Pengertian Startup Dan Contoh Bisnisnya Di Indonesia

Ahir-ahir ini kita sering mendengar istilah Startup dalam dunia bisnis di Indonesia, sebetulnya apa sih arti dari istilah tersebut ?

Pengertian startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja di bangun atau dalam masa rintisan, namun tidak berlaku untuk semua bidang usaha, istilah startup ini lebih di kategorikan untuk perusahaan bidang teknologi dan informasi yang berkembang di dunia internet.

Jenis bisnisnya bisa beragam, misalnya seperti pengembang aplikasi, sistim pembayaran, jasa, perdagangan dan lain sebagainya.

pengertian startup dan contoh bisnisnya

Di Indonesia sendiri karena perkembangan dunia internet yang sedang pesat-pesatnya, membuat bisnis startup ini semakin banyak bermunculan. Menurut beberapa sumber bahkan jumlah startup lokal saat ini sudah mencapai ribuan, dan tentunya setiap saat masih akan terus bertambah.

Bagaimana dengan peruntungannya ?

Sebetulnya istilah bisnis startup ini sudah ada sejak dari ahir tahun 90 an, dan salah satu contoh startup lokal yang sudah dikenal dan sukses salah satunya pasti kita semua kenal yaitu kaskus. Dengan terus berkembangnya dunia internet hingga sekarang ini, maka semakin banyak juga pelaku bisnis lain yang tertarik dan mulai mendirikan startupnya.

Dengan begitu, tentunya tidak menutup kemungkinan jika kedepan akan bermunculan juga startup-startup sukses lainnya karena di dorong dengan semakin populernya dunia maya di masyarakat kita sekarang ini.

Contoh Startup Lokal Yang Kini Populer

Selain kaskus, contoh lain dari startup lokal yang sekarang ini sudah berhasil sukses dan cukup populer diantaranya adalah

  • Bukalapak

Bukalapak saat ini menjadi salah satu situs jual beli terbesar di Indonesia, didirikan oleh Achmad Zaky yang berasal dari sragen Jawa Timur.

Salah satu layanan yang membuat startup ini di sukai adalah adanya sistim pembayaran yang aman dalam bertransaksi, dimana pembayaran dari pembeli tidak akan langsung di terima penjual, melainkan di tampung sementara di bukalapak, setelah barang di terima dengan baik, barulah penjual bisa melakukan pencairan.

  • Gojek

Tidak perlu diragukan, pastinya pembaca semua sudah mengetahui startup yang satu ini. Go-Jek adalah salah satu startup Indonesia yang pertumbuhannya paling cepat dan paling populer. Bidang utamanya bergerak di bisnis transportasi dan jasa kurir.

  • Tiket.com

Sesuai dengan namanya Tiket.com adalah sebuah startup yang menawarkan jasa pembelian reservasi tiket secara online dengan mudah. Didirikan pada tahun 2011 kini tiket.com mulai berencana mengembangkan bisnisnya hingga keluar Indonesia. Diantaranya Hongkong, Australia, China dan Malaysia kawasan yang akan menjadi sasaran memperluas cakupan pemasarannya.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian startup dan contoh bisnisnya Indonesia, semoga bermanfaat..

Baca juga arti dan penjelasan cod dalam jual beli online