Peluang Usaha Yang Berpotensi Di Bulan Ramadhan

Hanya beberapa saat lagi kita akan bertemu dengan bulan ramadhan kembali, di mana seluruh umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa. Kali ini kita akan bahas mengenai peluang usaha yang berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi di bulan ramadhan, jangka waktu yang tidak lama lagi ini bisa kita manfaatkan untuk persiapan menjalankan bisnis di bulan ini.

Mengapa kita harus mengambil kesempatan menghasilkan keuntungan di bulan ramadhan ?

Karena sebagai pebisnis kita harus bisa memanfaatkan moment apapun jangan sampai terlewatkan. Terlebih di bulan ramadhan keperluan masyarakat semakin meningkat, sehingga tidak berlebihan jika bulan puasa sering di sebut dengan bulan yang penuh berkah, selain pahala dan pengampunan dari yang maha kuasa semakin terbuka, berkah bulan puasa juga akan terasa pada banyak pelaku usaha yang mencari rezeki halal di bulan yang suci ini.

Sebetulnya hampir sebagian besar bidang bisnis di bulan ramadhan ini dapat mengalami peningkatan yang signifikan, seperti misalnya saja bidang usaha kuliner, fashion, transportasi, dan lain sebagainya.

peluang usaha yang berpotensi di bulan ramdhan

Mari kita bahas lebih detail jenis peluang usaha apa saja berpotensi di bulan ramadhan nanti :

Usaha Kuliner

Meski di siang hari kebanyakan masyarakat menjalankan puasa yang berarti tidak boleh mengkonsumsi makanan dan minuman apapun, anehnya bidang usaha kuliner ini mengalami peningkatan yang cukup besar di bulan ramadhan.

Salah satu penyebabnya adalah, waktu berbuka puasa menjadi waktu yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim yang berpuasa, tidak jarang mereka mempersiapkan segala macam hidangan dengan lengkap, tidak jarang makanan yang di bulan biasa tidak pernah di hindangkan pun mendadak di bulan ramadhan tersedia.

Sebab lainnya adalah di bulan ramadhan ada moment dimana seluruh anggota keluarga berkumpul, biasanya di saat menjelang lebaran atau idul fitri, tentu saja di acara tersebut akan di perlukan berbagai aneka hidangan kuliner sebagai pelengkapnya.

Lalu ada juga moment di bulan ramdhan yang dimana para masyarakatnya saling memberi antara satu dan lainnya, yang sebagian diantaranya menggunakan aneka produk kuliner juga sebagai hadiahnya.

Maka tidak heran bidang ini mengalami peningkatan yang signifikan di bulan ramadhan, secara rinci jenis-jenis usaha kulinernya yang biasanya mengalami peningkatan adalah sebagai berikut :

  • Usaha Makanan Dan Minuman takjil

Mulai siang hingga sore hari menjelang buka, sudah pasti usaha makanan dan minuman yang biasa di santap untuk takjil mulai di buru masyarakat yang berpuasa. Jenisnya beragam seperti aneka kolek, sup buah, kurma, syrup dan lain sebagainya.

  • Usaha Berjualan Aneka Kue

Aneka kue umumnya di persiapkan menjelang hari raya idul fitri sebagai hidangan saat berkumpul bersama sanak saudara yang berkunjung. Aneka kue juga sering kali dijadikan hadiah pemberian kepada rekan, teman, atau saudara lainnya. Umumnya jenis kue yang banyak dicari seperti aneka kue kering sejenis kue salju, nastar, kastangel, kue coklat dan lain sebagainya.

  • Usaha Masakan

Masakan sebagai lauk untuk berbuka dan juga sahur juga cukup di butuhkan di bulan ramdhan. Dibandingkan dengan memasak sendiri di rumah tentunya di bulan puasa ini lebih praktis jika membeli masakan yang sudah matang. Dengan begitu usaha berjualan masakan juga akan mengalami peningkatan yang signifikan di bulan ramadhan.

  • Usaha Parcel Lebaran

Usaha menjual parcel lebaran juga menjadi salah satu yang berpotensi di jalankan di bulan ini, dan sudah lazim di lakukan sebagai salah satu bisnis musiman yang menguntungkan. Banyak di perlukan terutama oleh masyarakat yang ingin saling memberi hadiah kepada rekan lainnya.

Baca juga artikel Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Untuk Pemula

Usaha Dibidang Fashion

Bulan ramadhan berarti akan menghadapi juga lebaran atau idul fitri, di moment tersebut sudah menjadi tradisi untuk mengenakan aneka busana atau pakaian baru. Sehingga menjelang pertengahan bulan hingga ahir, sering kita temui pusat-pusat perbelanjaan fashion di padati pengunjung.

Bahkan para pebisnis yang menjalankan bidang ini kesibukan persiapannya untuk menghadapi lonjakan pembeli di bulan puasa sudah di adakan berbulan-bulan sebelumnya, seperti pengadaan stok bahan, persiapan tenaga kerja, dan sebagainya.

Semua jenis fashion ini akan banyak di cari, mulai dari baju,celana,hingga sepatu,tas dan lain-lain. Namun yang paling signifikan lonjakannya adalah dari pakaian busana muslim, seperti baju muslim perempuan dan laki-laki, sarung,peci, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Baca juga artikel bisnis fashion hijab semakin bersinar

Usaha Bidang Transportasi

Usaha yang bergerak di bidang transportasi juga mengalami peningkatan yang besar di bulan ramadhan ini, terutama di moment menjelang lebaran. Salah satu penyebabnya adalah tradisi mudik yang populer di negara kita, dimana seluruh anggota keluarga yang bekerja atau berkegiatan di luar kota kelahirannya akan serentak kembali ke kampung halamannya masing-masing.

Dengan begitu membeludaknya masyarakat yang ingin mudik tersebut memicu usaha yang berhubungan dengan transportasi dan otomotif mengalami peningkatan. Dari sarana transportasi umum, rental hingga kendaaran pribadi akan banyak peminatnya.

Baca juga punya hobi otomotif, ini peluang bisnisnya

Diantara usaha di bidang transportasi yang berpotensi adalah sebagai berikut :

  • Bisnis Pengiriman Barang ( ekspedisi )

Masyarakat yang nantinya akan mudik dan berencana membawa barang bawaan agak banyak umumnya menggunakan jasa pengiriman barang untuk mengirimkan bawaannya kekampung halaman yang di tuju. Tidak jarang hingga sepeda motor juga turut di kirim menggunakan jasa seperti ini. Maka sudah menjadi lumrah jika pada bulan-bulan ini bisnis pengiriman barang mengalami pengingkatan yang tinggi.

  • Usaha Rental mobil

Selain menggunakan angkutan umum atau mobil, motor pribadi, tidak sedikit juga masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan rental sebagai sarana mudiknya. Sehingga bagi anda yang memiliki mobil di rentalkan menjadi salah satu usaha untuk menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Baca juga artikel Langkah Menjalankan Peluang Usaha Rental Mobil

  • Bisnis Service Kendaraan

Tidak kalah ramai bisnis service kendaraan atau bengkel juga akan ramai di kunjungi para pelanggannya biasanya di ahir-ahir bulan ramadhan, tentunya banyak diantara masyarakat yang akan mempersiapkan kendaraannya untuk menghadapi perjalanan mudik nanti.