Pengertian Cashback dan Contohnya

Sudah menjadi kebiasaan konsumen dalam menentukan barang yang akan dibeli selain melihat kualitas barang dan harganya, program promo yang diberikan juga turut andil dalam menjatuhkan pilihan. Tak heran jika penjual barang ataupun jasa saat ini semakin gencar berpromosi dengan cara memberikan diskon ataupun cashback dan promo-promo lainnya untuk bisa menggaet banyak pembeli.

Jika program diskon sudah cukup sering kita dengar, bagaimana dengan cashback ? apakah anda sudah mengetahui apa itu arti cashback sebenarnya ?

Istilah ini merupakan gabungan dari dua kata yaitu Cash dan Back, yang mana jika diartikan, Cashback adalah sebuah program promosi berupa pengembalian dana setelah konsumen melakukan pembelian dengan syarat tertentu yang telah ditetapkan oleh penjual.

Misalnya, cashback sebesar 10 persen dengan syarat minimal belanja sebesar 200 ribu. Ini berarti jika kita membeli barang dengan total nilai belanja 250 ribu kita akan mendapatkan pengembalian uang sebesar 25 ribu (10 persen dari 250 ribu).

Program promosi jenis ini semakin populer setelah maraknya perusahaan e-Commerece bermunculan seperti sekarang.

Namun dalam pembelian sistim digital seperti ini cashback yang kita dapatkan bukannya berupa uang yang dapat kita belanjakan kembali dimana saja, melainkan pengembalian pada umumnya diberikan berupa uang virtual atau poin yang hanya dapat dibelanjakan di tempat yang telah ditentukan. Seperti untuk dibelanjakan kembali di tempatnya, atau di merchant yang bekerja sama.

Pengertian Cashback

Contoh-contoh CashBack

Cukup banyak pelaku bisnis dijaman sekarang yang memberikan program ini sebagai cara untuk berpromosi agar bisa bersaing dengan para kompetitornya. Untuk semakin memperjelas pengertian cashback, berikut ini adalah beberapa contoh yang banyak diterapkan.

  • Cashback Tempat Belanja Online

Menjadi salah satu yang mempopulerkan program ini, sekarang tempat belanja online sebagian besar menerapkan promo ini untuk para pelanggannya. Terutama marketplace belanja online besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya.


Cashback di tempat seperti ini umumnya diatur agar dana yang dikembalikan hanya dapat dibelanjakan di tempatnya lagi untuk pembelian selanjutnya atau digunakan di perusahaan partnernya yang bekerja sama.

  • Cashback Aplikasi Pembayaran Digital

Beragam aplikasi pembayaran digital yang banyak bermunculan sekarang ini seperti OVO, DANA, GOPAY dan sebagainya tidak luput menawarkan program kembalian untuk para penggunanya. Hingga tidak sedikit masyarakat yang tertarik menggunakan aplikasi pembayaran tersebut karena gencarnya program cashback yang diberikan.

Untuk menikmati promo yang diberikan pengguna diharuskan menggunakan aplikasi pembayarannya untuk berbelanja di merchant-merchant yang bekerja sama.

  • Cashback Kartu Kredit

Hampir mirip dengan aplikasi pembayaran, pada beberapa kartu kredit juga terdapat promo cashback yang dapat dinikmati para penggunanya.

Pada umumnya promo ini berlaku jika pengguna menggunakan kartu kreditnya di outlet-outlet tertentu dan sesuai syarat ketentuan bank penerbit kartu.

Pada kartu kredit dana pengembalian bisa didapatkan pengguna pada beberapa waktu kedepan atau bulan berikutnya dari tanggal transaksi pembelian.

  • Cahsback Pembelian Properti

Sebenarnya sebelum banyak perusahaan E-commerece hadir menerapkan trik promosi seperti ini, para developer atau pengembang properti sudah lebih dahulu menawarkan promo ini kepada para calon konsumennya.

Pemberian Cashback dalam pembelian properti pada umumnya akan dikonversikan menjadi potongan harga unit properti yang dibelinya. Misalnya membeli rumah seharga 200 juta dengan program kembali uang sebesar 10 juta, maka total pembayaran yang harus ditanggung konsumen nantinya hanya sebesar 190 juta.

  • Cashback Pembelian Kendaraan

Serupa dengan program pengembalian dana di pembelian properti, dalam pembelian kendaraan bermotor juga sering kali kita temui program seperti ini. Nilai dana yang dikembalikan pada umumnya juga akan dikonversikan menjadi potongan harga pokok kendaraan tersebut.

Selain menjadi potongan harga uang yang dikembalikan juga bisa dalam bentuk barang yang bisa didapat secara langsung oleh konsumennya. Misalnya berupa barang elektronik seperti Handphone, Laptop, Televisi dan lain sebagainya.

Baca juga Cara Menghitung Persen: Diskon Produk dan Bunga Bank

Itulah ulasan mengenai pengertian cashback dan juga beberapa contohnya. Dengan banyaknya program promo seperti ini tentunya kita sebagai konsumen dapat lebih diuntungkan karena bisa mendapatkan pengembalian uang setelah berbelanja.