami. Disiplin serta mau bekerja keras secara konsisten juga dapat mendatangkan kesuksesan kepada bidang wirausaha yang dipilihnya.

Sedikit ulasan mengenai pengertian wiraswasta diatas semoga saja bisa memberikan pencerahan untuk kita semua.