Pengertian Distributor Serta Perbedaannya dengan Agen dan Suplier

Pastinya pembaca semua sudah tidak asing lagi dengan istilah distributor, terlebih bagi anda yang tengah berkecimpung dalam dunia usaha. Namun apakah anda sudah mengetahui pengertian sebenarnya dari istilah distributor ini ?

Agar tidak salah menafsirkan, karena ada juga beberapa istilah lainnya yang sebutannya berbeda akan tetapi pengertiannya hampir sama seperti istilah Agen dan suplier. Mereka semuanya secara sekilas memiliki tugas yang sama yaitu memasarkan produk.

Lantas dimana letak perbedaannya ?

Agar dapat membedakan dengan mudah, berikut ini adalah pengertian masing-masing dari istilah diatas.

Pengertian Distributor

Pengertian Distributor

Distributor adalah pemasar produk dari produsen langsung tanpa melalui perantara lain, produk yang ada pada distributor ini sama sekali tidak mengalami pemrosesan lagi atau secara utuh langsung dipasarkan kembali kepada pembeli.

Dengan begitu distributor menjadi tangan pertama setelah produk diproduksi oleh produsen. Tidak mengherankan jika umumnya produk ditangan distributor memiliki harga jual yang paling murah dipasaran.

Advertisement

Distributor sendiri mengandalkan quantity jumlah order yang banyak untuk menghasilkan keuntungan. Karena biasanya semakin banyak pesanan produk yang dibeli dari produsen, harganya pun bisa didapatkan lebih murah. Meski mungkin saja nilai keuntungan dari per satu barang sangat kecil, namun karena bermain dalam partai besar hasil ahir yang didapatkan pun nilainya menjadi besar.

Untuk menjadi seorang distributor tidaklah mudah karena produsen umumnya menetapkan berbagai syarat yang harus diterapkan, seperti minimal pembelian, lokasi pemasaran hingga harga jual. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang secara eksklusif menunjuk langsung pihak untuk dijadikan distributornya, sehingga pihak lain tidak mungkin bisa mengajukan.

Baca Juga Pengertian Sistim Penjualan Konsinyasi

Pengertian Agen

Agen adalah pihak selanjutnya dari distributor, karena distributor tidak menjual produknya dengan jumlah sedikit maka agen yang menjadi perantara antara distributor ke pengecer atau retailer. Untuk memesan produk kepada agen tidak harus sebanyak memesan langsung kepada distributor, namun begitu tentunya harga produk ditangan agen menjadi sedikit lebih tinggi.

Pengertian Suplier

Jika Agen dan distributor memiliki cara kerja yang hampir sama, lain halnya dengan suplier. Meski sama-sama memasarkan produk, namun produk dari suplier adalah berupa barang belum siap jual atau masih berupa bahan mentah. Jadi suplier ini umumnya menjadi seorang pemasok bahan kepada produsen atau perusahaan pembuat suatu produk.

Baca Juga Arti Sistem Dropship Dan Reseller di Bisnis Online Shop

Itulah pengertian dari istilah distributor, agen dan juga suplier. Dengan mengetahui pengertiannya tentu anda kini dapat dengan mudah melihat perbedaan diantara ketiga pihak diatas. Semoga bermanfaat…