Pengertian Biogas dan Analisa Prospek Peluang Bisnisnya

Kebutuhan manusia akan gas bumi semakin meningkat dari waktu ke waktu. Padahal, ketersediaan gas bumi ini justru semakin menipis dari waktu ke waktu. Lalu bagaimana cara manusia bisa mencukupi kebutuhannya tersebut nanti saat gas bumi ini habis ?

Saat ini, telah ditemukan sebuah gas yang dihasilkan dari proses anaerobik atau fermentasi bahan organik. Dimana bahan-bahan organik tersebut antara lain adalah kotoran hewan.

Proses fermentasi kotoran hewan maupun kotoran manusia tersebut dilakukan karena dengan adanya dua unsur yaitu metana dan karbon dioksida. Dua unsur ini bisa di hasilkan oleh kotoran tersebut yang nantinya bisa berbentuk biogas.

Pengertian Biogas dan Analisa Prospek Peluang Bisnisnya

Dengan kata lain, pengertian biogas adalah merupakan sebuah gas buatan manusia yang berasal dari kotoran. Dan proses fermentasi harus dilakukan dengan adanya metana serta karbondioksida yang didapat dari kotoran itu sendiri.

Sebagai seorang yang memiliki jiwa bisnis, penemuan ini seharusnya tak di diamkan begitu saja. Anda pun tak seharusnya berlaku hanya sebagai pengguna biogas, namun juga bisa berperan sebagai pelaku bisnis biogas.

Mengapa ? Karena analisa prospek bisnis biogas ini sangat bagus di masa depan. Bagaimana tidak, ketersediaan gas bumi yang semakin menipis dan akhirnya tak mampu lagi memenuhi kebutuhan manusia mengharuskan mereka untuk beralih ke sumber gas lainnya, yaitu biogas.

Dari hal itu saja sudah jelas terlihat betapa besar keuntungan yang bisa anda dapatkan. Selain itu, karena sangat dibutuhkan oleh orang banyak, maka penjualan biogas sendiri tak sulit.

Misalnya kita dapat mempromosikan atau menjualnya kepada orang-orang di lingkungan rumah kita terlebih dahulu. Setelah berkembang dan banyak orang puas dengan biogas yang anda jual, baru kembangkan ke lingkup yang lebih luas.

Lalu bagaimana dengan modal yang harus dikeluarkan untuk menjalankan bisnis biogas ini ? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa unsur pembuatan biogas adalah kotoran manusia ataupun kotoran hewan, jadi sudah pasti modal yang dikeluarkan tak besar.

Hanya saja anda memerlukan alat penampungan yang berguna untuk menfermentasi kotoran ini. Alat fermentasi kotoran untuk dijadikan biogas sendiri prosesnya terbilang tidak begitu rumit sehingga masih sangat bisa di lakukan siapa saja.

Secara garis besar alat yang di perlukan untuk memproduksi biogas ini yaitu, penampungan biogas mentah (kotoran), pipa penyaluran gas dan tempat penampungan biogas jadi. Yang sering kali menjadi kendala dalam proses pembuatan biogas ini adalah lamanya waktu fermentasi sehingga membuat keuntungan dalam bisnis biogas menjadi cukup lambat.

Untuk menghindari hal itu, tips yang tepat adalah dengan menyediakan tempat pembuatan biogas lebih dari satu. Dan tahapan fermentasi biogas dilakukan secara bertahap (tidak serentak). Sehingga biogas yang dihasilkan pun akan bertahap. Ya meskipun anda tak bisa mendapatkan hasil yang besar sekaligus, tetapi akan jauh lebih baik karena akan selalu ada pemasukan setiap waktu.

Bagaimana, sudah terbayang bagaimana proses pembuatan dan analisa bisnis biogas ini ? Yang terpenting dan yang harus anda ingat ketika menjalankan bisnis biogas adalah dimana tempat anda menyalurkan biogas ini. Sebaiknya pasokan berupa biogas dilakukan di tempat-tempat yang memang sedang mengalami kesulitan atau krisis gas bumi. Dengan begitu potensi akan berkembangnya bisnis ini pastinya akan semakin tinggi.

Selain karena faktor krisis gas bumi, biogas juga lebih diminati karena harganya lebih murah, sehingga cocok untuk mereka yang merupakan masyarakat kelas menengah ke bawah.

Jangan lewatkan juga peluang usaha berikut ini :

Ayo mulai pelajari lebih mendalam tentang bisnis biogas ini, dan teruslah berinovasi, karena setiap kesuksesan akan dicapai tahap demi tahap. Tekuni dan lalui semua rintangan, maka kesuksesan akan menjumput anda di waktu yang tepat. Semoga bermanfaat.