Peluang Usaha Membuat Boneka Clay

Peluang Usaha Membuat Boneka Clay

Kerajinan tangan Clay saat ini mulai banyak di minati, bila dulu orang membuat nya untuk sekedar hobi kini mulai di bisniskan konsumen nya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, bisa menjadi referensi anda yang sedang mencari peluang usaha. Berikut bahasan tentang usaha membuat kerajinan tangan Clay.

Clay sendiri merupakan bahan liat yang bisa dibuat beragam bentuk dengan tangan. Kalau dahulu kerajinan clay hanya menggunakan tanah liat kini sudah menggunakan bemacam-macam bahan. Seperti campuran antara tepung terigu, pengawet kue dan lem ada juga yang di buat dari bubur kertas yang bisa di buat sendiri. Namun yang paling banyak di gunakan saat ini berbahan polimer (jumping clay). Bahan ini biasa nya di import dari korea selatan ada juga yang buatan Thailand.

bahan clay polimer

Tentang bentuk clay apa yang di buat jika anda belum mahir karena ini kerajinan tangan anda bisa mengikuti kursus membuat clay yang sekarang ini mulai bermunculan. Salah satu tempat kursus clay yang sudah terkenal adalah Jumping Clay Indonesia (JCI) yang membawa sistim pendidikan clay ke indonesia, Di tempat kursus tersebut secara berkala mengadakan workshop ekstrakulikuler, kebanyakan siswa yang telah mahir belajar disana bisa membuka usaha nya sendiri.

Tips Sukses Berbisnis Clay :

  • Harus mempunyai ciri khas tersendiri walau pun karakter yang di buat mirip, harus beberapa bagian yang membedakan sebagai karakter si pembuat.
  • Perhatikan trend karakter yang sedang ada, tidak perlu mencontek mentah-mentah amati,tiru dan modifikasi.
  • Harus detail dan teliti atas karakter yang di buat. Hal ini sangat menentukan terutama jika konsumen menginginkan membuat karakter dirinya di buat boneka clay.
  • Gunakan bahan clay yang tidak beracun, terutama untuk karakter-karakter yang di buat untuk anak-anak.
  • Asah keterampilan terus menerus, ikuti perkembangan dunia clay dari mulai bahan yang di gunakan, cara pembuatan, hingga warna yang sering di gunakan.
  • Manfaat kan media online untuk sarana mepromosikan produk

Untung yang di dapat dari bisnis boneka clay ini bisa di bilang besar. Untuk clay yang di jual dengan harga 250.000 – 300.000 hanya membutuhkan bahan clay seharga 30.000 – 50.000 saja. Waktu pembuatan tergantung tingkat kesulitan membuat clay. Selain keuntungan yang di peroleh cukup besar menjalankan usaha ini juga tidak terlalu sulit karena dari mulai membeli bahan sampai mejual produk nya bisa di lakukan dengan satu media internet saja.