Analisa Peluang Usaha Ternak Ikan Lele Yang Sangat Menggiurkan

Peluang Usaha Ternak Lele – Apakah anda memiliki kolam ikan yang sempit dan tidak tahu akan diapakan kolam tersebut ? Tenang ! Anda tidak perlu khawatir karena ada alternatif peluang bisnis yang bisa anda manfaatkan yakni usaha ternak lele.

Kenapa ikan lele ? Karena ikan lele bisa hidup dalam segala kondisi apapun baik di lumpur atau tempat yang tidak begitu besar. Selain itu, perawatan ikan lele juga sangat mudah. Ternak lele juga tidak memerlukan modal yang besar.

Peluang bisnis ini sangat menggiurkan apalagi saat ini banyak sekali restoran yang menjual aneka jenis olahan lele baik abon lele, lalapan lele, bahkan brownis lele. Anda bisa menjadi distributor restoran tersebut. Bagaimanakah peluang usaha ternak lele tersebut ? Benarkah bisnis tersebut memiliki prospek yang menguntungkan? Berikut analisanya :

Analisa Modal Dan Keuntungan Usaha Ternak Lele

Ketika Anda memutuskan untuk memanfaatkan kesempatan berbisnis lele. Ada beberapa hal yang harus Anda analisa diantaranya adalah modal yang harus dikeluarkan, perkiraan laba yang bisa di dapatkan dan sebagainya.

Berikut adalah analisa modal dan keuntungan dalam berbisnis ternak lele :

  • Bibit Lele (5000 ekor x 200 rupiah) : Rp. 1.000.000
  • Pakan Lele selama 2 bulan (160 kg x Rp .8.000) : Rp. 1.280.000
  • Biaya lain-lain : Rp. 300.000

Total    : Rp. 2.580.000

Apabila perkiraan panen dengan jumlah persentasi kematian ikan 25% dari 5000 ekor bibit ikan lele yang kita tanam, maka ikan lele yang siap di panen sisanya berjumlah 3.750. Kita asumsikan bahwa harga per-kilonya adalah Rp.10.000. Apabila 1 kilogramnya berisi 7 ikan lele, maka Anda akan menghasilkan 536 kg. Maka laba yang Anda peroleh dalam satu kali panen adalah sebagai berikut:

  • Hasil satu kali panen (536 Kg x Rp.10.000) : Rp. 5.360.000
  • Keuntungan (Rp.5.360.000 – Rp.2.580.000) : Rp. 2.780.000

Angka di atas tentu saja hanya perkiraan kasar, pada kenyataannya bisa saja kita mendapatkan keuntungan yang lebih besar atau malah sebaliknya. Banyak faktor yang bisa mempengaruhinya misalnya saja jumlah kematian, harga bibit, harga pakan, hingga harga jual lele di pasaran.

Advertisement

Meski begitu, dari angka perkiraan diatas yang keuntungannya mencapai diatas 2 juta untuk sekali masa panen, tentunya usaha ternak lele ini patut kita perhitungkan, bisa kita pilih sebagai usaha sampingan atau bahkan kita jalankan sebagai usaha utama.

Beberapa Tips Menjalankan Usaha Ternak Ikan Lele

 Pilih Bibit Lele yang Unggul

Agar bisnis ternak lele Anda menguntungkan, pilihlah bibit-bibit lele yang memiliki kualitas super. Jenis lele yang bisa anda budidayakan antara lain adalah seperti ikan lele dumbo, ikan lele sangkuriang, ikan lele phyton, ikan lele mutiara, ataupun ikan lele masamo.

Dari sekian lele yang disebut, ikan masamo lah salah satu yang memilki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis ikan lele lain. Keunggulan ikan lele tersebut adalah ukuran tubuhnya yang besar dan seragam, memiliki ketahanan penyakit, tidak kanibal, dan cepat dipanen.

Carilah Pasar Penjualan Yang Tepat

Karena anda harus memasok lele-lele ke perusahaan makanan atau restoran, anda harus memastikan bahwa rekan bisnis anda bisa diandalkan dan tentunya memberi keuntungan yang bagus bagi perkembangan bisnis anda. Umumnya untuk masuk ke pasar tersebut, ada pengepul khusus yang bertugas mengumpulkan lele hasil panen para petani. Tidak sedikit juga para pengepul tersebut yang juga menyediakan bibit lele serta pakan yang di butuhkan, sehingga peternak tidak perlu repot lagi mencari bibit, pakan hingga nanti menjual hasil panennya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai peluang bisnis ternak lele. Semoga informasi tersebut bermanfaat !

Baca juga artikel usaha budidaya ternak lele sangkuriang di kolam terpal