Pengertian Bisnis E-commerce Beserta Contohnya

Saat ini perkembangan bisnis secara global cukup pesat terjadi, hal ini berkaitan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, khusunya internet. Dari perkembangan internet yang luar biasa, memunculkan system bisnis yang potensial, yaitu E-commerce.

Secara umum Ecommerce adalah sebuah aktifitas bisnis yang dilakukan melalui internet. Bisnis semacam ini menjadi bisnis yang sangat potensial, faktanya saat ini internet sudah menjadi sebuah kebutuhan yang luar biasa diutamakan. Berbagai kegiatan bisa dilakukan melalui internet, dengan adanya internet juga segala sesuatu menjadi lebih mudah dikerjakan, terlebih juga kini akses untuk internetan menjadi semakin cepat.

Bisnis E-commerce dibedakan lagi menjadi beberapa jenis, dan berikut ini adalah penjelasan serta contoh-contohnya.

Pengertian Bisnis Ecommerce dan contohnya

Jenis Dan Contoh Bisnis Ecommerce

  • E-commerce C2C ( Customer to Customer )

Salah satu jenis bisnis di internet yang menggunakan sistem E-commerce C2C adalah website marketplace. Marketplace adalah salah satu jenis bisnis E-commerce yang menyediakan fasilitas berupa tempat transaksi uang ke customer dan juga sebagai tempat promosi. Secara garis besar marketplace menyediakan fasilitas untuk penjual.

Beberapa contoh website marketplace adalah Flippa, oDesk, eBay dan lain sebagainya. Situs-situs marketplace di Indonesia juga tidak kalah banyak, seperti Tokopedia, Elevania dan lain sebagainya.

Advertisement
  • E-commerce Business to Business (B2B)

Bisnis E-commerce berikutnya adalah E-commerce B2B. Bisnis E-commerce yang satu ini biasanya dilakukan oleh dua pihak yang sama-sama memberikan keuntungan, biasanya bisnis ini bersifat berkelanjutan. Contoh system dari bisnis E-commerce Business to Business adalah dua perusahaan yang saling melakukan transaksi jual beli.

  • E-commerce B2C ( Business to Costumer )

Bisnis E-commerce B2C adalah sebuah bisnis dari perusahaan ( Penyedia jasa atau produk ) langsung dengan konsumen. Di Indonesia sendiri bisnis jenis ini cukup popular, salah satu contohnya adalah online shop dimana pembeli bisa langsung berkomunikasi dan bertransaksi dengan penjualnya.

Itulah ketiga jenis bisnis E-commerce yang mulai di temui di Indonesia, ketiga jenis bisnis di atas memang menjadi bisnis E-commerce yang paling popular. Namun selain tiga bisnis di atas, masih ada juga bisnis E-commerce yang lain, seperti Shopping Mall dan lain sebagainya.

Baca juga syarat sukses menjalankan bisnis online

Manfaat Bisnis E-commerce

Bisnis ini memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk penjual maupun pembeli. Di bawah ini adalah beberapa manfaat bisnis E-commerce.

  • Lebih Cepat dan Mudah Mencari Produk

Jelas, akses internet sangat luas, cepat dan detail. Anda bisa melakukan pencarian dengan cepat dan tepat.

  • Menghemat Waktu dan Biaya Perjalanan

Keuntungan yang lainnya, anda bisa menghemat waktu karena tidak perlu mengunjungi secara langsung. Tidak ada biaya perjalanan kecuali ongkos kirim barang.

  • Bisa diakses kapan saja dan dimana saja

Melalui internet, dunia hanya berada di ujung jari anda. Demikian halnya dengan E-commerce, anda bisa menjalankannya dimanapun dan kapanpun.

  • Pembayaran lebih mudah.

Pembayaran di E-commerce sangat mudah dan efisien. Namun anda perlu memastikan kredibilitas dari penjual yang anda pilih.

Demikian adalah pengertian bisnis E-commerce beserta contohnya dan juga sedikit ulasan mengenai manfaatnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

Baca juga pengertian startup dan contoh bisnisnya di indonesia