Peluang Usaha untuk Lulusan SMK Berdasar Jurusannya

Jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) secara kurikulum sudah dipersiapkan bagi setiap lulusannya untuk menjalani lapangan pekerjaan. Didalamnya juga terdapat beberapa jurusan yang dapat dipilih sesuai minat para siswanya, sehingga nantinya mereka akan memiliki keterampilan khusus di bidang yang dipilihnya masing-masing.

Meski keterampilannya dipersiapkan untuk menghadapi sebuah lapangan pekerjaan, bukan berarti tidak dapat dipergunakan untuk menjalankan peluang usaha sendiri. Justru keterampilannya dapat menjadi faktor penting untuk mendukung usahanya nanti.

Akan tetapi tentu saja bukan hanya keterampilan saja yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis, melainkan masih banyak hal lain yang harus dimiliki untuk sukses dibidang ini.

Berdasarkan beberapa jurusan yang ada di SMK, berikut ini kami begikan beberapa peluang usaha yang cocok untuk anda lulusan SMK.

Peluang Usaha untuk Lulusan SMK

Peluang Usaha untuk Lulusan STM Jurusan Teknik Otomotif

Siswa SMK jurusan teknik otomotif tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mengoprek mesin-mesin kendaraan baik itu mobil ataupun motor. Keterampilan untuk memperbaiki mesin kendaraan yang mengalami masalah pastinya sudah menjadi pelajaran sehari-hari.

Tidak mengherankan karena keahliannya terus diasah, beberapa tahun kebelakang bahkan siswa SMK ada yang berhasil menciptakan sebuah mobil sendiri. Ini membuktikan keterampilan yang dipelajari tidaklah asal-asalan.

Peluang usaha yang paling cocok untuk siswa SMK jurusan ini tentu saja bidang usaha otomotif, seperti bengkel, toko spare part dan aksesoris mobil, bengkel modifikasi, dan lain sebagainya.

Namun sebaiknya perkaya pengalaman terlebih dahulu sebelum langsung terjun ke dunia bisnis tersebut, manfaatkan program magang atau pelatihan kerja di bengkel terlebih dahulu, agar nantinya lebih mengenal seluk beluk didalam bisnis tersebut.

Baca juga Punya Hobi Otomotif, Ini Peluang Bisnisnya

Peluang Usaha untuk Lulusan SMK Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga di SMK merupakan sebuah jurusan favorit yang banyak dipilih, karena banyak dinilai memiliki potensi cerah dimasa depan. Lapangan pekerjaan untuk siswa jurusan ini juga tersedia cukup banyak, dari mulai perhotelan hingga restoran rumah makan.


Begitu pula jika keterampilan tata boga yang dimilikinya diarahkan ke dalam usaha sendiri. Bidang usaha kuliner seperti membuka restoran sendiri, membuka cafe kecil-kecilan, dan berinovasi menciptakan kuliner baru yang unik, merupakan sebuah bidang usaha yang menjajikan banyak keuntungan.

Terlebih di jaman sekarang, kedai-kedai kuliner yang dijalankan para anak muda sedang banyak diminati konsumen. Karena umumnya mereka lebih kreatif dalam mengemas konsep berbisnis kuliner sehingga membuat rasa penasaran calon pembeli.

Peluang Usaha untuk Lulusan SMK Jurusan Teknik Elektronika

Tidak kalah dengan jurusan di SMK lainnya, teknik elektronik juga menjadi jurusan yang banyak di pilih. Mirip jurusan teknik otomotif, siswa teknik elektronik mempelajari seluk beluk peralatan elektro, elektromagnetik, hingga tenaga listrik.

Siswa berketerampilan teknik elektro sangat dibutuhkan berbagai perusahaan untuk menjadi tenaga kerja spesialis teknisi diperusahaannya.

Sedangkan jika ingin menjalankan usaha sendiri, siswa lulusan teknik elektonik bisa lirik bisnis toko peralatan listrik, peralatan teknik mesin dan lain sebagainya. Jika ingin menjalankan bidang usaha jasa yang dapat dijalankan dengan modal sedikit, bisa tawarkan jasa perbaikan alat-alat elektronik yang dikuasai.

Baca Juga Analisa Peluang Usaha Toko Alat Listrik

Peluang Usaha untuk Lulusan SMK Jurusan Multimedia

Kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini tentunya sangat menarik perhatian anak-anak muda jaman sekarang. Itulah sebabnya jurusan multimedia di SMK seiring waktu semakin diminati.

Berbicara peluang bisnis untuk lulusan jurusan ini pastinya cukup banyak yang bisa dipilih, dan sudah barang tentu prospeknya sangat menjanjikan karena masyarakat pun semakin banyak yang memanfaatkan teknologi.

Siswa yang berada di jurusan multimedia pastinya sudah akrab dengan yang namanya dunia internet, website, programer, hingga fotografi dan pembuatan film. Peluang bisnis yang berkaitan misalnya saja membuat website atau blog yang di persiapkan untuk menerima iklan, membuat aplikasi atau game, berjualan di internet, memproduksi film pendek, hingga menawarkan jasa fotografi.

Baca Juga Cara Cepat Dapat Uang Dengan Berjualan Di Internet

Itulah beberapa diantaranya peluang usaha untuk lulusan SMK berdasarkan jurusan-jurusannya. Semoga dapat memberikan inspirasi untuk pembaca semua.