Pengertian Vendor Dalam Dunia Bisnis

Sebutan Vendor tentunya sudah tidak asing lagi di sebut-sebut dalam dunia bisnis. Meski mungkin saja sebagian dari kita telah memahami apa itu arti vendor sebenarnya, namun nyatanya tidak semuanya mengerti dan memahami definisi selangkapnya dari sebutan ini.

Untuk itu artikel mengenai mengenal apa itu Vendor berikut ini bisa jadi informasi yang layak untuk diketahui. Selain pengertiannya, disini juga akan dibahas mengenai tugas seorang vendor beserta fungsinya dalam bisnis.

Pengertian Vendor

Apa itu Vendor ?

Vendor adalah salah satu pihak yang mensuplai bahan baku yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau produsen. Bahan tersebut, diperlukan oleh perusahaan tersebut untuk melengkapi proses produksi. Sebutan lain untuk vendor ialah supplier atau dapat juga di sebut distributor.

Tak hanya berupa bahan baku, vendor pun sering kali mensuplai bahan berupa produk setengah jadi hingga berbagai komponen untuk melengkapi pembuatan suatu produk. Selain berbentuk bahan, bentuk lain seperti jasa juga sering kali di kerjakan oleh vendor.

Misalnya saja sebuah perusahaan pembuat ponsel menunjuk perusahaan lain untuk membuatkan komponen LCD sesuai spesifikasi yang dibutuhkan untuk melengkapi produknya. Perusahaan yang membuat LCD tersebut adalah Vendor.


Fungsi Vendor

Fungsi keberadaan seorang vendor bagi sebuah perusahaan adalah sebagai pihak pengadaan bahan yang tidak dimiliki. Memiliki vendor yang handal, bertanggung jawab serta memperhatikan kualitas produk yang diminta perusahaan, tentu saja dapat membuat bisnis menjadi lancar.

Maka dari itu sebuah perusahaan tidak akan sembarangan menunjuk salah satu pihak untuk menjadi vendornya, tak jarang proses kerja pihak vendor juga di awasi secara ketat oleh perusahaan penunjuk. Hal tersebut di lakukan agar pasokan bahan baku ataupun komponen yang di pesan dapat terus berjalan serta memiliki kualitas yang maksimal.

Dapat dikatakan segala sesuatu yang menjadi masalah pihak vendor merupakan masalah pula bagi perusahaan yang menunjuk. Misalnya pada kualitas bahan, distribusi bahan, ketepatan pengiriman dan lain sebagainya.

Baca Juga Data Alamat Supplier dan Grosiran Lengkap Se-Indonesia

Tugas-tugas Vendor

Saat salah satu pihak telah di tunjuk untuk menjadi vendor oleh sebuah perusahaan, tentu saja tugas yang paling utama adalah dapat memenuhi segala permintaan yang di inginkan oleh perusahaan.

Baik dalam hal memenuhi standar kualitas produksi, memenuhi deadline atau tenggat waktu yang di berikan perusahaan, hingga memberikan harga yang bersaing dengan kompetitor dan lain sebagainya.

Memberikan pelayanan yang maksimal kepada perusahaan menjadi poin penting yang harus di jaga oleh seorang vendor. Pasalnya maju mundurnya perusahaan akan berdampak secara langsung kepada vendornya juga.