Pengertian CEO Dan Tugas Yang Harus Dikerjakannya

Pada berbagai kesempatan, seringkali kita mendengar istilah CEO disebut pada topik-topik seputar bisnis dan perusahaan. Tentu kebanyakan dari kita telah mengenal sebutan tersebut adalah menerangkan akan suatu jabatan pada sebuah perusahaan. Namun secara detail sudahkah mengetahui pengertian dari CEO ini dan apa pula tugas mereka dalam menjalankan suatu perusahaan.

Chief Executive Officer yang menjadi singkatan dari CEO adalah sebuah jabatan eksekutif tertinggi yang bertanggung jawab penuh atas berjalannya perusahaan. Tugasnya meliputi seluruh kegiatan, dari mulai membentuk visi dan misi, menentukan strategi, hingga memanajemen perusahaan secara keseluruhan.

Dalam istilah lain, CEO seringkali disamakan dengan seorang Presiden Direktur ataupun Direktur Utama. Namun terkadang ada juga sebuah perusahaan yang memiliki presiden direktur dan CEO dengan orang yang berbeda, dalam hal ini bisanya presiden direktur akan bertindak sebagai pengevaluasi proses berjalannya perusahaan.

Posisi ini merupakan salah satu yang menentukan berjalan dengan baik atau tidaknya suatu perusahaan. Dan mereka pun bisa menyebabkan gagal atau suksesnya suatu perusahaan. Oleh sebab itu jabatan tersebut tidak bisa dijalankan dengan main-main, membutuhkan orang yang benar-benar paham dan berpengalaman pada bidang yang dijalankan.

Seorang CEO harus bisa menjadi pemimpin para bawahannya untuk menjalankan tugas masing-masing, sekaligus juga harus mampu membangkitkan semangat agar bisa bekerja lebih baik. Mereka juga harus ahli dalam menentukan posisi jabatan lain yang berpengaruh penting pada perusahaan. Kewenangan merekrut atau mengeluarkan karyawan pun sepenuhnya berada pada kontrol sang CEO, sehingga mereka bisa menciptakan sebuah tim perusahaan yang solid untuk mencapai target yang diharapkan.

Advertisement

Beberapa contoh CEO yang sukses menggawangi perusahaannya diantaranya seperti Mark Zuckerberg yang pastinya sudah sering kita dengar, beliau adalah CEO sekaligus Founder sosial media ternama Facebook yang berasal dari Amerika. Untuk perusahaan lokal misalnya saja ada Achmad Zaky yang juga menjadi pendiri sekaligus CEO marketplace Bukalapak.com yang saat ini populer di tanah air. Selain mereka tentunya masih banyak lagi contoh lain dari berbagai bidang perusahaan.

Baca juga artikel :

Dengan beratnya tanggung jawab yang di pikul seorang CEO tidak mengherankan juga jika dalam suatu perusahaan mereka menjadi penerima imbalan atau gaji tertinggi dibandingkan posisi-posisi lainnya. Pada skala perusahaan ternama di Indonesia saja kabarnya ada yang gajinya mencapai lebih dari 20 milyar pertahunnya.

Sedikit ulasan mengenai pengertian CEO berikut semoga bisa menambah wawasan kita semua…