Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh Petelur, Apakah Menjanjikan ?

Peluang Usaha Ternak Burung Puyuh Petelur – Anda pasti pernah mendengar burung puyuh bukan ? Burung puyuh adalah sejenis unggas kecil berwarna abu kecoklatan yang biasa diambil daging dan telurnya. Hewan ini merupakan pelari cepat dan bisa ditemukan di semak-semak, ladang, atau padang rumput, hewan sejenis burung ini juga terkenal susah untuk ditangkap.

Munculnya bermacam-macam usaha makanan yang menyajikan menu seputar puyuh sebagai hidangan utamanya, membuat permintaan akan daging puyuh dan telur puyuh semakin meningkat. Oleh sebab itu, Anda harus jeli melihat peluang tersebut. Menurut para pebisnis puyuh, bisnis budidaya ternak puyuh begitu menguntungkan. Mereka bisa mendapatkan omset yang besar. Tetapi, apakah peluang usaha ternak puyuh tersebut benar-benar menjanjikan ? Berikut beberapa ulasan yang patut Anda simak :

Analisa Peluang Usaha Ternak Puyuh

  1. Kelebihan Usaha Ternak Puyuh

Dalam melihat kesempatan berbisnis ternak puyuh, Anda harus memperhatikan kelebihan usaha ternak ini. Kelebihan usaha ini bisa dilihat dari kegunaan puyuh itu sendiri. Anda bisa memanfatkan dagingnya, telurnya, bahkan kotorannya.

Tidak hanya itu permintaan akan daging afkir burung buyuh juga terus meningkat lantaran para penggeliat bisnis kuliner memerlukan pasokan daging yang cukup besar. Telurnya juga sering dibutuhkan untuk dijadikan berbagai kuliner sedangkan kotorannya bisa diolah menjadi pupuk kandang.

  1. Cara Menjalankan Usaha Ternak Puyuh

Sama seperti usaha ternak binatang lainnya, hal-hal utama yang harus anda perhatikan pertama adalah pemilihan bibit unggul. Pilihlah bibit puyuh yang sehat dan bisa tumbuh kembang. Kedua, perhatikan kandangnya. Gunakan kandang yang bersih dan steril bagi burung puyuh agar tidak terkena penyakit. Ketiga, atur posisi tempat burung puyuh. Jangan sampai mereka berdesak-desak sehingga membuat mereka cepat mati. Keempat, beri makan burung puyuh secukupnya dengan pakan khusus untuk puyuh.

  1. Analisa Modal Dan Keuntungan Ternak Puyuh

Sebagai gambaran berikut ini kami sertakan perhitungan perkiraan modal yang di perlukan dan keuntungan yang bisa di dapat :

Modal

  • Pembelian Bibit Puyuh

Bibit puyuh petelur Rp. 2.700 per ekor x 1200 ekor = Rp. 3.240.000

  • Pembuatan Kandang

Perkiraan biaya pembuatan kandang untuk 1200 ekor puyuh Rp. 5.000.000

  • Pakan Puyuh

Harga pakan puyuh ( jagung, dedak, konsentrat ) = Rp. 6.500/Kg

Kebutuhan pakan untuk 1200 ekor / hari di perkirakan = 20 kg/hari

Biaya pakan perbulan = 20 kg x 6.500 x 30 hari = Rp. 3.900.000

  • Total Perkiraan Modal Rp. 12.140.000

Pendapatan Dan Keuntungan

Produksi telur jika di ambil rata-rata yang bisa di hasilkan sekitar 80 % nya, berarti jumlah telur perhari akan mencapai 960 butir ( 1200 ekor x 80% ).

Jika di perkirakan harga jual telur puyuh berada di sekitar 300 rupiah saja. Maka hasilnya adalah 960 x 300 = Rp. 288.000 pendapatan perharinya. Itu berarti dalam satu bulan akan bisa menghasilkan 288.000 x 30 Rp. 8.640.000.

Penghasilan dalam satu bulan di atas masih harus kita potong dengan biaya rutin yang harus di keluarkan yaitu pakan ( 8.640.000 – 3.900.000 ) = 4. 740.000. Jika berjalan dengan lancar angka tersebut bisa terus kita hasilkan hingga kurang lebih selama 15 bulan masa produksinya. Akan tetapi di waktu masa awal memelihara bibit puyuh hingga bisa berproduksi diperkirakan membutuhkan waktu lebih dari satu bulan, maka biaya pakan akan perlu di keluarkan lebih besar dari perhitungan di atas.

Setelahnya habis masa produksi 15 bulan, kita bisa menjual burung puyuh afkir yang sudah tidak produktif lagi dengan kisaran harga kurang lebih 3000/ ekornya, lalu kita bisa memperbaharui lagi dengan bibit puyuh yang baru.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai peluang usaha ternak puyuh. Semoga informasi tersebut bermanfaat !

Baca juga artikel analisa peluang usaha ternak ayam petelur