Pengertian Viral Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Menjalankan bisnis dengan mengandalkan internet sebagai media untuk pemasaran saat ini sedang sangat diminati, pasalnya pengguna internet jumlahnya tak sedikit ditambah lagi seiring waktu penggunanya juga terus bertambah.

Dengan adanya pengguna yang banyak tentu sangat membuka peluang yang menjanjikan dalam memasarkan berbagai produk ataupun jasa.

Suatu produk yang dipasarkan dengan strategi yang tepat melalui media internet saat ini bisa memungkinkan laku terjual dengan waktu yang singkat serta keuntungan yang sangat besar.

Meski begitu teknik pemasaran melalui media internet bisa dikatakan tidaklah mudah, perlu adanya pengetahuan yang cukup mendalam serta didukung dengan strategi yang benar.

Untuk itu kita juga harus mengenal apa saja teknik-teknik pemasaran yang paling potensial untuk menarik para pengguna internet saat ini.

Dan pada artikel kali ini akan dibahas mengenai salah satunya, yaitu Viral Marketing

Pengertian Viral Marketing

Apa Itu Viral Marketing ?

Viral Marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang dibuat dengan konten menarik sehingga membuat seseorang yang menerimanya terdorong untuk menyebar luaskannya kembali kepada orang lain.

Sebuah program pemasaran viral marketing yang sukses dapat menciptakan jaringan pemasaran yang luas sekaligus berbiaya minim karena konten pemasaran disebarkan kembali secara sukarela oleh setiap orang yang menerimanya.

Manfaatnya tentu saja produk atau jasa yang kita pasarkan akan dapat di minati banyak konsumen dengan cepat.


Teknik viral marketing dapat disamakan juga dengan apa yang disebut sebagai istilah promosi dari mulut ke mulut para konsumen yang telah merasa puas akan suatu produk.

Masih ingat dengan salah satu produk kuliner berupa minuman yang bernama Es Kepal Milo yang ramai dibicarakan beberapa waktu kebelakang ? Itulah salah satu contoh dari bentuk pemasaran viral marketing. Saat tengah menjadi trend, produk ini ramai di beritakan di berbagai media internet dari mulai portal berita hingga media sosial.

Baca Juga Menarik Konsumen Dengan Pemasaran Yang Unik

Memanfaatkan Viral Marketing Pada Bisnis

Saat sesuatu topik tengah menjadi viral, kita dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan dari bisnis yang sedang kita jalankan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan berusaha mengenali sejak dini potensi produk yang akan menjadi trend beberapa waktu kedepan. Saat mengenalinya, segera kita persiapkan produk yang berkaitan dengan topik yang di mungkinkan akan viral tersebut.

Saat waktunya dirasa tepat, kita dapat mulai memasarkan produk melalui berbagai media, bisa secara offline ataupun online.

Di waktu yang bersamaan upayakan juga untuk membuat konten-konten pemasaran yang berkaitan dengan topik yang sedang viral tersebut, dan disebarkan melalui berbagai media internet sepert website atau media sosial sehingga dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja.

Baca Juga Email Marketing Untuk Promosi Bisnis Online

Meski begitu dibalik keuntungannya yang bisa memasarkan barang dengan cepat, teknik viral marketing juga menyimpan beberapa kekurangan. Yang paling akan terasa adalah menurunnya trend dengan cepat, atau bisa dikatakan juga musiman.