Pengertian Dan Cara Membuat NPWP

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak sekarang ini telah menjadi barang penting yang harus dimiliki setiap orang. Banyak aktifitas yang menjadikan npwp sebagai syarat utama agar bisa dilakukan, seperti membuka rekening bank, mengajukan pinjaman, membuat paspor, hingga sebagai syarat untuk diterima bekerja di beberapa instansi pemerintahan.

Pengertian NPWP sendiri adalah, kartu identitas yang melekat pada seseorang sebagai identifikasi untuk menunaikan kewajiban membayar pajak kepada negara. Dengan memilikinya, identitas kita tercatat di kantor perpajakan sehingga memudahkan dalam hal pengawasan. Selain itu dengan adanya NPWP kita pun akan lebih mudah untuk mengetahui berapa besaran pajak yang harus dibayarkan.

Untuk membuatnya sekarang ini cukup mudah dilakukan, untuk NPWP Pribadi bahkan dapat dilakukan melalui internet, sehingga pemohon dapat melakukannya dengan praktis. Namun begitu, proses melalui internet ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan secara langsung kita datang ke kantor pajak.

Pengertian Dan Cara Membuat NPWP Terbaru

Cara Membuat NPWP Secara Online

Cara membuat NPWP pribadi secara online bisa dilakukan dengan mengunjungi situs https://ereg.pajak.go.id/login. Sebelumnya persiapkan terlebih dahulu berbagai dokumen yang akan diperlukan seperti KTP, data-data seperti alamat domisili, besaran gaji dan jumlah tanggungan. Data-data tersebut nantinya akan di perlukan saat mengisi formulir permohonan.

Setelah mengakses situs diatas, anda akan diminta data login berupa email dan pasword. Jika belum memilikinya bisa klik daftar. Selanjutnya akan diminta alamat email untuk pendaftaran, isi dengan benar dan ikuti petunjuk aktifasi yang akan dikirimkan ke email yang terdaftar.

Proses selanjutnya pun tinggal mengisi berbagai formulir seperti identitas, data penghasilan, pekerjaan, dan alamat tempat tinggal. Isi setiap data dengan lengkap dan benar hingga proses seluruhnya selesai. Jika semua sudah dilakukan dengan benar, NPWP bisa didapat dengan dikirimkan melalui jasa pengiriman ke alamat tujuan.

Untuk langkah yang lebih detail bisa kunjungi artikel berikut langkah mudah membuat npwp secara online

Cara Membuat NPWP Ke Kantor Pajak

Kelebihan membuat NPWP secara langsung dengan mendatangi kantor pajak ialah waktu pemprosesan yang akan jauh lebih cepat, jika dalam hari kerja proses ini dapat diselesaikan hanya dengan waktu 1 hari saja. Selain itu untuk membuat NPWP ini juga dapat dilakukan sendirian, tidak memerlukan konsultan ataupun jasa pengurusan lainnya.

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP), namun perlu diperhatian kantor pajak yang didatangi harus sesuai area domisili pemohon yang tertera di KTP. Jika di luar area tersebut, anda harus melengkapinya dengan surat keterangan tempat tinggal dari pemerintahan setempat.

Baca juga :

Adapun dokumen persyaratan yang harus dibawa saat akan melakukan permohonan NPWP pribadi diantaranya adalah Fotokopi KTP ( Warga negara Indonesia ) dan Fotokopi Paspor. Dokumen tersebut selanjutnya diserahkan kepada petugas bersama formulir pendaftaran. Selanjutnya tinggal tunggu proses yang umumnya berlangsung selama satu hari kerja. Perlu diketahui untuk membuat NPWP ini pemohon tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis hingga identitas pajak didapat.