Peluang Usaha Travel Haji Dan Umroh

Usaha travel saat ini banyak diminati oleh pebisnis. Sebab, bisa dikatakan bahwa bisnis travel merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Selama anda bisa melihat peluang akan kebutuhan masyarakat terhadap travel maka peluang sukses pun ada di depan mata anda.

Salah satu jenis usaha travel adalah travel haji dan umroh. Artinya, jasa ini hanya menfokuskan pada satu bidang saja yaitu haji dan umroh. Seiring dengan meningkatnya jamaah haji dan umroh setiap tahunnya, ternyata, jasa ini pun banyak dilirik oleh masyarakat yang hendak pergi haji dan umroh. Namun, bukan berarti bisnis ini mudah seperti membalikkan tangan. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membuka usaha ini.

Ketahui Jenis Travel Haji dan Umroh

Secara umum usaha travel haji dan umroh terbagi menjadi dua yaitu agen travel sebagai badan usaha sendiri dan travel agen yang bersifat perwakilan atau sub agen dari agen usaha sendiri.

Bagi anda yang memiliki modal besar maka mengembangkan travel agen mandiri adalah pilihan yang tepat. Sebab, pada tipe agen ini membutuhkan perizinan yang membutuhkan modal awal yang besar. Mulai dari langkah membentuk badan usaha, dan perizinan yang sangat rumit pun harus anda lakukan.

Untuk pola agen mandiri ini membutuhkan paling tidak ratusan juta dan itu belum termasuk tempat. Untuk mengurus keagenan ini pun membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu, bisa dikatakan bahwa tipe usaha ini hanya cocok untuk orang yang profesional saja.

Advertisement

peluang usaha travel haji dan umroh

Sedangkan, untuk model usaha yang kedua dapat dikatakan relatif murah dan mudah. Sebab, sifat dari usaha ini adalah keagenan dari agen besar. Modal yang anda butuhkan pun relatif sangat kecil. Dan tingkat resiko pun sangat rendah. Bagi anda yang belum berpengalaman pilihan ini sangat cocok bagi anda. Proses yang begitu cepat pun bisa mempermudah bisnis anda.

Anda hanya perlu melakukan promosi dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap keagenan travel anda. Karena sistem yang berjalan maka anda pun siap menikmati keuntungannya ketika terjadi penjualan jasa travel haji dan umrah.

Pangsa pasar usaha travel haji dan umrah tergolong sangat luas. Sebab, Indonesia adalah negara yang berpenduduk muslim terluas. Dengan membuka keagenan usaha travel ini anda pun tidak harus memiliki izin Badan Usaha sebagaimana yang dimiliki oleh PT dan CV. Jadi, bagi anda yang memiliki modal cukup, maka tidak ada salahnya memilih usaha ini sebagai pemutar modal.