Peluang Usaha Menguntungkan Di Sekitar Sekolahan

Wilayah sekitar sekolahan adalah salah satu lokasi yang strategis untuk menjalankan usaha, peluangnya begitu terbuka oleh karena banyaknya calon konsumen potensial yaitu siswa-siswi yang setiap harinya berkumpul di daerah tersebut. Dengan membuka usaha yang tepat dan sesuai kebutuhan konsumen di daerah itu, kita akan bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Dalam menentukan jenis usaha yang akan di jalankan di sekitar sekolahan, kita harus tepat membidik target konsumen yang di tuju, karena sekolahan itu bisa berbeda-beda tingkatan, seperti TK, SD, SMP, SMA. Juga ada perbedaan dalam hal mayoritas kalangan siswa yang belajar di sekolah itu, seperti kawasan sekolah elite, hingga yang biasa saja. Tentunya akan berbeda juga dari segi daya beli konsumen dan segmen umur produk atau jasa yang akan kita jual.

usaha di sekitar sekolahan

Jika kita salah dalam memilih jenis usaha yang di jalankan di sana, bukan tidak mungkin meski banyak konsumennya namun usaha kita akan kurang menguntungkan atau bahkan tidak mendapatkan konsumen sama sekali. Untuk itu pada artikel kali ini akan kami bahas peluang usaha yang menguntungkan di sekitar sekolahan, yang bisa anda pilih sesuai dengan target konsumen yang ada di daerah anda :

1. Toko Buku Dan Foto Copy

Toko ini cocok dijalankan di berbagai jenis tingkatan sekolah dari TK hingga Perguruan Tinggi, asalkan produk yang di jajakan di sana sesuai dengan kebutuhan siswa-siswinya. Misalnya sediakan buku gambar atau mewarnai di toko buku yang berada di sekitar sekolah TK dan SD, tambahkan buku cerita atau komik untuk menyasar siswa SD dan SMP, dan bisa juga sediakan buku pelajaran yang sesuai kurikulum yang di pakai di sekolah tersebut.

Begitu pula untuk peralatan alat tulis, sediakan dengan lengkap segala kebutuhan yang biasa di perlukan agar tidak terbuka celah untuk di masuki pesaing lain. Sedangkan jasa foto copy bisa kita sediakan sebagai pelengkap, karena akan menjadi magnet bagi konsumen untuk mendatangi toko kita.

2. Jajanan, Makanan dan Minuman

Advertisement

Jajanan ringan sangat berpotensi sebagai usaha di sekitar sekolah tingkat TK hingga menengah sebagai camilan para siswa. Hendaknya sediakan jenis jajanan yang digemari dan belum ada pedagang lain yang menjajakannya disana, lalu buat agar tempat berjualan kita bisa menarik perhatian, seperti menggunakan grobak berupa booth agar terkesan modern dan bersih.

Untuk tingkatan sekolah lebih tinggi, selain jajanan ringan usaha makanan berat pun bisa menjadi pilihan. Misalnya seperti cafe murah meriah untuk menyasar konsumen siswa SMP, SMA dan universitas, kedai bakso, aneka juice, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan produk yang di jual dengan segmen kalangan konsumen yang mayoritas bersekolah di sana agar terjangkau dengan daya belinya. Caranya dengan menyediakan produk dan juga tempat berjualan yang sesuai.

3. Toko Mainan

Usaha selanjutnya hanya baik di jalankan di sekitar sekolah dengan tingkatan bawah seperti TK dan SD, namun toko mainan ini akan menjadi produk yang paling potensial karena paling di senangi anak-anak. Jajakan mainan dengan harga yang tidak terlampau mahal, karena biasanya siswa yang bersekolah tidak membawa uang jajan yang besar dan sediakan selalu mainan yang variatif agar konsumen tidak bosan.

4. Warnet Dan Game Online

Peluang berikutnya yang bisa kita jalankan di sekitar sekolahan adalah usaha warnet dan game online, paling baik di jalankan di wilayah sekolah setingkat menengah hingga perguruan tinggi. Jika memungkinkan kita bisa manfaatkan ruangan rumah untuk di jadikan tempat usaha, namun jika tidak tersedia kita bisa menyewa ruang usaha khusus untuk menjalankan bisnis ini.

5. Antar Jemput Anak Sekolah

Umumnya jasa ini di butuhkan oleh siswa-siswi sekolahan dengan tingkatan dasar, namun tidak bisa di jalankan di setiap wilayah sekolah, hanya jika kebetulan lokasi sekolah berada di kelilingi banyak komplek perumahan, maka bisnis ini bisa kita jalankan. Mengingat waktu penjemputan siswa yang harus dilakukan di waktu yang hampir bersamaan, akan sulit jika lokasi penjemputan dan lokasi sekolah berbeda-beda.

Baca juga analisa modal usaha antar jemput anak sekolah

Akan tetapi jika analisa anda dalam hal waktu penjemputan memungkinkan untuk di lakukan, usaha ini bisa sangat menguntungkan, karena sekarang ini banyak para orang tua yang sibuk berkegiatan setiap harinya hingga tidak tersedia waktu luang untuk mengantarkan anaknya bersekolah.