Mengulas Peluang Usaha Wedding Organizer ( WO )

Sebuah moment berarti dan cukup penting nilainya bagi masyarakat kita salah satunya adalah pernikahan. Tidak hanya bagi kedua pasangan yang akan menikah, moment seperti ini juga sangat besar nilainya bagi orang tua, sanak saudara hingga kerabat dan rekan dekat semua. Sehingga tidak mengherankan umumnya acara di buat sangat meriah hingga membutuhkan persiapan yang matang dalam waktu yang cukup panjang.

Semua keluarga yang terlibat tentunya sangat ingin mengadakan pesta pernikahan yang berarti ini berjalan dengan sempurna tanpa ada kendala. Namun hal tersebut tidak bisa di dapatkan dengan mudah, akan cukup banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, bahkan hingga akan membutuhkan banyak orang untuk menyelesaikannya.

Pasalnya meski umumnya acara pernikahan ini berlangsung tidak dalam waktu yang lama, namun segala sesuatunya harus berjalan dengan sempurna. Dari mulai tampilan pakaian yang di kenakan kedua mempelai dan seluruh keluarga, make up, fotografi hingga jamuan makan untuk para undangan. Belum lagi rancangan acara yang akan diadakan, dekorasi ruangan, cideramata yang akan di bagikan dan masih banyak lagi hal lainnya yang harus di persiapkan.

Oleh karenanya untuk bisa menyelenggarakan acara pernikahan ini umumnya di perlukan juga biaya yang cukup besar. Dan selain itu karena acara seperti ini sangat jarang di lakukan oleh sebuah keluarga, kebanyakan dari mereka akan sedikit kebingungan untuk melakukan persiapannya karena minimnya pengalaman. Hingga cara yang paling praktis untuk melakukannya adalah dengan menyewa jasa Wedding Organizer ( WO ) atau penyelenggara acara penikahan untuk membantu menyelesaikannya.

Dengan adanya demikian maka peranan pelaku usaha Wedding Organizer ini cukup di butuhkan bagi masyarakat yang akan mengadakan acara pernikahan untuk keluarganya. Bagaimana tidak, sejumlah acara yang cukup banyak di sebutkan tadi akan mereka persiapkan segalanya dengan matang, sehingga pihak keluarga hanya tinggal menyampaikan konsep yang di inginkan selanjutnya mereka akan berupaya mewujudkannya dengan sempurna.

peluang usaha wedding organizer

Bisnis Wedding Organizer Yang Semakin Menjanjikan

Berangkat dari sangat dibutuhkannya peranan Wedding Organizer untuk membantu menyelenggarakan acara pernikahan agar berjalan dengan baik itulah, maka peluang bisnis ini akan semakin menjanjikan kedepan. Pesatnya pertumbuhan penduduk akan selalu menyediakan ladang untuk menghasilkan keuntungan, ditambah juga dengan semakin majunya perekonomian masyarakat kita juga akan membuat mereka tidak segan untuk menyewa jasa WO terutamanya bagi kalangan menengah keatas.

Advertisement

Apalagi konon kabarnya keuntungan yang bisa di dapatkan dari usaha wedding organizer ini nilainya bisa cukup besar didapatkan. Rata-rata pelaku usahanya akan memberikan keleluasaan menentukan prihal budget yang di miliki kliennya untuk menyelanggarakan acara pernikahan, dan pihak wedding organizer akan menentukan biaya jasanya tersendiri, ada yang mematok semisal 10 atau 20 juta untuk setiap acara, atau ada juga yang memberlakukan sistim persentase dari budget yang di keluarkan seluruhnya.

Menariknya, keuntungan yang bisa di hasilkan dari bisnis wedding organizer yang cukup besar tersebut, bisa didapatkan dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal sama sekali. Mengapa bisa demikian ? karena sudah menjadi lumrah, untuk bisa menyewa jasanya setiap klien akan di bebankan sejumlah biaya DP atau uang muka dari nilai keseluruhan, sehingga biaya tersebutlah yang di gunakan para wedding organizer untuk digunakan sebagai modal penyelenggaraan acara.

Baca juga usaha jasa foto produk semakin banyak dibutuhkan

Kepercayaan Modal Utama Yang Harus Dimiliki

Untuk bisa menjalankan usaha wedding organizer ini dengan baik dan lancar, modal utama yang harus dimiliki bukanlah berupa uang, namun paling pentingnya adalah kepercayaan dari calon konsumennya. Tidak seperti uang yang bisa dikatakan lebih mudah untuk diupayakan, kepercayaan dari konsumen ini akan cukup sulit didapatkan dalam waktu singkat, melainkan kita harus berusaha menumbuhkannya sedikit demi sedikit hingga bisa memiliki reputasi yang dipercaya. Hingga jika kita beruntung sudah memiliki reputasi yang baik di mata klien pun, masih perlu perjuangan untuk mempertahannya.

Maka jika kita serius ingin terjun menjalani bisnis wedding organizer ini perlu di jalankan secara bertahap mulai dari kecil menangani acara-acara pernikahan berskala sederhana terlebih dahulu sambil memupuk pengalaman sekaligus membangun reputasi yang baik agar bisa menjaring klien yang lebih besar kedepannya. Selain itu kita pun di haruskan pandai membangun jaringan dengan bidang usaha lain yang akan dilibatkan untuk keberlangsungan acara pernikahan seperti dengan para pebisnis catering, penyedia dekorasi, jasa fotografi, ahli make up, usaha souvenir pernikahan dan lain sebagainya.

Jika kita bisa serius membangun dan merintis usaha wedding organizer ini hingga berhasil memiliki reputasi yang baik, maka akan secara otomatis dapat menarik calon klien dengan sendirinya, dan tentu saja keuntungan yang besar pun akan dapat di raih dengan mudah.

Baca juga peluang usaha menguntungkan dibidang fotografi