Peluang Usaha Pusat Kebugaran Fitnes Center

Gaya hidup sehat saat ini tengah menjadi trend di masyarakat kita, terlebih di kota besar yang tingkat kesibukannya terbilang tinggi, memiliki badan sehat dan bugar sudah menjadi tuntutan agar bisa menjalankan berbagai kegiatan dengan lancar. Selain dengan menjaga pola makan yang sehat, tubuh juga perlu olah raga agar bisa selalu bugar, hal ini kini sudah banyak di sadari masyarakat dengan salah satunya rutin mendatangi pusat-pusat kebugaran seperti fitnes center.

Maka tidaklah mengherankan membuka usaha fitnes center ini sangatlah berpeluang untuk menghasilkan keuntungan yang besar. Pasalnya kegiatan ini juga harus selalu rutin di lakukan, dalam satu minggu satu orang pengunjung saja bisa hingga dua atau tiga kali datang, bayangkan jika anda memiliki langganan hingga puluhan orang, tentunya cukup banyak rupiah yang bisa di hasilkan.

Tidak hanya sebatas masyarakat perkotaan, sekarang trend ini mulai menyebar juga hingga ke daerah-daerah, luasnya jangkauan media televisi membuat trend seperti ini lebih cepat menyebar. Kini masyarakat yang berada di luar perkotaan pun sedikit-demi sedikit menyadari pentingnya hal ini. Maka potensi bisnis pusat kebugaran ini sangatlah terbuka untuk di jalankan di mana saja.

Baca juga segarnya keuntungan dari usaha jus buah sehat

usaha fitnes center

Analisa Usaha Fitnes Center

Jika kita analisa target konsumen dari usaha ini, kalangan masyarakat dari tingkat menengah keataslah yang paling sesuai untuk dijadikan target pasar, sebabnya biaya yang harus di keluarkan untuk dapat menggunakan berbagai fasilitas kebugaran didalamnya terbilang lumayan tinggi. Maka sesuai dengan pasarnya, untuk menjalankan usaha fitnes center ini juga membutuhkan modal yang cukup besar, selain untuk pengadaan tempat yang harus tersedia cukup luas, berbagai alat fitnes yang harus kita sediakan didalamnya juga cukup berharga mahal.

Advertisement

Namun hal ini juga masih terbagi kedalam beberapa kategori, fitnes center yang ada sekarang ini, ada yang sengaja di bangun untuk menyasar kalangan high class dengan fasilitas tempat yang lengkap juga peralatan fitnes keluaran merk terkenal. Tempat seperti ini mudah kita temui di kota-kota besar, bahkan ada yang di buka di dalam mall-mall terkemuka. Dan pelanggan yang rutin datang kesana pun tentunya kebanyakan dari kalangan atas hingga artis terkenal. Untuk menjalankan model bisnis seperti ini pastinya modal ratusan juta hingga milyaran haruslah di persiapkan.

Akan tetapi ada juga pusat kebugaran fitnes center ini yang mentargetkan kalangan masyarakat menengah, inilah yang sekarang ini banyak kita temui di berbagai lokasi. Dan untuk menjalankannya juga tidak begitu memerlukan modal yang sangat besar, banyak diantaranya penyedia alat-alat fitnes untuk kategori ini menawarkan paket lengkap usaha fitnes center dengan harga di bawah 50 jutaan. Tentunya angka ini masihlah bisa di katakan terjangkau untuk sebuah bisnis yang menguntungkan.

Tips Sukses Bisnis Fitnes Center

Kelengkapan alat-alat di dalam bisnis fitnes center ini menjadi salah satu kunci untuk bisa sukses menarik konsumen. Perangkat seperti Katrol, Flat Bechpress, Decline Benchpress, Preacher, Chest Press Machine, Sit Up Bench, treadmill, dan lain sebagainya mutlak harus tersedia di dalamnya. Apalagi jika kita juga turut menyediakan berbagai fasilitas penunjang seperti ruang ganti, kamar mandi, loker khusus dan lain-lain, ini bisa menjadi nilai tambah pada bisnis yang kita jalankan.

Berikutnya yang tidak kalah penting juga penerapan harga yang kita tawarkan kepada konsumen. Umumnya tempat fitnes center ini menerapkan harga perjam dan juga sistem keanggotaan atau member. Sistem member ini cukup efektif untuk menarik konsumen agar rutin datang ke tempat kita, maka berikan harga khusus yang lebih murah untuk para anggota mau berlangganan ini. Namun dalam hal ini hendaknya kita berpatokan dengan fasilitas yang ada, semakin lengkap fasilitas yang ada dan kualitas alat-alat fitnes di dalamnya, maka semakin tinggi pula harga yang harus di kenakan kepada konsumen.

Untuk semakin melengkapi fasilitas, ada baiknya juga jika kita menyediakan sumber daya trainer atau pelatih yang bisa mengarahkan pelanggan untuk menjalankan kegiatan fitnes dengan tepat, sehingga efek sehat dari rutin mendatangi tempat kita akan mereka rasakan. Hal ini sedikit besarnya akan berpengaruh kepada suksesnya usaha pusat kebugaran fitnes center yang kita jalankan.

Baca juga artikel cara membuat yoghurt untuk usaha skala rumahan