Pengertian Proposal dan Jenis-jenisnya

Sering mendengar kata Proposal ? atau mungkin saat ini anda sedang menerima atau pun sedang akan membuat sebuah proposal ?

Sebelumnya apakah anda sudah mengetahui apa itu arti dari proposal ?

Jika belum mengetahuinya di artikel berikut kami akan ulas mengenai apa itu proposal, tujuan dan juga beberapa jenis proposal yang umumnya sering kita temui diberbagai kegiatan.

Pengertian Proposal

Pengertian Proposal dan Tujuan Membuatnya

Pengertian Proposal adalah susunan rencana berbentuk surat yang dibuat untuk menjalankan sebuah acara atau suatu kegiatan tertentu.

Sedangkan tujuan mengapa kita perlu membuat proposal adalah sebagai upaya untuk mendapatkan kesepakatan dari pihak tertentu atau sebagai permintaan dukungan dana untuk mensukseskan kegiatan yang akan dijalankan.

Dalam sebuah proposal umumnya akan di uraikan apa saja rencana kegiatan yang akan dilakukan secara terperinci.

Dan jika di tujukan untuk menggalang dana, dalam proposal juga biasanya akan di tuliskan rincian biaya-biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan tersebut.

Tidak hanya berupa susunan rencana sebuah kegiatan, dalam proposal umumnya juga akan di uraikan susunan panitia yang akan terlibat seperti penanggung jawab acara, ketua pelaksana, sekertaris, bendahara dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Proposal

Jenis proposal yang umumnya sering kita temui diantaranya adalah proposal kegiatan, proposal usaha, proposal proyek dan proposal penelitian.

Proposal kegiatan dibuat untuk mengajukan sebuah rencana acara seperti misalnya seminar, pelatihan, perlombaan, dan lain sebagainya.

Proposal usaha merupakan sebuah pengajuan seputar kegiatan dalam dunia bisnis seperti rencana pengembangan usaha, pengajuan modal kepada investor, step-step rencana kerja dan lain sebagainya.


Proposal proyek umumnya di gunakan untuk menjelaskan bagaimana rencana kerja yang dilakukan untuk mengerjakan sebuah proyek.

Proposal penelitian di buat untuk mengajukan sebuah kesepakatan kepada perseorangan atau instansi tertentu dalam mengadakan sebuah penelitian.

Unsur-unsur Yang Ada Dalam Proposal

Sebuah proposal tidak di buat secara sembarangan namun didalamnya harus ada unsur-unsur tertentu hingga bisa di sebut menjadi sebuah proposal.

Beberapa unsur yang harus ada tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tempat dan Waktu di adakannya Acara

Lokasi serta kapan persisnya waktu akan diadakannya sebuah acara atau kegiatan yang di rencanakan pada proposal haruslah jelas tidak boleh masih berupa perkiraan agar pihak yang ditujukan untuk menerima proposal dapat mengetahuinya dengan jelas.

  • Tujuan Acara

Tujuan diadakannya sebuah acara yang tertuang dalam proposal harus juga di uraikan dengan jelas. Termasuk didalamnya juga menjelaskan tema dari acara serta alasan mengapa acara tersebut akan di adakan.

  • Urutan Acara

Beberapa proposal yang lebih mendetail seringkali juga menuliskan urutan atau susunan acara yang akan diadakan untuk memberikan gambaran yang jelas kepada pihak yang akan diaja bekerja sama.

  • Susunan Struktur Panitia Acara

Tidak kalah penting siapa saja orang-orang yang akan menjadi panitia dari sebuah acara dalam proposal juga perlu di cantumkan dengan jelas.

  • Perkiraan Anggaran Biaya

Meski masih berupa perkiraan secara kasar kebutuhan anggaran biaya untuk menjalankan acara perlu di sertakan dalam sebuah proposal. Terlebih jika pembuatan proposal tersebut adalah sebagai upaya untuk penggalangan dana.

Baca Juga Tips Membuat Proposal Usaha Secara Profesional

Itulah sedikit pemaparan kami menganai apa itu pengertian dari proposal dan juga tujuan serta jenis-jenis proposal. Semoga bisa menjadi tambahan informasi yang bermanfaat untuk ada yang saat ini tengah menerima atau akan membuatnya.