Peluang Usaha Toko Bunga Atau Florist

Potensi toko bunga atau di sebut juga dengan florist ini cukup menjanjikan di daerah perkotaan. Banyak orang sekarang ini membutuhkan bunga sebagai salah satu bentuk mengekspresikan perasaan, kepada rekan atau koleganya.

Karena itu, bisnis toko bunga ini banyak yang mampu berkembang dengan cepat utamanya di kota-kota besar yang gaya hidup masyarakatnya semakin modern. Rata-rata bisnisnya di bangun di pinggir jalan yang strategis, bisa berbentuk toko ataupun kios sederhana.

Moment-moment khusus yang sering di manfaatkan konsumen toko florist ini diantaranya seperti, hari-hari besar, ulang tahun, valentine, wisuda dan lain sebagainya. Selain itu bunga yang di rangkai juga bisa menjadi sekedar pemanis dan pewangi dalam ruangan.

Semua moment tersebut bisa menjadikan usaha toko bunga ini produknya laris manis di buru penggemarnya.

Usaha Toko Bunga atau florist

Memulai Bisnis Toko Bunga

Tertarik menjalankan usaha ini, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan saat akan memulainya. Diantaranya tempat berjualan pastikan mudah di jangkau konsumen, dan menjadi pusat lalu lalang di jalan utama. Lokasi ini akan sangat menentukan untuk kelancaran penjualan kedepan.

Untuk menambah gencar penjualan, bisa juga dengan mempromosikan bisnis floris kita melalui internet dengan memanfaatkan media sosial, website dan sebagainya. Membagikan brosur serta kartu nama pada acara-acara semacam pernikahan, wisudaan dan moment sejenisnya juga akan sangat membantu mengenalkan usaha kita ke konsumen yang lebih luas.

Advertisement

Konsumen Potensial Bisnis Toko Bunga

Selain yang sudah di sebutkan beberapa diantaranya tadi di atas, Perusahaan-perusahaan, perkantoran, juga perhotelan dan pebisnis dekorasi, menjadi sebagian konsumen yang sangat potensial untuk dijadikan target pemasaran. Maka penting untuk kita yang menjalani bisnis florist ini mengupayakan langkah kerja sama dengan mereka.

Upaya yang bisa dilakukan untuk dapat menjaring konsumen potensial ini adalah dengan selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap konsumen, nantinya dengan sendirinya usaha kita akan di promosikan oleh setiap pelanggan yang puas memesan karangan bunga dari toko kita.

Baca juga usaha jualan es krim pot yang unik dan menarik perhatian

Tantangan Yang Harus Siap Dihadapi Dalam Usaha Ini

Tantangan atau kendala yang mungkin di hadapi dalam usaha toko bunga ini juga harus kita persiapkan langkah penyelesaiannya agar bisnis bisa terus bertahan kedepan.

Yang paling mungkin terjadi adalah rusaknya stok barang karena bunga ini temasuk produk yang memiliki batas kadaluarsa, utamanya untuk produk bunga hidup semacam bunga mawar atau melati, sedangkan untuk bunga plastik tentunya hal ini tidak akan terjadi.

Untuk menghidari bunga-bunga tersebut layu sebelum laku terjual, bisa di atasi dengan memperkirakan kemampuan penjualan yang biasa di capai, Pemesanan bunga dari pemasok perlu diatur agar stok barang tidak terlalu lama di simpan di toko kita.

Baca juga menggali keuntungan dengan usaha tanaman hias