Pengertian SOP, Contoh dan Penerapannya Dalam Bisnis

Istilah SOP atau singkatan dari kata Standard Operating Procedure tentu sudah sering kita dengar dalam berbagai kesempatan, namun tahukah anda apa itu pengertian dari SOP ? juga maksud dan tujuannya dibuat SOP ?

SOP adalah serangkaian panduan langkah kerja tertulis yang dibuat untuk pedoman mengerjakan berbagai tugas agar dapat diselesaikan dengan efektif, berkualitas. serta konsisten.

SOP tidak hanya dapat diterapkan dalam bidang bisnis melainkan dapat diterapkan di berbagai organisasi, instansi, dan lain sebagainya.

Pengertian SOP

Maksud dan Tujuan dibuatnya SOP dalam Bisnis

Dalam bidang bisnis SOP sangat penting untuk diterapkan oleh setiap perusahaan, tidak hanya berlaku untuk perusahaan besar melainkan bidang usaha dengan skala kecil hingga menengah pun sangat penting untuk menerapkan sistim kerja berdasarkan SOP demi kelancaran usahanya.

Seringkali bisnis kecil meremehkan hal ini, padahal dengan adanya Standart Operating Procedure ini tahap-tahap pekerjaan nantinya dapat di ikuti para karyawan dengan jelas. Imbasnya berbagai tugas dapat dikerjakan dengan lebih efektif dan efisien.

Karena tahap-tahap pekerjaan dalam sebuah perusahaan dilakukan dengan sistematis melalui SOP, maka hasil produksi pun bisa dihasilkan lebih maksimal dengan kualitas yang konsisten setiap saat.

Contoh Penerapan SOP dalam Perusahaan

Setiap perusahaan yang saat ini sukses sudah pasti mereka menerapkan sistim kerja dengan SOP yang sistematis dan selalu di taati dengan disiplin oleh setiap karyawannya.


Sebagai contoh misalnya pada sebuah perusahaan makanan cepat saji ternama yang dapat kita temui di kota-kota besar. Mereka menerapkan prosedur standar dalam pembuatan setiap menu yang ditawarkannya, sehingga tak mengherankan jika cita rasa hingga tampilan sajian yang dibuatnya selalu konsisten di berbagai gerai yang dimilikinya.

Berapa gram bumbu yang perlu di gunakan, bagaimana standar bahan baku, patokan tingkat kematangan masakan, hingga prosedur penyajian, pastinya sudah dibuat sedemikian rupa agar menghasilkan produk yang berkualitas.

Bagaimana Cara Membuat SOP yang Benar ?

Lalu bagaimana cara membuat SOP yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal, berikut tahapan-tahapannya :

  • Mempelajari Proses Kerja Perusahaan

Mengetahui bagaimana proses kerja di sebuah perusahaan mutlak wajib diketahui jika ingin membuat SOP yang sistematis. Baik dalam proses produksi, mengelola karyawan, menejemen keuangan dan lain sebagainya.

  • Mempersiapkan Tim untuk Membuat SOP

SOP sebaiknya dibuat secara bersama-sama oleh sebuah tim khusus dari masing-masing pos atau divisi. Misalnya dari bagian pengadaan bahan baku, bagian produksi, pengelola stok, pemasaran, promosi dan lain sebagainya.

  • Bila Perlu Gandeng Ahli yang Berpengalaman

Saat tim pembuat SOP tidak ada yang paham benar dalam menyusun suatu tugas,  maka tidak ada salahnya untuk mencari referensi dari pihak lain yang lebih ahli dan berpengalaman.

  • Jalankan dan Evaluasi SOP

Saat SOP telah selesai di buat kita bisa segera terapkan dalam situasi sebenarnya. Untuk tahap awal hendaknya lakukan evaluasi secara menyeluruh untuk menemukan kemungkinan ketidaksesuaian atau masalah yang mungkin terjadi, selanjutnya kita dapat memperbaiki kembali hingga didapat sistim SOP yang paling efektif.

Baca Juga Pengertian Omset dan Profit Dalam Bisnis

Dalam jangka waktu tertentu secara rutin kitapun harus senantiasa memantau bagaimana SOP yang telah dijalankan, bukan tidak mungkin karena perkembangan dunia usaha kita pun perlu memperbaharui SOP yang sudah ada agar lebih sesuai.