Pendapatan Usaha Anda Cepat Habis? Berikut Tips Untuk Mengelolanya

Selain sulit untuk memperolehnya, mengatur pendapatan hasil usaha agar tidak cepat habis juga tidak kalah sulit untuk dilakukan. Tidak jarang pendapatan lebih dahulu habis sebelum pemasukan berikutnya, jika hal ini terus terjadi tidak menutup kemungkinan dalam jangka panjang usaha kita bisa mengalami gulung tikar, karena nantinya modal usahalah yang akan terus dipakai.

Cara untuk mengelola keuangan tentunya tidak sama bagi setiap orang, pasalnya kebutuhan setiap orang juga berbeda-beda. Beberapa yang paling mendasar yang dapat dilakukan semua orang untuk mengatur keuangan agar mencukupi setiap bulannya diantaranya adalah sebagai berikut.

Pendapatan Usaha Anda Cepat Habis?

1. Bagi Keuangan Untuk Berbagai Keperluan

Saat pendapatan kita terima, sebisa mungkin buat perhitungan sederhana mengenai pembagian untuk berbagai keperluan rutin setiap bulannya. Misalnya saja seperti tagihan air dan listrik, tagihan telepon dan lain sebagainya. Selanjutnya sisihkan uang pendapatan sesuai besaran masing-masing tagihan, dan pastikan uang tersebut tidak digunakan selain untuk membayar sesuai peruntukannya.

2. Sisihkan Sebagian Untuk Menabung

Bagi sebagian orang menabung mungkin saja menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, beberapa sebabnya karena kita tidak membiasakan diri untuk melakukannya secara rutin. Padahal tabungan ini merupakan langkah penting untuk mengamankan pendapatan dan nantinya bisa menjadi cadangan biaya keperluan mendesak ataupun sebagai bekal di masa yang akan datang.

3. Buat Jadwal Untuk Berbelanja

Advertisement

Tidak dipungkiri setiap individu tentunya memilki daftar belanja rutin yang harus di beli dalam setiap bulannya, hal ini tentunya lumrah untuk dilakukan. Hanya saja sebaiknya kita membuat jadwal tersendiri kapan waktu melakukannya. Misalnya saja dalam satu bulan jadwalkan dua hingga empat kali atau atur sesuai kebutuhan, waktu dimana anda berkunjung ke supermaket. Jadwal tersebut pun harus sebisa mungkin kita tepati jangan sampai hanya dijadikan rencana saja tanpa adanya realisasi.

4. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Saat beraktifitas keluar rumah usahakan agar uang yang tersedia didompet nilainya jangan terlalu besar atau rencanakan sebelumnya berapa nilai uang yang akan dipakai. Menyisakan uang yang telalu besar dalam dompet dipercaya dapat mempengaruhi kita hingga terkadang membeli sesuatu barang yang kurang dibutuhkan.

5. Batasi Aktifitas Diluar Rumah

Beraktifitas di luar rumah seringkali membutuhkan biaya yang lebih besar daripada saat kita berada didalam rumah. Maka atur pula aktifitas tersebut jangan sampai terus dilakukan tanpa ada batasan. Namun begitu kegiatan diluar rumah yang dimaksudkan disini adalah kegiatan yang sifatnya menghabur-hamburkan uang seperti hanya sekedar jalan-jalan, bermain dan sejenisnya.

Baca Juga :

Sedikit tips diatas mungkin bisa anda terapkan jika selama ini pendapatan hasil usaha dirasakan cepat habis tidak tersisa. Terpenting harus disadari sesuaikan kemampuan keuangan jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Seiring waktu jika pendapatan semakin bertambah berbagai batasan pun bisa lebih terasa longgar.

Semoga Bermanfaat…