Peluang Usaha Ternak Yang Mudah Dan Cepat Menguntungkan

Peluang Usaha Ternak – Sektor usaha ternak jika dijalankan dengan serius dan konsisten di kenal akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Terlebih lagi untuk hewan ternak konsumsi yang hasilnya sangat di butuhkan masyarakat. Tidak jarang sekarang ini, hasil usaha dari peternakan tidak mencukupi kebutuhan di pasaran.

Salah satu penyebabnya di karenakan jumlah peternak di negara kita masih belum begitu banyak pelakunya. Padahal jika di ingat lagi, letak geografis dan ketersediaan sumber daya alam di Indonesia sangat mendukung untuk berjalannya aneka ragam usaha peternakan ini. Maka dari itulah, sektor bisnis ini prospeknya cukup menjanjikan untuk kita pilih.

Meski begitu, bidang peternakan juga di kenal cukup beresiko tinggi. Yang paling di takuti adalah jumlah angka kematian hewan yang sulit di prediksi penyebabnya. Maka dari itu usaha di bidang ini juga harus di jalankan dengan memiliki ilmu pengetahuan yang mendalam pada hewan ternak yang di pilih. Untuk itu sebelum benar-benar akan terjun menjalankan bisnis peternakan ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu sampai dimana pengetahuan yang kita miliki. Agar kedepannya berbagai resiko yang di temui dapat teratasi dengan baik.

Dan sebagai masukan untuk anda yang tertarik menjalaninya, berikut ini beberapa usaha ternak yang paling mudah di jalankan dan juga cepat menghasilkan, sekiranya saja dapat menjadi tambahan informasi yang bermanfaat.

Peluang Usaha Ternak

1. Usaha Ternak Ayam Kampung

Sangat berbeda dengan ayam potong atau di kenal juga dengan ayam boiler, ayam kampung ini memiliki kelebihan daya tahan tubuh yang lebih baik. Kelebihan lainnya, harga jual di pasaran untuk jenis ayam ini di hargai lebih tinggi meski bagi peternaknya harus rela memeliharanya dengan waktu yang lebih lama. Dan selain itu, pelaku ternak ayam kampung juga terbilang tidak terlalu banyak yang menjalankannya, padahal untuk di konsumsi rasa daging dari ayam kampung ini lebih di sukai.

2. Usaha Ternak Ikan Lele

Ikan lele pun menjadi salah satu jenis ikan yang di kenal memiliki daya tahan terbilang tinggi. Sehingga untuk di pilih sebagai hewan ternak akan sangat mudah menguntungkan. Apalagi sekarang ini juga telah di kenalkan metode ternak ikan lele dengan tanpa memerlukan area kolam tanah yang luas, melainkan dapat juga di jalankan dengan hanya menggunakan kolam yang di buat dengan terpal atau plastik pada area lahan yang tidak terlalu luas.

Ternak ikan jenis lain dapat anda baca pada artikel 5 usaha budidaya ikan air tawar yang menguntungkan

3. Usaha Ternak Kelinci

Lain lagi dengan hewan ternak yang satu ini, kelinci dikenal dengan kemudahannya berkembang biak dengan cepat dan juga minim perawatan. Dengan hanya memperhatikan kebersihan kandang saja, budidaya kelinci ini bisa berlangsung dengan lancar. Namun begitu, untuk di konsumsi hewan ini terbilang belum begitu memasyarakat sehingga pasaran penjualannya pun masih terbatas.

Advertisement

4. Ternak Kambing

Tidak di pungkiri lagi tentunya daging kambing menjadi komoditi pangan yang sangat di butuhkan di negara kita atau bahkan diseluruh dunia. Sebetulnya tidak hanya daging kambing saja, daging sapi bahkan mungkin lebih banyak kebutuhannya. Akan tetapi dalam segi kemudahan di jalankan, ternak kambing lebih tepat untuk di pilih, dan selain itu masa pengembangbiakannya yang lebih cepat juga menjadi kelebihannya tersendiri.

5. Ternak Burung Kenari

Berikutnya usaha ternak yang menyasar pasaran kalangan penghobi, ada ternak burung kenari yang relatif mudah dijalankan, cepat, serta tentunya sangat menguntungkan. Burung ini di kenal dengan mudah dapat berkembang biak dengan proses yang cukup mudah. Sebagai gambaran, satu ekor jantan kenari saja dapat kita kawinkan dengan sekaligus beberapa betina bergantian sehingga untuk segi modal yang di perlukan juga menjadi tidak terlalu besar. Media ternak pun bisa di buat dari beberapa box kandang dengan ukuran yang tidak terlampau besar, atau pun ada juga yang menjalankannya secara koloni pada kandang besar.

6. Ternak Kroto

Mungkin masih belum bergitu populer kita dengar usaha ternak yang satu ini, karena selain bukan produk konsumsi, pasarannya pun masih terbilang kecil. Akan tetapi, di beberapa kalangan terutama penghobi burung kicau, peternak burung kicau dan penghobi memancing, kroto bisa menjadi barang wajib yang harus selalu tersedia. Sedangkan karena kurang populernya kroto juga membuat peternaknya masih bisa di hitung jari alias minim persaingan.

Meski kroto atau telur semut rangrang ini terlihat rumit untuk di ternakan, karena habitatnya memang hanya tersedia di hutan dengan popohonan yang tinggi. Namun dengan berkembangnya ilmu pengetahuan saat ini ternak kroto bisa di jalankan hanya dengan media toples-toples kecil yang di tempatkan pada ruangan khusus tersendiri.

7. Ternak Jangkrik

Serupa dengan kroto, sebagian besar pasar jangkrik juga banyak di serap kalangan penghobi dan peternak burung kicauan. Bahkan untuk jangkrik tingkat kebutuhannya terbilang lebih tinggi lagi, mengingat makanan pokok burung kicauan adalah serangga yang salah satunya adalah jangkrik, dengan begitu dapat di katakan peternak dan penghobi burung kicauan sangat tergantung akan produk ini. Maka tidak heran jika terdapat beberapa masa waktu di mana jangkrik ini sulit di temukan di pasaran karena ketersediannya tidak mencukupi.

8. Ternak Cacing

Salah satu ternak yang juga mudah di jalankan dan menguntungkan adalah budidaya cacing lumbricus. Media berkembang biaknya adalah berupa tanah yang di campur sampah organik, dedaunan, jerami dan sebagainya. Pokok utama yang harus di perhatikan hanyalah pada penyiapan media tersebut, jika komposisi sudah tepat maka cacing akan berkembang biak dengan sendirinya dan tentu saja kita tinggal menikmati hasilnya.

Baca juga

Itulah beberapa peluang usaha ternak yang mudah dan cepat menguntungkan untuk anda pilih. Sekali lagi kami tekankan, meski di katakan mudah untuk menjalankannya tetap memerlukan pengetahuan mendalam mengenai ternak yang di jalankan agar segala resiko dapat dihindari.