Peluang Usaha Toko Sepeda Yang Kian Menjanjikan

Kita perhatikan dalam beberapa tahun kebelakang, pengguna sepeda semakin bertambah di mana-mana. Sekarang produk sepeda menjadi tidak hanya sebagai barang mainan anak-anak saja, orang dewasa hingga orang tua kini pun banyak yang menggunakannya.

Berbagai komunitas bersepeda pun kian bermunculan, dimulai komunitas yang anggotanya gemar bersepeda gunung, bersepeda balap, hingga tidak kalah para penggemar sepeda antik pun ikut meramaikannya.

Bersepeda kini sudah menjadi tren dan juga salah satu hobi para masyarakat di Indonesia, selain tentunya termasuk kedalam bidang olah raga yang dapat menyehatkan badan, kegiatan bersepeda juga saat ini semakin di rekomendasikan untuk beraktifitas sehari-hari, seperti bersekolah bahkan hingga bekerja.

Hal tersebut di maksudkan agar masyarakat lebih bisa menghargai lingkungannya dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang menimbulkan polusi. Sehingga selain badan kita akan semakin bugar, kita pun ikut berpartisipasi dalam menjaga kualitas udara agar menjadi lebih bersih.

peluang usaha toko sepeda

Terbuka Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Dengan adanya trend bersepeda yang semakin tinggi, tentulah secara otomatis permintaan akan produk sepeda pun menjadi semakin bertambah. Membuka bisnis sepeda menjadi salah satu bidang yang akan semakin banyak tersedia konsumennya.

Apakah anda pun tertarik ?

Sebetulnya usaha toko sepeda ini memang sudah cukup lama kita kenal banyak didirikan, seperti di jaman-jaman tahun 90 an yang populer dengan sepeda jenis BMX nya, di kala itu juga permintaan sepeda cukup tinggi di pasaran.

Sekarang tentu saja permintaan akan sepeda tersebut menjadi semakin berlipat-lipat, mengingat pertumbuhan penggunanya yang kian bertambah. Bahkan di beberapa lalu lintas kota besar saat ini mulai banyak di bangun jalur khusus untuk pengguna sepeda, ini menandakan pemerintah pun cukup mendorong masyarakatnya untuk menggunakan sepeda.

Advertisement

Baca juga bisnis sewa kamera kembali di cari penggemarnya

Memulai Bisnis Toko Sepeda

Tidak sulit untuk kita yang akan memulai mendirikan usaha toko sepeda ini, tentunya yang penting kita harus memiliki lokasi strategis untuk berjualan. Tidak perlu harus berada di pusat kota atau jalur utama, asalkan mudah di jangkau dan berada di pinggir jalan sudah bisa untuk menarik pelanggan.

Dikarenakan target konsumen untuk usaha ini juga cukup banyak, misalnya para penghuni di komplek perumahan, di wilayah-wilayah pemukiman dan lain sebagainya. sehingga jika anda pun hanya memiliki tempat berupa rumah di pinggir jalan, jika memungkinkan bisa saja halaman depanya kita jadikan tempat usaha toko sepeda, dengan target konsumen para tetangga dan masyarakat sekitar.

Selanjutnya jika tempat sudah di miliki, mulai lah kita mencari distributor atau agen yang menjual sepeda secara grosiran. Umumnya para produsen merk sepeda besar, telah menunjuk perwakilan atau agennya untuk memasarkan produknya di setiap kota, untuk skala toko seperti yang akan kita jalankan cukup dengan membeli dari agen-agennya tersebut.

Ketahui juga trend jenis sepeda yang saat ini sedang banyak diminati, karena macam-macam sepeda ini cukup beragam, dari mulai sepeda untuk balita, anak-anak hingga dewasa. Jenisnya seperti sepeda BMX, sepeda plastik roda tiga untuk balita, sepeda gunung atau MTB yang lazim di gunakan di jalan offroad atau tanah dan berbatu, sepeda onroad atau untuk jalan aspal, dan lain sebagainya.

Baca juga trik jitu mengatur display produk di toko

Perlu di ketahui juga sepeda-sepeda untuk orang dewasa yang profesional, selain terdapat pilihan buatan produsen dengan beberapa merk seperti Polygon, United, Wimcycle dan sebagainya. Juga ada pilihan sepeda dengan type rakitan, artinya konsumen bisa memilih sesukanya bagian atau part-part yang di inginkan untuk membangun sepedanya sendiri. Misalnya frame, gir, stang, jok hingga ban. Sehingga di pasaran juga terdapat komponen-komponen part tersebut dari berbagai merk, baik lokal maupun import.

Terahir, untuk langkah pemasaran selain kita bisa berpromosi kepada konsumen yang lalu lalang dan masyarakat sekitar. Kita pun bisa melakukan langkah pemasaran secara online, dengan mambuat toko online khusus sepeda. Cara ini sudah banyak yang melakukan dan hasilnya juga cukup efektif untuk menaikan penjualan.

Baca juga artikel 9 ide jualan di acara car free day